Home » » Tutorial MUTQIN Generasi 2 (versi lengkap)

Tutorial MUTQIN Generasi 2 (versi lengkap)

Penulis : rumah quran stan on Kamis, 16 Juli 2020 | 17.11.00

- updated: 22 Agustus 2020 (MUTQIN versi 2.1.6) -
in syaa Allah akan diupdate kembali pada versi berikutnya...

Mutqin adalah Aplikasi Mobile Android untuk Aktivitas Talaqqi Qur'an, Menghafal/Murajaah Qur'an, dan Tilawah Qur'an dengan Fasilitas Mushaf Juz 26-30

Kita akan bahas dengan terfokus pada 3 fungsi tersebut.

A. FUNGSI PENGAJARAN QUR'AN (TALAQQI)

Talaqqi dari sudut pandang bahasa diambil dari kata yang artinya "belajar secara langsung dihadapan seorang guru". Talaqqi juga disebut Musyafahah yang artinya dari mulut ke mulut. 

Dengan MUTQIN, diharapkan tercipta koreksi menyeluruh dari mulut-ke-mulut antara seorang pengajar dengan santrinya. Oleh karena itu, urutan penggunaan modul Talaqqi sebagai fungsi utama MUTQIN adalah sebagai berikut:

1. PENGATURAN



Pengaturan untuk fungsi Talaqqi meliputi:

  1. Mode gelap: konten mushaf menjadi gelap (tergantung selera penggunaan, selain juga dapat menghemat baterai device).
  2. Mode Tahfidz terkait fungsi hafalan Quran (jangan diceklis untuk mode Talaqqi).
  3. Tipe huruf Arab: Uthmani Hafsh Ver 13 atau LPMQ (Lajnah Pentashihan Mushaf Quran). Bila masih awam sekaligus sebagai sarana belajar standar mushaf utsmani, direkomendasikan Uthmani Hafsh Ver 13, namun bila sudah hafal Quran, silakan menggunakan LPMQ.
  4. Pengaturan Report Talaqqi
    • Nama lembaga = tulis nama lembaga yang manungi program tahsin/tahfidz, contohnya FHQ (Forum Halaqah Quran), RQ (Rumah Quran), dan seterusnya: karena akan dicantumkan dalam setiap capture hasil talaqqi.
    • Nama musyrif = tulis nama musyrif/pembimbing: karena akan dicantumkan dalam setiap capture hasil talaqqi.
    • Nilai awal = rumusan nilai awal penghitungan kuantitas talaqqi, dapat dipilih antara 70 s.d. 100 (nilai default = 80). 
    • Paket Nilai kelancaran = Pilihan nilai antara 0, (1 s.d. 5), dan (6 s.d. 10). Defaultnya adalah 6 s.d. 10 (yang biasa digunakan). Paket nilai ini akan muncul saat sesi review Talaqqi (Tahap kedua).
    • Sebagai catatan: Rumus yang digunakan adalah nilai awal + nilai kelancaran - nilai pengurang (nilai pengurang dijelaskan dalam standar penilaian tahsin/tahfidz).
  5. Standar Penilaian Tahsin
    • Ada 3 kriteria yang dapat dipakai, defaultnya adalah: Huruf, Mad, dan Ghunnah. Namun, bila manhaj yang digunakan berbeda, kriteria dapat diubah (misal: tafkhim, makhraj, adab, dll.). 
    • Sebagai informasi, kriteria TAHSIN akan ditampilkan pada setiap kalimat yang diklik
    • Ada 3 nilai pengurang untuk masing-masing kriteria, defaultnya adalah: 1, artinya setiap kesalahan dari kriteria tersebut, dinilai minus 1. Misal nilai awal 80, nilai kesalahan kriteria huruf ada 3 kali maka 80-3 = 77. Namun, nilai pengurang dapat dipilih sesuai manhaj yang digunakan, yaitu meliputi 0,25 ; 0,5 ; 1 ; 2 ; dan 3. Pemilihan nilai pengurang perlu dipertimbangkan tingkat lahn yang terjadi, misal bila huruf -1, maka ghunnah jangan sampai dihitung -2.  
  6. Standar Penilaian Tahfidz
    • Ada 2 kriteria yang dapat dipakai, defaultnya adalah: Terlewat dan Tidak lancar. Namun, bila manhaj yang digunakan berbeda, kriteria dapat diubah (misal: tafkhim, makhraj, adab, dll.).
    • Sebagai informasi, kriteria TAHFIDZ akan ditampilkan pada setiap nomor ayat yang diklik
    • Ada 2 nilai pengurang untuk masing-masing kriteria, defaultnya adalah: 1, artinya setiap kesalahan dari kriteria tersebut, dinilai minus 1. Misal nilai awal 80, nilai kesalahan kriteria terlewat ada 3 kali maka 80-3 = 77. Namun, nilai pengurang dapat dipilih sesuai manhaj yang digunakan, yaitu meliputi 0,25 ; 0,5 ; 1 ; 2 ; dan 3. 
  7. Informasi Aplikasi
    • Versi = menunjukkan versi aplikasi yang digunakan
    • Send Feedback = mengirim email masukan kepada pengembang aplikasi
    • Panduan Lengkap = mengakses blog tutorial lengkap ini
    • Website = akses langsung ke rumahquranstan.com (pengembang aplikasi ini)
    • Klik Donasi = info Donasi RQ STAN pada website
    • Mendaftar donatur tetap = menyambung ke form google untuk mendaftar sebagai donatur RQ STAN

2. PERSIAPAN MENERIMA TALAQQI TAHSIN/TAHFIDZ UMMUL QUR'AN/JUZ 26-30

Yang membedakan tahsin dengan tahfidz di aplikasi ini adalah: tahsin itu bin nadzor (membaca mushaf Quran), sedangkan tahfidz itu bil ghaib (melafalkan tanpa membaca mushaf).















  1. Pada menu utama, klik: ummul Qur'an atau Juz 26-30. misalnya: Klik Juz 30.
  2. Setelah terbuka surat-surat di jzu 30, klik salah satu surat, misalnya: Surat Al Falaq.
  3. Tentukan cakupan ayat talaqqi (lihat dropdown ayat di samping icon rumah), ayat 1 s.d. surat berapa, misalnya bila surat An Naba' ayat 1-5 saja atau 10-15. Bila surat al Falaq, tidak perlu dipilih (terlalu pendek). Klik MULAI untuk memulai Talaqqi. (NB: Klik MULAI membuat setiap kalimat yang diklik memunculkan pop-up/kotak koreksi).
  4. Tuliskan nama santri dan Klik Switch (saklar) untuk menentukan kelas/level (tahsin/tahfidz). 

3. PENGAJAR MENERIMA TALAQQI (TAHSIN/TAHFIDZ)
    
Pengajar dapat menerima talaqqi melalui 2 model: 
1. tatap muka langsung (kondisi normal), dan 
2. tatap muka tidak langsung, yaitu melalui aplikasi dengan fitur 2 arah komunikasi seperti Zoom Meeting, Google Hang Out, Whatsapp Video Call, dan Whatsapp Voice Call. Dapat pula menggunakan aplikasi dengan fitur 1 arah komunikasi seperti Whatsapp video message dan voice message.

Fitur 1 arah komunikasi tidak direkomendasikan karena review talaqqi menjadi kurang maksimal (kecuali, diagendakan tersendiri untuk review talaqqi).

Nah, selagi pengajar (user) menerima talaqqi, Mutqin menampilkan tampilan monitor ayat berikut:


>> KETENTUAN PENILAIAN TAHSIN
  1. Ketika ada kesalahan baca, misalnya falaq, kurang ada qalqalah (seharusnya falaqe), klik kata Al-Falaq
  2. Maka, akan muncul pop-up berupa kotak koreksi Tahsin. 
    • Tiga pilihan tersebut adalah kriteria yang telah ditentukan pada Tahap 1 (PENGATURAN).
    • Urutan kriteria koreksi nomor 1, 2, dan 3 di atas mewakili warna merah, kuning, dan biru,
    • Default kriteria: Huruf, Mad, dan Ghunnah (dapat diubah di tahap 1: Pengaturan). 
    • Kembali ke Kesalahan Tahsin = Klik "Huruf".
  3. Setelah diklik "Huruf", kalimat "Falaq" pada gambar 3 akan berubah warna menjadi merah.
    • Begitu seterusnya lakukan klik per kalimat, untuk memunculkan jenis salah tahsin yang terjadi selama tilawah berlangsung. 
    • Selain itu, coba lihat tanda kotak kuning, yaitu tombol untuk membuka jenis-jenis kesalahan tahsin otomatis. Setelah klik tombol tersebut, terdapat huruf-huruf hijaiyah lengkap hingga jenis kesalahan lainnya, yang apabila diklik, maka dapat dimasukkan secara otomatis ke dalam catatan manual.
    • Misalnya: "Falaq", letak detail salahnya pada huruf QOF dengan subtema QALQALAH.  Maka, klik 2 kata tersebut sehingga dapat memperjelas detail kesalahan, dan dapat dilaporkan serta diperbaiki oleh santri.
  4. Pada gambar 4, tampilan huruf "qaf" dan kata "qalqalah" sudah masuk ke catatan manual. Selain dapat diklik secara otomatis, catatan dapat juga diketik secara manual.
Catatan: Koreksi lisan pengajar tetap dapat disampaikan kepada santri di sela-sela mengklik kalimat ayat.

>>KETENTUAN PENILAIAN TAHFIDZ
  1. Ketika ada kesalahan terlupa sehingga hafalan tidak lancar (jenis kesalahan tahfidz), klik nomor ayat dimana muncul kesalahan tersebut.
  2. Akan muncul pop-up kotak koreksi tahfidz. 
    • Dua pilihan tersebut adalah kriteria yang telah ditentukan pada Tahap 1 (PENGATURAN).
    • Urutan kriteria koreksi nomor 1 dan 2 mewakili warna pink dan ungu,
    • Default kriteria: Terlewat dan Kelancaran (dapat diubah di tahap 1: Pengaturan). 
    • Kembali ke Kesalahan Tahfidz = Klik "Tidak Lancar".
  3. Setelah diklik "Tidak Lancar", nomor pada gambar 3 akan berubah warna menjadi ungu. Begitu seterusnya lakukan klik per nomor ayat, untuk memunculkan jenis salah tahfidz yang terjadi. 
  4. Pada gambar 4, tampilan apabila banyak terjadi kesalahan: banyak warna yang muncul. 
Catatan: Koreksi lisan pengajar tetap dapat disampaikan kepada santri di sela-sela mengklik nomor ayat.

>> APA YANG MEMBEDAKAN SWITCH TAHSIN/TAHFIDZ?
  • Pada pilihan TAHSIN, maka hanya kalimat saja yang dapat diklik untuk menampilkan kotak koreksi tahsin. Nomor ayat tidak bisa diklik. 
  • Sedangkan, pada pilihan TAHFIDZ: kalimat dapat diklik untuk menampilkan kotak koreksi tahsin sekaligus: nomor ayat dapat diklik untuk menampilkan kotak koreksi tahfidz. 
 
4. PENGAJAR MEREVIU HASIL TALAQQI + FEEDBACK PERBAIKAN

Ini adalah tahap dimana peserta sudah selesai talaqqi, sehingga dilanjutkan pengajar merekap seluruh kesalahan yang muncul, menuntun perbaikan bacaan, bila perlu: santri menirukan, dan pengajar memberikan motivasi. Dari sisi aplikasi, berikut tampilannya:





















  1. Bila seluruh kesalahan sudah terdokumentasi, klik SELESAI DAN REVIEW.
  2. Review dapat dilakukan melalui: kolom review dengan background warna tosca, yang membagi jenis kesalahan warna merah, kuning, biru, ungu, dan pink, dapat juga sesekali mengecek kolom mushaf (dengan background warna putih di atasnya) bila diperlukan.
    • Dengan mereview, pengajar menyebutkan koreksi kesalahan yang terjadi.
    • Bila diperlukan, santri diminta membacakan ulang kesalahan yang terjadi, agar dikonfirmasi perbaikannya oleh pengajar. Semoga dengan begini, santri dapat menjaga perbaikan tersebut dan tidak salah lagi.
  3. Pada tahap terakhir review, pengajar memberikan nilai kelancaran atas keseluruhan hasil tilawah. Nilai kelancarana secara default bernilai 6 s.d.10. Namun, apabila  perlu diubah menjadi 1.s.d 5 atau dinonaktifkan, dapat dilakukan di PENGATURAN.
5. PENGAJAR MELAPORKAN HASIL TALAQQI 
    
Ini adalah sesi terakhir, yang secara manual diwakili dengan "menuliskan hasil talaqqi di buku mutabaah santri". Namun, pada aplikasi diberikan alternatif dengan cara seperti ini:





















  1. Setelah review selesai, klik HASIL
  2. Review akan hilang, digantikan dengan laporan hasil, meliputi waktu, nama, program, dan bermacam kesalahan yang terjadi, berikut rumus dan skor akhirnya. Pada panel ini terdapat 3 jenis cara melaporkan (lihat kotak merah pada gambar kedua):
    • SHARE ALL: Yakni mengcopy tampilan mushaf (berlatar putih) dan report (berlatar hitam), keduanya sekaligus ke aplikasi lainnya.
    • SHARE CONTENT: Yakni mengcopy tampilan mushaf saja (tanpa report).
    • SHARE RESULT: Yakni mengcopy report saja (tanpa konten).   
  3. Setelah mengklik 1 dari 3 jenis share tersebut, maka akan muncul daftar aplikasi untuk menjadi sasaran share, misalnya: instagram (story, feed, direct), whatsapp, telegram, google drive, dll. Misalnya kita pilih whatsapp sehingga dapat dikirimkan ke chat santri tersebut. Inilah maksud dari alternatif buku mutabaah virtual yang ditulis pengajar kepada santrinya.
Catatan Penting:
  • Bila ayat yang ditalaqqi pendek, sebaiknya menggunakan mode Share All (konten dan report jadi 1 dalam sekali share).
  • Share Content dan Share All hanya efektif bila konten ayat maksimal 1/2 halaman. Karena bila picture yang dishare terlalu memanjang, maka tampilan ayat menjadi blur.
  • Untuk menyiasati ayat panjang, misalnya An Naba' 1-30 (1 halaman), share Content sebaiknya displit, misalnya ayat 1-17, lalu 18-30, lalu diakhiri dengan Share report (3 kali share).
  • Terdapat 2 tombol tambahan selain SHARE yang kegunaannya sebagai berikut:
    • Next: berfungsi bila talaqqi belum selesai, sehingga dapat berlanjut ke surat selanjutnya (urut sesuai nomor surat). Misalnya santri yang setoran Adh-Dhuhda dan Al-Insyirah, maka dimulai dari Adh-Dhuha terlebih dahulu agar bisa Next ke Al-Insyirah.
    • Replay: berfungsi bila dalam 1 halaqah/kelompok belajar, surat yang ditalaqqikan sama untuk semua anggota kelompok tersebut, misalnya: surat Al-Ikhlas. Maka, setelah selesai santri pertama, untuk berpindah ke santri kedua, hanya perlu klik Replay saja. Begitu terus hingga santri terakhir yang mendapat giliran surat yang sama.
6. UNTUK TALAQQI SELAIN UMMUL QUR'AN & JUZ 26-30 = FORM MUTQIN

Form Mutqin adalah form fleksibel untuk mengumpulkan kesalahan dan mencatat secara manual hasil talaqqi Quran (atau talaqqi lainnya) tanpa konten mushaf karena Aplikasi MUTQIN hanya menyediakan konten mushaf surah Al Fatihah dan juz 26 s.d. 30. Sehingga untuk juz lainnya, silakan gunakan form Mutqin:

















  1. Pada menu utama, pilih Form Mutqin,
  2. Terdapat menu yang mirip dengan konten mushaf: Nama surat dan cakupan ayat, ketik nama surat, ketik catatan, dan switch tahsin/tahfidz. Untuk pilihan TAHSIN, terdapat 3 kriteria sebagaimana ditentukan di PENGATURAN (merah kuning biru).
  3. Untuk pilihan TAHFIDZ, selain 3 kriteria tahsin, terdapat 2 tambahan kriteria TAHFIDZ (pink dan ungu),
  4. Pilihan Daftar Talaqqi tidak hanya meliputi surat lengkap 114 surat, melainkan juga Baghdadiyah, Iqra 1-6, dan Gharib. Setiap daftar talaqqi dipilih, cakupan ayat akan menyesuaikan. Misal: Al Baqarah 1-286, Ali Imran 1-200, Gharib 1-101, Iqra 1-50. 
Lalu bagaimana cara menggunakannya?

















  1. Pilih daftar Talaqqi, misalnya IQRA' 1 halaman 1 dan 2. Ketik nama santri dan catatan manual bila saat talaqqi nanti ada koreksi kesalahan. Pilih Tahsin/Tahfidz.
  2. Pilih catatan otomatis dapat dilakukan di Form Mutqin
  3. Klik tombol pengurang nilai (kotak merah) bila ada koreksi sesuai kriteria. Atau bila kelebihan mengklik, dapat diralat dengan mengklik tombol penambah nilai pada bagian atas. Klik SELESAI dan REVIEW untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Tentukan nilai kelancaran dan klik HASIL. 
  5. Sebagai ganti, konten dapat diubah menjadi tausiyah random sambil laporan hasil talaqqi ditampilkan.


7. MANAJEMEN REKAP HASIL TALAQQI

Seluruh tombol HASIL, baik pada Talaqqi Mushaf maupun pada Form Mutqin, akan mengirim data talaqqi tersebut ke dalam halaman khusus bernama Rekap Hasil Talaqqi. Berikut cara memanfaatkannya:

  1. Pada menu utama, pilih "Rekap Hasil Talaqqi".
  2. Terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan (lihat kotak warna merah):
    • Isian text sebagai filter (lihat penjelasan lengkap di catatan penting di bawah)
    • kanan atas: hapus semua, tombol paling berbahaya di halaman rekap ini, karena dapat menghapus semua catatan talaqqi.
    • bagian tengah: klik lama (long click) pada data dapat menampilkan 4 bentuk action.
    • kanan bawah (icon i): menampilkan informasi pemanfaatan secara ringkas
    • kanan bawah (icon share): menampilkan penjelasan no. 4
  3. Long click pada data mentrigger munculnya pop-up berisi:
    • Copy to Clipboard: yaitu mengcopy isi data ke dalam papan clip, sehingga apabila dipastekan ke chat/notes/aplikasi lain, maka dapat memunculkan hasil yang dicopykan.
    • Bagikan: memunculkan pop-up lanjutan untuk langsung copy paste ke aplikasi lain, misalnya: whatsapp, instagram, telegram.
    • Update: memunculkan pop-up lanjutan untuk dapat mengedit isi data, yaitu: program, bacaan, nama santri, catatan, dan lembaga. Adapun untuk tanggal dan nilai tidak dapat diedit karena sudah by-system.
    • Hapus: menghapus data tersebut secara satuan.
  4. Ketika klik SHARE atau bagikan, maka tampilan gambar dari daftar talaqqi (baik sebelum filter atau setelah filter), dapat dikirim ke aplikasi lain. Contohnya: daftar talaqqi yang hendak dilaporkan kepada pimpinan lembaga Quran.   
Catatan Penting: 
Fungsi Filter pada isian text memiliki beberapa basis, yaitu tanggal, nama santri, program, bacaan, lembaga, dan skor. Berikut fungsi (latar belakang) bagaimana memanfaatkan basis filter tersebut:
  • Tanggal (format YYYY-MM-DD): 
    • Pengajar dapat mengetahui history talaqqi pada satu tanggal tertentu, contohnya: dengan mengetikkan "2020-08-01" => maka history seluruh talaqqi sekaligus rekap kehadiran santri pada tanggal 1 Agustus 2020 akan tampil. 
    • Setelah filter, klik SHARE pada gambar kanan bawah untuk melaporkan rekap kehadiran pada tanggal tertentu ke aplikasi lainnya (misalnya whatsapp).
    • Pengajar dapat mengetahui cakupan tanggal tertentu, contohnya: 
      • dengan mengetikkan "2020-08-0" => maka history  tanggal 01 s.d. 09  akan tampil,
      • begitu pula "2020-08-1" => tanggal 10 s.d. 19 akan tampil, dan seterusnya.
      • Mengetikkan "2020-08" juga akan menampilkan seluruh talaqqi selama bulan Agustus 2020.
  • Nama Santri: Pengajar dapat mengetahui history santri a.n. Fulan. Hal ini bermanfaat untuk melihat capaian dan evaluasi santri tersebut selama setoran kepada pengajar. 
    • Misalnya: koreksi kesalahan santri fulan pada tanggal sekian adalah "RO".  Pada tanggal berikutnya, ternyata kesalahan tersebut masih berulang. Ini mirip buku mutabaah santri yang dapat digunakan untuk mengonfirmasi kesulitan santri terhadap detail tajwid tertentu (contohnya pengucapan huruf RO tadi).
    • Setelah filter, klik SHARE pada gambar kanan bawah untuk melaporkan hasil evaluasi talaqqi kepada santri tersebut via aplikasi lainnya (misalnya whatsapp).
  • Program: Mempopulasikan hasil talaqqi dengan filter program tertentu, misalnya TAHSIN saja atau TAHFIDZ saja.
  • Bacaan: Mempopulasikan hasil talaqqi dengan filter bacaan tertentu, misalnya surat AN-NABA'.
  • Lembaga: Mempopulasikan hasil talaqqi dengan filter lembaga. Hal ini sangat berguna apabila pengajar mengajar Quran di berbagai lembaga, sehingga dapat ditampilkan untuk lembaga tahfidz A, lembaga tahfidz B, dan seterusnya.
  • Skor: Mempopulasikan hasil talaqqi dengan filter skor tertentu, misalnya 85, maka nilai 85 akan tampil. Hal ini bisa dipakai untuk menyisir nilai-nilai tertinggi selama Mutqin digunakan, misalnya: bila pengajar ingin memberi hadiah bagi santri yang konsisten nilainya.
Setiap hasil filter dapat diklik SHARE, sehingga dapat dibagikan secara bebas via aplikasi lainnya.

    B. FUNGSI PENGHAFALAN/MURAJAAH HAFALAN QUR'AN