Home » , , » Dulu ATTAQI, Sempat Jadi TAQIA, Sekarang MUTQIN

Dulu ATTAQI, Sempat Jadi TAQIA, Sekarang MUTQIN

Penulis : rumah quran stan on Sabtu, 18 April 2020 | 20.50.00

MUTQIN - aplikasi hasil sinergi Rumah Quran STAN

September 2017
Saat itu, lahir sebongkah mimpi kecil...
Begini bunyi mimpi itu - yang berhasil didokumentasikan...

Cuplikan Chat 10 September 2017 kepada tim RQ STAN, bahkan sempat dicurhatkan ke mudhir FHQ...

AT TAQI
Aplikasi Tahsin Tilawah dan Talaqqi
... setiap pertemuan dengan muwajjih, ia hanya perlu membaca via Mushaf talaqqi nya (yang di akun muwajjih, dilakukan klik demi klik kesalahan tilawah tahsin yang terjadi/kesalahan kelancaran tasmik tahfidz), sehingga di Mushaf talaqqi akun santri secara real time langsung terlihat apa saja kesalahannya, dihimpunlah kesalahan2 itu pertemuan demi pertemuan dengan muwajjihnya, lengkap dengan nilai kuantitatif nya, dan dikalkulasi di akhir dengan nilai uts dan uas (mekanisme di luar aplikasi), sehingga kurikulum satu periode tahsin/takhasus/tahfidz pun dapat diselesaikan...




Mimpi kecil itu sempat menghasilkan senyum tipis dengan dahi sedikit ada kernyit, pikiran pun merajalela, "Siapa yaa yang mau buat aplikasi keren begini? Biayanya pasti mahal." 

Bi idznillah wa qadarullah... Ternyata salah satu penggiat RQ STAN tiba-tiba terjerumus ke subbagian IT di kantornya (tahun 2018 awal). Sejak saat itu, al-akh yang satu ini suka bereksperimen terhadap prosedur dan alur talaqqi sejak pertengahan 2018 (pasca-mengikuti pelatihan android JAVA).

Fitur-fitur MUTQIN

Dalam prosesnya (2018-->2019-->2020), 
Nama ATTAQI sendiri sudah berganti. Lebih tepatnya: beradaptasi. Ia pernah diubah menjadi TAQIA (Talaqqi via Android), hingga yang terbaru MUTQIN = Mutabaah Talaqqi Quran, Nama yang terakhir disebut ini ditengarai lebih realistis agar tidak ada overespectation dari pengguna. Karena kalau TAQIA atau ATTAQI terlalu menyeluruhi alur proses talaqqi itu sendiri, padahal aplikasi ini:

  • tidak menyediakan sarana media video conference untuk talaqqi
  • tidak menyediakan record talaqqi otomatis bagi santri
  • tidak menyediakan database santri yang bisa diakses pengajar maupun santri.
Wah, padahal kalau ada itu, hebat yaa...

contoh output utk dishare ke aplikasi lain (email, chat, WA, telegram, facebook, instagram, dll)


Maret 2020

Qadarullah... Ketika pandemi berlangsung, potensi waktu luang terbuka luas. Salah satu yang diharapkan adalah AMAL JAMA'I: Santri dikerahkan untuk mengisi konten ayatnya. Sementara programmer menyajikan data tersebut dalam codingan yang sudah berlangsung dan berkembang selama 2 tahun (selama 2 tahun itu, terjadi perbaikan terhadap alur bisnis dan library yang dipakai dalam aplikasi).

Alhamdulillah melalui 2 grup sinergi selama WFH: Grup ikhwan dan akhwat (berisi sedikitnya 16 dan 17 kontributor), dilaksanakanlah team work alias amal jama'i (start per 16 Maret 2020). Outputnya adalah 2 hal berikut:

  • melengkapi 40 images motivasi Quran ke dalam aplikasi

  • memperkaya data kalimat ayat dalam kerangka seperti gambar di bawah ini...


Bayangkan saja. Setiap santri mengkopi pastekan setiap kata ayat Quran ke dalam kerangka string yang telah disiapkan. Lihat saja di gambar, sudah berapa baris string yang dibuat: sampai 18.300-an. Ini bukan kerja rodi, tapi lebih kepada mengejar potensi jariyah atas pemanfaatan aplikasi ini nantinya. Pun kalau aplikasi ini ditiru oleh pengembang aplikasi lain, kita yang sudah susah-susah ini, in syaa Allah kecipratan pahalanya.

Melalui artikel ini, diharapkan pembaca mendoakan kemanfaatan aplikasi ini untuk umat, kemudian: memanfaatkannya, bahkan kalau perlu, menirunya agar lebih banyak lagi jariyah yang digapai tim pengembang RQ STAN. Tidak ada yang rugi dalam amal jama'i gerakan dakwah. Karena ide yang dicuri ditiru pun boleh jadi berbuah cipratan pahala.

Hari ini, 18 April 2020
Ketika ditulisnya artikel ini, baru saja dituntaskan pengunggahan MUTQIN Juz 26-30 ke dalam Toko Aplikasi Playstore. Alhamdulillah dibantu santri FHQ AnNashr/MRBJ. Selain ikhtiar tersebut (yang mungkin boleh jadi butuh waktu 7 hari atau lebih, agar pihak Google mereview aspek kelayakan aplikasi). Untuk mengoptimalkan keuntungan duniawi akhirat, telah diikhlaskan berupa:

  • Mutqin 26-30 tanpa iklan (semoga tidak ada yang menyusupi);
  • Mutqin 26-30 tidak berbayar (semoga tidak ada yang memark-up);
  • Mutqin 26-30 tidak dijual kemana-mana.
Selain itu, untuk memparalelkan ikhtiar pahala tersebut, apalagi sebentar lagi Ramadhan, MUTQIN 29-30 disebarluaskan ke para pengajar FHQ (syukur-syukur diedarkan lagi ke lembaga tahsin/tahfidz yang lain). Alhamdulillah sempat didoakan oleh para shalihin disana dan sudah dimanfaatkan untuk agenda tahsin/tahfidz sejak akhir Maret 2020.





📖 Rumah Quran STAN 📖
======================

🏡 Baituna: bit.do/rumahquranstan
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
💌 gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |