Home » » Mengapa RQ PJMI dan RQ CEGER Ditutup? 😢 Nasib Barang Wakafnya?

Mengapa RQ PJMI dan RQ CEGER Ditutup? 😢 Nasib Barang Wakafnya?

Penulis : rumah quran stan on Jumat, 02 Oktober 2020 | 04.26.00

Bulan Ramadhan di tahun 2013, Rumah Quran Kalimangso sebentar lagi akan ditempati pemiliknya. RQ STAN butuh 1 rumah yang bisa cepat disewa dengan harga kisaran 20-30 juta untuk harga sewa di tahun itu. Siang hari terik, bakda dzuhur di Masjid An Nur kala itu, seorang santri takhasus sekaligus asisten musyrif (ustadz Kholid) membisiki, 

"Ini ada rumah. Tapi bapaknya butuh uang cepat. Kalau 2 hari besok ini dibayar tunai, bisa 21 juta. Tapi kalau dibayar seminggu/sebulan lagi harganya 27 juta. Gimana?"

2 hari mencari uang 21 juta di bulan Ramadhan? Saya tertawa waktu itu. Betapa terasa, perjuangan mengelola RQ STAN saat itu. Entah bagaimana caranya, sudah lupa, akhirnya dapat uang yang diharap-harap itu. Sewa yang cukup murah. Sebuah rumah dengan kapasitas 12 orang (3 kamar @ 4 orang dengan 6 ranjang susun) + 1 kamar relatif kecil untuk musyrif. Saat itu, Ustadz Hasan selaku musyrif bahkan belum menikah.

ITULAH KISAH AWAL MULA dimanfaatkannya RQ PJMI, sebuah rumah yang disewa di Jalan Hiu 4 No. 16. Peralihan dari RQ Kalimongso yang cuma berjarak 20-30 meter.

Salah satu agenda di RQ PJMI tahun 2016

=============

Tahun 2016. Ustadz Hasan yang tinggal di kontrakan samping mushola Al-Ikhlash sudah mulai dikenal warga dan jamaah sekitar. Mengelola TPA bakda magrib, menjadi imam tetap, membuat pengajian, beliau pun banyak dikenal dan mengenal jamaah sekitar, hingga akhirnya ditawari Pak Dedi, jamaah yang tinggal sekitar 40 meter dari masjid. Ada sebuah rumah yang bisa disewa untuk Rumah Quran STAN. Di tahun itu, beliau cuma memberikan harga 25-30 juta per tahun, padahal ia muat dengan 12 santriwati, tentunya tetap dengan 6 ranjang susun dari RQ. 2 lantai? Murah...

RQ Ceger

Ya, kami menyebutnya RQ CEGER, walau kalau dihitung pintu masuknya dari Jalan Wachid Hasyim (arah Cipadu).

=============

Dan kini di tahun 2020, kedua rumah tersebut kami lepas. Tidak disewa kembali.

Meninggalkan ukiran kenangan dalam hati. Terharap ia menjadi saksi bisu, yang di yaumul akhir nanti berargumen, bahwa di dalamnya pernah ada si anu dan si anu, membaca Quran secara masif, yang semoga menghantarkan si anu dan si anu tadi menuju balasan Allah yang terbaik. 

Semoga pula, saksi yang kini bisu, kelak menjadi saksi juga atas aktivitas manajemen dan musyrif/ah dalam memaksimalkan interaksi santri RQ bersama Quran. Semoga yang terbaik dari Allah.

Sedikit cerita, mengapa 2 rumah tersebut dilepas?

  1. Qadarullah Allah turunkan musibah bertajuk pandemi Covid-19, sehingga tidak ada aktivitas RQ secara normal di rumah (talaqqi, setoran, tasmi', dll.). Pun karena kampus PKN STAN memilih menggelar kelas-kelas virtual. Sehingga penghuni rumah pun lebih memilih pulang kampung. 
  2. Santri RQ Ceger berisi 8 santri tingkat 3 dan 1 santri tingkat 2, sehingga peralihan kaldik 2020-2021 ini cukup memindahkan 1 santri saja, karena jumlah santri baru yang masuk pun kurang memenuhi kuota/slot yang ada. Apalagi posisi mereka di kampung halaman.
  3. Santri RQ PJMI sudah memindahkan barang ke rumah transisi, mengingat fisik rumah RQ PJMI yang sudah kurang berfungsi: sering bocor bahkan banjir di dalam rumah. Rumah transisi ini juga cukup 1-2 kamar saja mengingat santri RQ PJMI terakhir hanya berjumlah 5 santri.
Lalu bagaimana barang-barang di dalam RQ tersebut? Ranjang susun? Mushaf? Barang-barang lainnya?

Atas izin Allah, ada Rumah Quran lain yang bersedia menampung. Berikut transfer keluar barang-barang wakaf RQ STAN:
  1. RQ CEGER = 4 ranjang susun wakaf RQ STAN, 90% kasur-kasur, lemari-lemari plastik, rak sepatu, dll. dibawa ke IMCM (Insan Mulia Cita Madani), sebuah pesantren yang diampu Ustadz Sunali, salah seorang dosen agama PKN STAN dan ustadz/muballigh yang membuka lahan dakwah di Bogor. lihat webnya disini: https://markazquranimcm.com/
  2. RQ PJMI = 2 ranjang susun wakaf RQ STAN, kasur, dan beberapa lemari dibawa ke Bakal Calon Rumah Quran Taawun (Mushola Taawun), Jalan Panti Asuhan, Tangerang Selatan. Rumah Quran tersebut konon juga diampu oleh alumni senior PKN STAN.
  3. RQ PJMI = 1 ranjang susun wakaf RQ STAN dibawa ke Masjid ANNUR PJMI sebagai aset masjid untuk menyiapkan marbot sekaligus kamar operasional masjid. 
In syaa Allah, Manajemen RQ STAN tetap berkomitmen untuk tidak menjual barang hasil wakaf. Semua disedekahkan dan diberikan sesuai fungsi awal ia dikomitmenkan oleh sang pewakaf. Mushaf-mushaf yang tertinggal juga dipindah ke RQ lain atau dialihkan ke masjid terdekat. 

Semoga Allah mudahkan RQ STAN mengalihkan rumah-rumah yang ditinggalkan menjadi rumah-rumah yang di masa depan nanti dapat lebih termanfaatkan untuk rumah tahfidz.

Semoga Allah segera selesaikan pandemi ini.

barang wakaf RQ PJMI diangkut ke bakal calon RQ Ta'awun


Kasur-kasur RQ Ceger diangkut ke Pesantren Quran IMCM di Bogor





Alhamdulillah sudah banyak kenangan RQ Ceger sejak 2016


Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖

======================

👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
💌 gg.gg/infoDonasiRQSTAN
🩸 Channel Youtube: rumah quran stan


Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |