Home » » Mengintip MUTQIN Generasi 2 (versi Beta)

Mengintip MUTQIN Generasi 2 (versi Beta)

Penulis : rumah quran stan on Jumat, 10 Juli 2020 | 10.21.00

Seperti jiwa yang berproses, pikiran yang mendewasa, dan iman yang semoga terus bertambah... Aplikasi Mobile betajuk MUTQIN pun demikian.

Aplikasi ala Rumah Quran STAN yang diusung oleh manajemen dan santri RQ STAN 2019-2020 ini, memasuki generasinya yang ke-2.

Versi 1.0 Mutqin dapat diunduh di:
s.id/apkmutqinKalau versi 2.0-nya? Hm... Baca sampai selesai yaa 😊👇

Overview
Dilihat dari history-nya, sebetulnya Mutqin sudah diupayakan sejak 2018 dan baru gencar (ngegas) ketika Maret 2020 dengan istilah masyhur saat itu: "dirumahaja". Maret-April, santri RQ STAN dan developernya bahu-membahu melengkapi fungsionalitas sekaligus konten 5 juz (maklum, developer awam).

Saat Ramadhan lalu, saat Mutqin diunggah ke Playstore, fungsionalitasnya hanya menerima talaqqi, dengan alur meliputi: koreksi, review, dan pelaporan. Adapun fitur andalannya adalah: share/berbagi hasil talaqqi, terutama kepada santri yang diuji. Walaupun begitu, kelemahannya terlihat jelas: konten hanya meliputi juz 26-30, bahkan ada beberapa detail dhabt yang kurang sesuai standar mushaf.


Fungsionalitas Generasi 2
Nah, di edisi terbarunya yang in syaa Allah akan launching bulan Agustus nanti (Aamiin yaa Allah), Mutqin sudah menambah banyak fungsionalitas-nya. Semoga versi kali ini lebih bermanfaat bagi para pengajar dan santri Quran. Semoga pula menjadi sedekah jariyah bagi manajemen dan santri Rumah Quran STAN: 

1. Rekap Hasil Talaqqi

Rekap Hasil Talaqqi

Pengajar tidak hanya share lalu file itu masuk ke whatsapp peserta/santri tahsin-tahfidz, melainkan juga dapat:
  1. Direkap di satu halaman tersendiri.
  2. Disearch/cari: berdasarkan tanggal, nama peserta, nilai, program (tahsin/tahfidz), dan bacaan.
  3. Dihapus baik per data, maupun semuanya.
  4. Dishare hasil rekap ini, via media sosial dan aplikasi smartphone lainnya.
PR untuk fitur ini: belum bisa disimpan di cloud (baru memori HP saja), belum bisa dieksport ke excel, dan advanced fitur lain. Semoga di lain versi. Aamiin.



2. Pengaturan Standar Talaqqi (termasuk Dark-Mode)




Di halaman pengaturan (setting), Mutqin dimungkinkan digunakan tak hanya di lembaga Quran tertentu saja, tetapi juga di lembaga Quran lain yang memiliki standar berbeda. Karena kita dapat menentukan:

  1. Nama lembaga (user aplikasi) sehingga tertera di report seluruh talaqqi ke santri,
  2. Nama pengajar (user aplikasi) sehingga tertera di report seluruh talaqqi ke santri (kedua hal ini tercantum di paling bawah report menjadi semacam signature, misalnya: (Ustadz Abdullah - Rumah Quran STAN),
  3. Inisiasi nilai awal: nilai santri sebelum ditalaqqi, by default = 80 dan bisa diubah-ubah ke pilihan lain,
  4. Dark Mode: mengaktifkan/menonaktifkan mode gelap (mirip pada aplikasi Quran Android)
  5. Kriteria penilaian yang digunakan: By default adalah huruf, mad, ghunnah, namun bisa diubah dengan model lain,
  6. Angka pengurang kriteria tsb: by default adalah -1, tapi bisa diubah-ubah ke pilihan angka lain.
  7. Pilihan nilai kelancaran: dapat ditiadakan atau dimunculkan dgn cakupan pilihan tertentu.
Pengaturan terdiri dari 3 kriteria penilaian tahsin dan 2 kriteria penilaian tahfidz. Jadi, bila kriteria lebih banyak, dapat digabungkan ke dalam 1 kriteria tertentu (dengan standar angka pengurang yang sama). Selain pengaturan tersebut, disediakan juga di Pengaturan ini: informasi berupa:
  1. Versi aplikasi
  2. Klik untuk sent email (masukan/usulan) ke Rumah Quran STAN
  3. Panduan aplikasi
  4. Website Rumah Qutran STAN
  5. dan tak kalah penting: Info Donasi Rumah Quran STAN
Fitur ini dapat dikembangkan lebih lanjur tergantung alur proses talaqqi yang diharapkan.


3. Form Mutqin (Kalkulator Lahn Tahsin/Tahfidz)
 

Fitur ini (gbr tengah dan kanan) memiliki fungsi yang sama dengan halaman surat biasa. Yang membedakan adalah: kalau halaman surat, setiap ada koreksi, yang diklik adalah kalimah ayatnya. Kalau di Form Mutqin ini, yang diklik tombol salahnya dimana (berdasarkan pengaturan pada poin 2). Maka, form Mutqin lebih mirip kalkulator. 

Kenapa ada form ini? Yaitu untuk mengadopsi talaqqi Quran dari juz lain selain 26-30 yang telah dicantumkan. Pada bagian atas telah disiapkan pilihan surat dan cakupan ayatnya, sehingga ketika diklik SELESAI, hasilnya adalah hasil talaqqi surat apa dan nilainya berapa, persis seperti halaman surat Mutqin 1 sebelumnya.


4. Fitur Lainnya...

A. Share Gambar: Setiap gambar random seperti pada Mutqin sebelumnya, pada versi terbaru ini sudah dapat dibagikan ke medsos (ada tombolnya).

B. Pick for Lahn Tajwid: Setiap mau menulis catatan untuk santri yang diuji, telah disediakan tombol instan untuk kesalahan detail. Misalnya: salah di nun, klik nun, salah di tafkhim, klik tafkhim. Jadi sangat berguna bagi yang belum menggunakan keyboard Arabic.

C. Previous Next Surah: Menjadikan Mutqin sebagai aplikasi tilawah kini lebih mudah, karena disediakan next dan previous surah khusus untuk juz 26-30.

D. Bug Fix Null String: Metode penyimpanan konten surah sedikit diubah sehingga total apk yang sebelumnya mencapai 21 MB, kini lebih kecil (15 MB) dan ketika membuka halaman surah lebih cepat.

E. Bug Detail Dhabt: Diharapkan kesalahan dhabt (seperti hamzah yang posisinya salah, tanda shod lam yang terpotong, dll) dapat diminimalisir di generasi 2 ini.

F. Video Tutorial Terbaru: Tentunya dengan seluruh penambahan fungsionalitas tersebut, agar pengajar mudah menggunakannya, akan diupdate kembali video tutorial Mutqin generasi 2 ini.


Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Aplikasi Ini?

Sementara, tim Rumah Quran STAN akan menahan diri untuk mempublikasikan ke PlayStore untuk Mutqin 2 ini. Hal ini dikarenakan, saat ini Rumah Quran perlu mendorong pemasukan dari donasi. Untuk itu, saat ini bagi siapa saja yang ingin mendapatkan Mutqin 2 ini, dapat mengisi form pendaftaran donatur tetap Rumah Quran STAN:


Mohon doa pembaca shalihin shalihat sekalian, Rumah Quran STAN akan berproses menuju pembelajaran online, semoga tidak mengurangi esensi, adab, dan semangat yang diusung. Semoga Allah meridhai kita dan menjadikan Quran (salah satunya) sebagai sebab kasih sayang-Nya.


🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan🔥 Allahummaa innaka 'afuwwun tuhibbul af'waa fa'fu 'annaa

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |