Home » » Napak Tilas Tahfidz Camp ke VACATION 2020-2021

Napak Tilas Tahfidz Camp ke VACATION 2020-2021

Penulis : rumah quran stan on Jumat, 05 Maret 2021 | 04.48.00


Tahfidz Camp atau Karantina Qur'an sudah sering diadakan di lembaga-lembaga Qur'an. Untuk di RQ STAN sendiri, sejak awal tahun 2017 selalu ada Tahfidz Camp. Bahkan di momen sebelum pandemik 2020 lalu, diselenggarakan 2 kali sekaligus (Desember 2019 dan Februari 2020). Praktis, sudah 4 tahun terakhir RQ STAN tidak pernah absen menyelenggarakan Tahfidz Camp.

Awal 2017

Awal 2018
Awal 2019
Awal 2020 (Gak kebayang kalau ini tahun Pandemi)
Qadarullah, dari sekian banyak Tahfidz Camp tersebut, musim pandemi memaksa RQ STAN mengubah haluan. Dari semula berkumpul di masjid menjadi ber-Zoom Meetingmaka RQ STAN memegang teguh dalil ini:

فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ مَا ٱسْتَطَعْتُ
Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu (At Taghabun 16), maka hadirlah kaidah fiqh: "Kalau tidak bisa dilaksanakan seluruhnya, maka janganlah ditinggalkan semuanya."

Alhasil di musim pandemi ini juga, pantang RQ mengabsenkan karantina Qur'an, yang kemudian dihadirkanlah inovasi bertajuk VACATION: Virtual Camp for Tahfidz Optimization (alias karantina Quran virtual).

Nah, sedikitnya ini beberapa perbedaan pelaksanaan Tahfidz Camp di tahun-tahun sebelumnya dengan VACATIION yang telah terlaksana 2 kali, pada 24-27 Desember 2020 dan 11-14 Februari 2021.



1. Pelaksanaan
Pelaksanaan Tahfidz Camp Virtual masih mengusung 4 hari 1 juz, dengan tetap memegang prinsip syncronous, artinya penerima setoran dan penyetor hafalan tetap dalam 1 waktu yang sama. tentunya dengan konsep tambahan multiplatform (menggunakan beberapa jenis aplikasi), seperti ZOOM, Linktree, google form, google spreadsheet, dan blog RQ STAN ini. Selain itu, di pembukaan ditekankan mengenai online environment: yaitu lingkungan menghafal yang diharapkan mampu tetap memotivasi santri meskipun melakukan karantina secara virtual.


2. Kepesertaan
Peserta Tahfidz Camp offline rata-rata adalah santri RQ STAN dan beberapa mahasiswa yang rela belum pulang kampung. Nah, di VACATION ini, hampir seluruh pesertanya berada di kampung halaman, kecuali beberapa ada yang persiapan PKL dan alumni STAN yang sudah penempatan di daerah kerjanya.

Gambar di atas adalah kepesertaan dan hasil penajaman data untuk VACATION Desember lalu, sedangkan Februari 2021, jumlah pesertanya jauh lebih banyak, yaitu: 66 akhwat dan 33 ikhwan (99 peserta). Secara umum tidak jauh berbeda, karena peserta Tahfidz Camp 2019 adalah sekitar 70-80 peserta.


3. Pembiayaan
Pembiayaan Vacation jauh lebih hemat. Berikut perbandingannya:


Melihat hasil pembiayaan di atas, sisi hematnya adalah:

Dengan jumlah pengeluaran sekali Tahfidz Camp bisa menghabiskan 22 juta Rupiah, maka dengan 2 kali VACATION saja menghabiskan dana sejumlah 24 juta. Jadi nyaris separuhnya.

Namun untuk hasil dan feel, tentunya yang virtual masih kalah maksimal dibandingkan yang offline.



4. Musyrif selaku Penerima Setoran
Musyrif merupakan ujung tombak Tahfidz Camp dan VACATION. Pertama yang harus dikonfirmasi bisa dan mampu adalah musyrifnya. Nah, di VACATION ini pengelolaan Musyrif jauh lebih mudah mengingat musyrif hanya tinggal buka laptop, menerima setoran, dan mengirimkan rekap setoran.

Namun, musyrif adalah sosok yang paling lelah karena harus berjam-jam menerima setoran di depan laptop. Berbeda dengan santri yang akumulasi waktunya terbagi menjadi: bersama Quran beberapa jam, lalu di depan laptop lebih sedikit lagi jamnya.

 
Semoga pelaksanaan VACATION berikutnya lebih baik,
atau lebih tepatnya...

Semoga ke depan akan diadakan TAHFIDZ CAMP kembali, yang berkumpul di masjid, di mana pandemi dan penyakit COVID-19 sudah Allah bersihkan dari muka bumi. Aamiin...

Barakallahufiikum...

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_

Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |