Sejarah Ruqun STAN

Hari-hari ini, kita disajikan pemandangan kehidupan yang luar biasa penuh dengan berbagai macam penyimpangan yang dapat menggelincirkan tiap-tiap jiwa pada kerugian bahkan kebinasaan. Tak terkecuali dengan apa yang dialami umat muslim saat ini. Salah satu penyebab utamanya adalah generasi muslim pada masa-masa ini mulai banyak yang meninggalkan Al Quran. Padahal Al Quran merupakan pedoman utama manusia dalam memainkan peran kehidupannya. Sebagai apapun dengan latar belakang apapun, setiap manusia -tidak ada yang tidak- pastilah membutuhkan Al Quran dalam agar mendapat keselamatan dunia dan akhirat.

Sehingga solusinya, tentu saja kembali kepada Al Quran. Saatnya, kita menggiatkan kembali dakwah bil Quran. Memasyarakatkan Al Quran dan meng-Qurankan masyarakat. Namun untuk menghidupkan kembali Al Quran di tengah masyarakat, diperlukan banyak perantara. Dibutuhkan banyak kader yang siap menyemai bibit-bibit kecintaan Al Quran di tengah masyarakat, dibutuhkan banyak kader yang siap menyalakan kembali lentera Al Quran di antara kejahiliyahan-kejahiliyahan masa kini.

PKN STAN, sebagai salah satu sekolah kedinasan dengan putra-putri terbaik Indonesia memiliki potensi yang strategis dalam menyalurkan kader-kader dakwah di seluruh pelosok Indonesia. Tak terkecuali untuk menyebarkan dakwah bil Quran ini. Suasana tarbawiyah yang sangat mendukung selama calon kader dakwah menempuh masa pendidikan di PKN STAN merupakan bekal yang sangat potensial bagi perjalanan dakwah ke depannya. Dengan dilaksanakannya program RuQun PKN STAN diharapkan akan dapat memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi keberlangsungan dakwah di seluruh penjuru Indonesia, terutama dakwah bil Quran.

Berdasarkan pentingnya mempelajari membaca al-Quran secara benar dan tartil, kemudian kenyataan yang didapati pada saat ini bahwa masih belum banyak yang ikut berkecimpung dalam penyelenggaraan pendidikan Tahsin dan Tahfidz al-Quran, maka kami merasa terpanggil untuk ikut terlibat di dalamnya. Sehingga kami berharap masyarakat akan terbebas dari buta huruf Al-Quran, dapat membaca Al-Quran dengan benar-tartil, dan ikut menjaga kelestarian Al-Quran dengan menghafalkannya.

Alhamdulillah Rumah Qur'an STAN telah berdiri sejak Agustus tahun 2011, di mana RuQun STAN ibarat mengambil franchise dari penghulunya, Rumah Quran Daarut Tarbiyah-Depok. Saat itu, sekelompok alumni kampus STAN tahun 2009 dan 2010 bertekad untuk mendirikan Rumah Quran di kampus STAN dengan meminta bantuan ustadz Fadlil Usman Baharun (rahimahullah) mudhir Rumah Quran Daarut Tarbiyah, agar berkenan menitipkan seorang musyrif dan seorang musyrifah ke kampus STAN. Alhamdulillah, Allah berkenan mengizinkan beliau membuka sejarah Rumah Quran di kampus STAN. Pada masa-masa awal, manajemen merasakan betapa sulitnya mencari sponsor dan rumah yang sesuai spesifikasi. Dua rumah untuk puluhan santri. Masya-Allah.

Alhamdulillah tahun demi tahun berganti, menjadikan RuQun STAN masih menjalankan program yang tetap sama dengan awalnya, namun dengan jumlah asrama dan musyrif/ah yang lebih banyak. Tahun 2018 ini, tercatat 5 asrama dengan 67 santri tetap dan pulang pergi. Seiring berjalannya tahun, RuQun STAN telah menjadi pelabuhan transit bagi para mahasiswa/i kampus PKN STAN untuk menguatkan interaksinya bersama Al-Quran, terkhusus dalam hal membaca/tilawah dan menghafal/tahfidz.

Berbeda dengan pesantren-pesantren pada umumnya, RuQun STAN memang lebih layak disebut pelabuhan transit karena sejauh berdirinya, Rumah Quran telah meng-empower para aktivis kampus semasa kuliahnya, membalut potensi-potensi mereka dengan celupan Quran, ditargetkan bukan hanya untuk menjadi aparatur negara yang berintegritas dan professional oleh kampus PKN STAN sendiri, melainkan juga meraih cita-cita mereka dalam menghafalkan Quran. Lebih jauh lagi: menjadi keluarga Allah, meraih keberkahan hidup, baik kemuliaan di dunia, hingga pada titik dimana meraih surga sesuai ayat yang dibaca sewaktu di dunia.

Ya Allah, kabulkan doa-doa kami untuk meraih kebaikan-kebaikan bersama Al-Quran...

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |