Home » » Kolaborasi 5 Aplikasi Unggulan sebagai Sarana KBM Qur'an Virtual

Kolaborasi 5 Aplikasi Unggulan sebagai Sarana KBM Qur'an Virtual

Penulis : rumah quran stan on Senin, 07 September 2020 | 09.36.00

Seorang muwajjih Qur'an (baik tahsin maupun tahfidz), biasanya membutuhkan beberapa sarana belajar untuk menunjang KBM (kegiatan belajar mengajar) Qur'an, seperti meja lipat/meja kecil, papan tulis, spidol, termasuk buku-buku penunjang seperti: buku mutabaah santri, mushaf Qur'an, hingga buku materi tahsin/motivasi tahfidz.

Nah, tiba-tiba Allah turunkan musibah, wabah, dan ujian bagi kaum muslimin (teriring doa: semoga Allah segera pungkasi wabah ini sehingga kita dapat beraktivitas kembali secara normal, termasuk memakmurkan masjid dan menggelar KBM secara langsung). Pembelajaran yang semula bermetodekan klasikal tatap muka langsung, di mana pengajar berhadapan langsung dengan santri, tiba-tiba oleh manajemen lembaga Quran, dialihkan menjadi bermetodekan klasikal tatap muka virtual.

Dengan mengalihkan mode pembelajaran menjadi virtual, tentunya dibutuhkan beberapa kolaborasi aplikasi untuk dapat menunjang optimalisasi pembelajaran Qur'an secara virtual. Bukan lagi: papan tulis, spidol, buku mutabaah, dll.).

Seperti tersaji di bawah ini: 5 aplikasi unggulan yang dapat dikolaborasi menjadi satu rangkaian pembelajaran virtual untuk menunjang metode klasikal talaqqi yang umum digunakan dalam pembelajaran tahsin/tahfidz:


1.  Zoom Meeting

Tampilan Zoom ketika shared screen 1 file gambar + tampilan breakout room pada posisi sebelah kanan (perhatikan warna kuning, tombol kendali polls, breakout room, dan live streaming pada akun Zoom versi Pro)

Zoom sudah sangat umum digunakan di medio 2020 ini sebagai aplikasi video conference dengan peserta relatif banyak dengan beberapa fitur unggulan dibanding aplikasi sejenis. Zoom Basic merupakan versi gratis Zoom yang, walau cuma dapat bertahan 40 menit, ia sudah memiliki fitur:

  1. Shared screen, sehingga pengajar dapat menampilkan pdf atau slide materi tahsin, termasuk menampilkan aplikasi pendukung lain (lihat aplikasi nomor 2) yang dapat menunjang pembelajaran. 
  2. Recording, sehingga rekaman video atau audio selama materi misalnya, dapat dishare kepada santri bila ingin mempelajarinya kembali.
  3. Whiteboard, yakni papan tulis virtual dimana pengajar dapat menggoreskan tulisan di layar via mouse, atau akan lebih baik bila layar laptop pengajar berupa layar sentuh, sehingga penulisan lebih efisien dari sisi waktu. 

Nah, Zoom Pro merupakan versi berbayar Zoom yang mencakup Zoom Basic serta memiliki beberapa kemampuan tambahan untuk optimalisasi pembelajaran tahsin/tahfidz:

  1. Limit waktu dapat lebih dari 40 menit, sehingga pengajar Quran dapat berjam-jam bersama santrinya di Zoom versi Pro ini.
  2. Breakout Zoom: fitur pemisahan 1 ruang utama ke dalam beberapa ruangan kecil, sehingga 1 lembaga Quran yang memiliki 8 halaqah misalnya, cukup memiliki 1 akun Zoom Pro. Tentunya admin perlu mempelajari tata caranya terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan fitur ini dengan lancar. 
  3. Live Streaming: fitur yang cocok untuk kajian dengan jumlah peserta membludak, sehingga peserta dapat dialihkan ke Youtube atau Facebook Live Stream yang memang sudah terintegrasi di aplikasi Zoom ini.
  4. Polling: digunakan apabila pengajar hendak membuat survey evaluasi baik pilihan ganda atau pilihan yang boleh lebih dari satu terhadap pembelajaran Qur'an. 

2.  tadarus.id

Tampilan muka tadarus.id 
(fitur tambahan : waktu shalat, countdown waktu shalat, dan random ayat Quran).


Aplikasi yang running sejak April 2020 ini merupakan kontribusi amal seorang pengembang/developer di awal kondisi pandemik. Memiliki banyak fitur, tadarus.id bukan sekadar mushaf virtual, melainkan juga mencakup 30 juz dari:

  1. audio murattal Syaikh Misyaari Rasyid per ayat,
  2. recording tilawah per ayat untuk diposting selayaknya media sosial,
  3. tampilan per ayat untuk: transliterasi, terjemah, terjemah per kata, hingga tafsir,
  4. mode tahfidz: at-taisir, kata depan tampil, kata belakang tampil, dll. untuk memudahkan para penghafal Qur'an,
  5. mode tajwid: mushaf menunjukkan warna dengan hover penjelasan hukum-hukum tajwid.

Poin 5 di atas dapat dimanfaatkan untuk KBM virtual dengan cara dilakukan shared screen pada Zoom Meeting untuk kebutuhan penerapan metode talaqqi jamai, yaitu: membaca bergantian setiap ayat didahului dengan pengajar Qur'an, dilanjutkan dengan seluruh santri, begitu seterusnya ayat-demi-ayat. 

Tampilan mushaf tadarus.id dengan mode Tajwid: dapat menampilkan hukum tajwid


Dengan cara begitu, setiap ayat yang dibaca bersama tersebut, langsung dapat dijelaskan hukum-hukum tajwid apa yang meliputinya sembari ditampilkan dalam tadarus.id.


3. Whatsapp

Video Call Whatsapp, karena sudah familiar dan mobile-first, sambil bekerja di ruang teknisi pun, seorang santri tetap dapat membacakan Qur'an untuk diperbaiki "tahsin"nya.

Aplikasi chat dengan fitur voice message dan video call ini sudah tidak asing lagi. Dalam pembelajaran Qur'an, ia bisa menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan metode talaqqi fardhi, yaitu: setiap santri membacakan di hadapan pengajar secara face-to-face.

Sebetulnya penggunaan Zoom Meeting bisa mewakili talaqqi fardhi ini, namun tidak seutuhnya bisa karena kebutuhan privasi dalam talaqqi model ini. Santri mungkin ada yang bisa belajar dari talaqqi fardhi santri yang lain, tapi belum tentu santri yang lain tersebut nyaman dilihat talaqqi fardhinya oleh santri tadi. Selain itu, alasan kuota dipertimbangkan karena whatsapp lebih hemat lantaran cukup berupa video call daripada Zoom yang merupakan platform video conference (melibatkan beberapa peserta).  

Dengan penggunaan Whatsapp video call, artinya halaqah yang sejatinya butuh waktu 2 jam misalnya, cukup ditutup pada 1 jam lebih 15 atau 30 menit saja. Selebihnya, Zoom pindah platform ke Whatsapp, yaitu dengan cara: pengajar rela menghubungi satu-satu santrinya untuk menyetorkan bacaan Quran (talaqqi fardhi), masih pada cakupan 2 jam tadi.


4. Mutqin (Mutabaah Talaqqi Qur'an)

Output Mutqin berupa laporan hasil bacaan santri. Bayangkan bila santri menerima laporan tersebut. Ini dapat meningkatkan engagement untuk tetap belajar tahsin dan challenging buat mereka (karena ada scoring). 

Seperti namanya, aplikasi ini membukukan setiap talaqqi Qur'an yang dilakukan oleh seorang santri kepada pengajar Quran (user aplikasi). Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur:

  1. kalimat yang dapat diklik untuk ditentukan apa salah tajwidnya,
  2. klik catatan otomatis agar pengajar tidak perlu mengetik dalam membukukan mutabaah/evaluasi talaqqi santrinya (misalnya klik QOF untuk mencatatkan salah di QOF),
  3. scoring otomatis hasil talaqqi, semacam kalkulator kesalahan yang dapat menampilkan nilai skor akhir talaqqi santri,
  4. share hasil talaqqi kepada santri melalui whatsapp atau aplikasi lainnya,
  5. list history (daftar rekap) talaqqi dari berbagai santri, sehingga dapat dilihat perkembangan tajwidnya, termasuk nilainya makin baik atau tidaknya. List history ini juga dapat menunjukkan rekap talaqqi pada tanggal tertentu (semacam daftar hadir) dan dari lembaga Quran apa saja, sehingga pengajar yang mengajar di berbagai lembaga Quran dapat memfilter hasil rekapnya melalui fitur ini. 
Filter rekapan berdasarkan NAMA santri, sehingga menunjukkan perkembangan santri dari hari-ke-hari atau pekan-ke-pekan

Yang pasti, aplikasi ini dikembangkan oleh Rumah Quran STAN agar di masa pembelajarn virtual, pengajar dapat tetap membukukan talaqqi dengan mudah (pengganti buku mutabaah). Nah, untuk dapat memaksimalkan aplikasi ini, buku manual atau tutorial lengkap telah tersedia pada tautan ini: s.id/tutorialmutqin

Catatan: diperlukan HP yang mengadopsi fitur picture-in-picture agar talaqqi fardhi dapat secara optimal dilakukan, yakni ketika aplikasi Mutqin dioperasikan, pengajar tetap dapat melihat lisan santri Qur'an.

 

mode PIP (picture-in-picture) untuk mendukung talaqqi (video call tampil di pojok bawah) sambil membuka apk Mutqin (mutabaah talaqqi) 

5. Vysor

Sekilas tidak ada fungsi istimewa aplikasi ini untuk pembelajaran Quran, karena memang tidak menyentuh langsung ke talaqqi jamai, talaqqi fardhi, mitsali, materi, atau metode yang lainnya. Namun, di sisi teknis, aplikasi ini bermanfaat dalam hal:

  1. Bagi yang tidak biasa mengklak-klik HP, mengetik di HP, sambil menerima setoran hafalan, rasanya agak aneh. Sehingga bagaimana tampilan HP agar bisa muncul dan diklak-klik di laptop sembari mengajar Quran, salah satunya adalah dengan aplikasi ini.
  2. Hal ini memudahkan pengajar untuk fokus ke laptop saja untuk urusan operator, sedangkan HP dapat ditaruh di tripod untuk sekadar menunjukkan fokus pengajar kepada santri tatkala posisi talaqqi fardhi. 
  3. Selain itu, dengan menggunakan mouse untuk tugas operator aplikasi Mutqin melalui Vysor, peralihan dari satu layar ke layar lain menjadi lebih mudah.

Sebelah kiri: aplikasi tadarus.id dalam browser
Sebelah kana: aplikasi Mutqin dalam HP yang ditampilkan menggunakan VYSOR

Itulah 5 aplikasi unggulan untuk optimalisasi KBM secara virtual, dimana tahap-tahap metode pembelajaran disesuaikan dengan aplikasi yang digunakan. 

  • talaqqi jamai via Zoom dan tadarus.id,
  • materi/teori (+ talaqqi mistali) via Zoom, menampilkan pdf buku tahsin/whiteboard untuk corat-coret,
  • talaqqi fardhi via Whatsapp video call, Mutqin, dan Vysor 

Tentunya paparan kolaborasi ini merupakan "selera", namun dapat diduplikasi, dipelajari, dan dibiasakan sekiranya dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Quran.

Artikel ini bisa jadi akan obsolete (usang) seiring dengan makin majunya teknologi pembelajaran ke depan dan semoga kita dapat terus menjadi insan pembelajar yang beradaptasi sesuai kemajuan zaman tanpa meninggalkan adab-adab belajar dan mengajar Qur'an sebagaimana teladan Rasuulullaah Shalallahu alaihi wa sallam dan diajarkan ulama-ulama terbaik sepanjang zaman.

Allahummarhamnaa bil Qur'aan - Semoga bermanfaat

ditulis oleh: schiz 

Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |