Sejarah Ruqun STAN

Hari-hari ini, kita disajikan pemandangan kehidupan yang luar biasa penuh dengan berbagai macam penyimpangan yang dapat menggelincirkan tiap-tiap jiwa pada kerugian bahkan kebinasaan. Tak terkecuali dengan apa yang dialami umat muslim saat ini. Salah satu penyebab utamanya adalah generasi muslim pada masa-masa ini mulai banyak yang meninggalkan Al Quran. Padahal Al Quran merupakan pedoman utama manusia dalam memainkan peran kehidupannya. Sebagai apapun dengan latar belakang apapun, setiap manusia -tidak ada yang tidak- pastilah membutuhkan Al Quran dalam agar mendapat keselamatan dunia dan akhirat.

Sehingga solusinya, tentu saja kembali kepada Al Quran. Saatnya, kita menggiatkan kembali dakwah bil Quran. Memasyarakatkan Al Quran dan meng-Qurankan masyarakat. Namun untuk menghidupkan kembali Al Quran di tengah masyarakat, diperlukan banyak perantara. Dibutuhkan banyak kader yang siap menyemai bibit-bibit kecintaan Al Quran di tengah masyarakat, dibutuhkan banyak kader yang siap menyalakan kembali lentera Al Quran di antara kejahiliyahan-kejahiliyahan masa kini.

STAN, sebagai salah satu sekolah kedinasan dengan putra-putri terbaik Indonesia memiliki potensi yang strategis dalam menyalurkan kader-kader dakwah di seluruh pelosok Indonesia. Tak terkecuali untuk menyebarkan dakwah bil Quran ini. Suasana tarbawiyah yang sangat mendukung selama calon kader dakwah menempuh masa pendidikan di STAN merupakan bekal yang sangat potensial bagi perjalanan dakwah ke depannya. Dengan dilaksanakannya program RuQun STAN diharapkan akan dapat memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi keberlangsungan dakwah di seluruh penjuru Indonesia, terutama dakwah bil Quran.

Berdasarkan pentingnya mempelajari membaca al-Quran secara benar dan tartil, kemudian kenyataan yang didapati pada saat ini bahwa masih belum banyak yang ikut berkecimpung dalam penyelenggaraan pendidikan Tahsin dan Tahfidz al-Quran, maka kami merasa terpanggil untuk ikut terlibat di dalamnya. Sehingga kami berharap masyarakat akan terbebas dari buta huruf Al-Quran, dapat membaca Al-Quran dengan benar-tartil, dan ikut menjaga kelestarian Al-Quran dengan menghafalkannya.

Alhamdulillah Rumah Qur'an STAN yang telah berdiri sejak Agustus tahun 2011 telah memiiki santri sejumlah 60an santri ikhwan dan akhwat. Tahun 2012 Rumah Qur'an STAN berganti nama menjadi Rumah Qur'an Bintaro. Hal ini di lakukan untuk memperluas cakupan lahan dakwah orang-orang yang mau belajar Rumah Qur'an . Setelah melakukan evaluasi dan mempertimbangkan berbagai aspek, pada 27 Maret 2013 Rumah Qur'an Bintaro kembali menjadi nama semula yaitu Rumah Qur'an STAN.

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |