Home » , , » TFH - Setoran Tak Berhenti di Masa Pandemi, Tapi...

TFH - Setoran Tak Berhenti di Masa Pandemi, Tapi...

Penulis : rumah quran stan on Minggu, 17 Mei 2020 | 09.24.00

🔰 TFH = Talaqqi From Home...
✅ sebuah aktivitas dadakan lantaran kondisi pandemik
✅ sebuah aktivitas yang bersaing sengit dengan PJJ (perkuliahan jarak jauh) - yang konon dikabarkan tugasnya lebih menumpuk daripada kuliah keumuman
✅ aktivitas ini cuma lembaga tahfidz yang punya dan menjadi sebab sah-nya hafalan untuk diinternalisasi, kemudian dimurajaah hingga maut menjemput nanti.

🔰 Sarana dan Penunjang TFH
✅ TFH gunakan sarana yang bervariasi, tergantung kemampuan santri dan musyrif. Ada yang gunakan Zoom Meeting, Whatsapp Voice maupun Video Call.
✅ Namun, rata-rata musyrif/ah menggunakan Whatsapp untuk mengakomodasi santri2 yang berasal dari dari luar Jawa., agar tetap dapat setoran (biasanya kendala jaringan internet).
✅ Musyrif/ah juga bertransformasi. Dari semula meworo-woro di lokasi RQ, menjadi meworo-woro di grup whatsapp RQ masing-masing.
✅ Pencapaian santri bervariasi. Rata-rata sekali setoran setiap pekan. Mempertimbangkan aktivitas lain di bulan Ramadhan, biasanya tilawah. Santri rata-rata memiliki kesulitan membangkitkan semangat di kampung halaman, juga tugas PJJ kampus yang menumpuk.
✅ Penunjang TFH adalah kegiatan RQ STAN yang berbumbu motivasi non-setoran. Alhamdulillah, meliputi kajian online dari Ustadz Sunarso selaku pembina dan kajian Ustadz Hasan, yang semuanya terdokumentasi di youtube RQ STAN (ditambah lagi kajian kerjasama dengan Aman Palestin): cek youtube RQ STAN.

🔰 Namun, TFH bukan berarti Mutqin (nama aplikasi)... (cek disini)
✅ Karena Mutqin hanyalah sarana untuk mendokumentasikan catatan penguji kepada santri. Bahkan di RQ STAN sendiri, Mutqin kurang terimplementasi, lantaran culture yang belum terbentuk rapi. 
✅Tapi Alhamdulillah Mutqin banyak dimanfaatkan di luar sana. Ada FHQ yang berjalan di platform virtual dengan program tahsinnya. Hm... Mungkin untuk tahsin, Mutqin lebih diperlukan karena mencatat kesalahan yang perlu diperbaiki. Kalau TFH RQ STAN kan, rata-rata sudah santri tahfidz semua, sudah ditahsin dan sudah diharapkan bacaannya lebih baik dari sebelumnya.
✅ Ada juga FHQ MBM (produk internal - santri RQ STAN di lingkungan kampus). Sebetulnya bukan FHQ, tapi lebih kepada kegiatan talaqqi online Ramadhan yang mengaktivasi platform Mutqin untuk memudahkan komunikasi dengan penyetor talaqqi. Alhamdulillah.

🔰 Eits, TFH tetap perlu dimutqinkan via aktivitas lanjutan.
✅ Belum cukup hanya menghafal, lalu setoran virtual (TFH), lalu selesai. Karena hafalan punya gaya gesek yang mengurangi gaya potensialnya (gaya untuk menjaga hafalan tersebut). Gaya gesek itu bisa maksiat, bisa lalainya kita dari ibadah, dan lain-lain. Belum lagi syetan yang suka sekali menerbitkan penyakit hati. Jadi perlu => murajaah. 
✅ Ada 10 hari terakhir Ramadhan yang epic. Diharapkan lailatul qadar diraih, salah satunya melalui aktivitas malam bersama Quran yang optimal, 
🔍 entah ngebut tilawah, 
🔍 murajaah hafalan belum lancar atas yang di-TFH-kan, hingga 
🔍 qiyamul lail plus murajaah hafalan lancar.

🔰 TFH vs ADAB   
✅ Inilah tantangan perkembangan zaman. Makin diperinstan suatu amal ibadah, terkadang makin kita menyepelekan...
🔍 Sedekah kini bisa tinggal klik saja, tinggal QR code saja, tinggal selfie, NAH, mari kita tetap liputi dengan doa agar tidak ada penyepelean. Doa itu tangan diangkat, lalu berucap: agar si penerima kelak beroleh manfaat dan berkah, kelak berbalik menjadi pendonasi (bukan lagi yang menerima donasi). Tak perlu juga foto distribusi donasi diposting, lalu dicantumin di hasil penggalangan dana, banyak fotonya, menampilkan yang sedang kesulitan, wajah kesedihan. Na'udzubillah. Inilah teknologi versus ADAB.   
🔍 Sama juga dengan TFH => Yang terjadi kini adalah: karena kemudahan tinggal klik record, atau klik meeting, lalu kita abai terhadap adab bersama musyrif. Ya Allah jangan lalaikan kami...
💌 Mengupayakan untuk tetap hadir walaupun cuman bilang: "maaf ustadz tidak ada yang nambah, saya ingin dinasehati saja sama ustadz. Agar semangat saya bangkit."
💌 Mengabarkanlah bila memang tidak bisa hadir di jadwal musyrif tersebut;
💌 Tetaplah mendoakan musyrif, walau bagaimanapun lantaran dunia saat ini serba terbalik. 
💌 Kenapa serba terbalik: Bayangkan kisah ustadz Sunarso (pembina RQ STAN) yang kuliah di STAN dulu, tinggal di sekitar Ceger, setoran hafalan di Bangka. Perjalanan 1 jam naik Metro Mini. Selama di Metro Mini menghafal+murajaah. Sampai disana setoran dan mendoakan musyrif. Pulang kembali ke STAN 1 jam lagi. Total 2 jam hanya untuk 1 kali talaqqi 😭😭😭 Musyrif tidak perlu capek-capek karena ia dihormati, maka ia didatangi.
💌 Bagaimana kita sekarang ini? Setoran tinggal klik, yang capek justru musyrif nya perlu menanyai siapa yang setoran hari ini. Inilah yang perlu direnungi. Agar virtual di masa begini, justru seharusnya makin meningkatkan adab kita. Bisa jadi adab-lah yang membuka keberkahan usaha kita, hingga seperti ustadz Sunarso kini. Padahal setiap setoran butuh 2 jam, tapi kini hasilnya: mudah murajaah, mudah bersama Quran, dan efek keberkahan dunia-akhirat lainnya.
💌 Ya Allah, jangan jadikan berkurangnya porsi adab pada diri kami, menyempitkan keberkahan Quran bagi kami. Tetapkanlah kenikmatan Quran untuk kami, jadikan kenikmatan tersebut lebih besar kami rasakan daripada rasa nikmatnya orang-orang dalam menyantap istidraj-Mu Allah. Dan JANGAN JADIKAN KAMI ORANG-ORANG YANG MENDAPATKAN ISTIDRAJ (kenikmatan semu duniawi). 😭😭😭

Inilah kenyataan TFH, semoga menjadi sarana renungan dan evaluasi bagi diri pribadi, juga bagi manajemen Rumah Quran STAN...

*ditulis dengan rasa haru dan harapan tinggi... 😢😢😢

🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan🔥 Allahummaa innaka 'afuwwun tuhibbul af'waa fa'fu 'annaa

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |