Home » , » 7 Hal Baru di Tahfidz Camp Februari 2020 (+Pict)

7 Hal Baru di Tahfidz Camp Februari 2020 (+Pict)

Penulis : rumah quran stan on Sabtu, 29 Februari 2020 | 22.39.00

musyrif sedang menerima talaqqi hafalan...

Sejak 2017, Rumah Quran STAN biasanya bikin sekali saja Tahfidz Camp (TC) di tiap tahun ajaran, namun pada 2019-2020 ini bikin sekaligus 2 kali. Alhamdulillah, Allah mengaruniakan keberkahan waktu sehingga dapat terealisasi 2 kali. Semoga Allah senantiasa liputi keberkahan-keberkahan dunia akhirat lainnya sembari terus berusaha istiqomah bersama Quran.

Nah, belajar dari TC-TC sebelumnya, inilah yang baru saja diimplementasikan di TC Februari 2020 lalu:

1. Empat Kuadran karakter peserta Tahfidz Camp (hasil analisis beberapa TC belakangan)

4 kuadran
Dari TC-TC sebelumnya, maka dapat dianalisis, bahwa ternyata ada 4 tipe peserta TC:

Q1. yaitu mereka yang secara kemampuan, lambat menghafal. Tambah lagi, mereka malas-malasan, tidak memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menghafal/mengulang-ulang hafalan. Inilah pribadi yang LAZY (pemalas), tentunya sia-sia ikut TC bukan?

Q3. meliputi mereka yang terbuai. Mengapa? Karena mereka mampu menghafal cepat, sehalaman 30 menit setor, tapi sehabis itu tidur sampai jam setoran berikutnya. Nanti diulangi lagi dan seterusnya. Jadi waktu menghafal+setor dan waktu tidur hampir sama. Inilah sosok yang terbuai dengan waktu dan kenyamanan. Maklum, ikut TC itu agak dimanja, makanan hadir di setiap jam makan.

Q2. inilah yang lebih keren. Mereka secara kemampuan biasa-biasa saja. Menghafal sehalaman mungkin butuh waktu berjam-jam, tapi setiap detik mereka termanfaatkan. Inilah sosok yang oleh ustadz Rizal Wahid saat penutupan TC 2019 akhir disebut sebagai: "kamu lebih besar pahalanya daripada mereka yang cepat menghafalnya tapi menyia-nyiakan waktu (Q3)."  

Q4. naah ini yang terakhir ini, merupakan fighter sejati. Yang kemampuan menghafalnya sudah bagus (karena persiapannya matang jauh sebelum TC dimulai), juga ketika ikut TC fight secara optimal, memanfaatkan detik, menit, dan jam untuk hal-hal bermanfaat. Mungkin sambil antre di depan toilet, sambil murajaah, sambil menunggu jam makan, menghafal Quran, dan sebagainya.
   

2. Bekal relatif lebih lengkap diberikan sebelum TC dan bisa diakses sepanjang TC
Bekal yang direminderkan saat awal pembukaan
Pada TC 2019 awal, bekal memang cukup lengkap dan dicetak untuk dibagikan ke setiap peserta, namun paperful/ful kertas alias tidak hemat kertas. Beberapa kertas cukup berserakan di masjid lokasi TC. Maka, pada 2020 awal, kita perbaiki dengan mencetakkan 1-2 saja di lokasi masjid (yang bisa diakses kapan pun selama TC), sementara jauh-jauh hari sekira 2-3 pekan sebelum TC dimulai, softcopy nya bisa diakses di tautan drive google. Peserta TC kudu canggih nih. Selain dari sisi prosedur, mengapa bekal TC tahun ini relatif lebih lengkap, karena memuat:

  1. Video: Hafalkan meski tidak hafal-hafal (dapat diakses di: https://www.youtube.com/watch?v=v4bKE4Z-qPA)  .
  2. Slide Pengantar Tahfidz Camp: untuk mengetahui sejarah, seluk beluk, dan gambaran semangat yang dibagikan sebelum mengikuti TC.
  3. 10 Menit 1 Halaman: Intisari dari video pelatihan Ustadz Ahmad Jazee sebagaimana tautan: https://youtu.be/5rG87RpyUzo
  4. Teknik Menghafal ala STIFIN (mengikutsertakan 5 karakter psikis yang berbeda dalam menghafal).
  5. Rundown dan Perlengkapan yang perlu disiapkan oleh peserta untuk mengikuti TC.

Semua bekal tersebut dapat diakses pada tautan: gg.gg/bekalTC


3. Porsi peserta dari kalangan non-santri RQ melonjak
setoran
Salah satu yang beda banget kelihatannya adalah data peserta berikut:
Putra: 7 santri, 8 non-santri
Putri: 21 santri, 18 non-santri

Hm... mungkin karena hampir seluruh santri sudah ikut TC akhir tahun 2019 sehingga awal tahun 2020 ini TC-nya cukup sedikit dari kalangan santri. Hanya sedikit yang berani mencoba tantangan 2 kali TC, hehe.

4. Sharing session terbuka tiap hari
sharing session diawali dgn pemanasan, agar lebih fresh
Setiap hari ada waktu sedikit untuk sharing biasanya di pagi hari 10-15 menit: ada masalah apa, ada kendala apa, hingga ada diskusi apa selama TC berlangsung. Namun, sejatinya, sharing itu bisa setiap saat, selagi ada musyrif hadir menemani, bersedia menyiapkan solusi dan mendengarkan keluhan terkait proses menghafal Quran. 

5. HP diizinkan untuk dibuka sekali saja
4 hari tanpa HP, eits sudah diubah: 2 hari tanpa HP, lalu 2 hari lagi tanpa HP 
Atas akumulasi saran dari para peserta TC, maka pada implementasi TC akhir 2019 dan 2020 ini, peserta diizinkan membuka HP hanya pada Ahad malam bakdiyah Magrib s.d. adzan Isya (tidak lebih dari 1 jam). Hal ini untuk memberi kesempatan peserta yang kangen, rindu, atau ada tugas dari dosen, misalnya. Selebihnya, dari Sabtu pagi, peserta boleh buka HP lagi saat kegiatan ditutup di Selasa sebelum zuhur.

6. Donasi Makan untuk TC 2020
makan siang
Pada TC kali ini, porsi demi porsi makanan diedarkan donasinya ke segenap alumni RQ STAN dan PKN STAN. Alhamdulillah terhimpun 570 porsi makanan dan 9 galon air minum. Itupun masih berlebih, sehingga dana dapat dibantu untuk pos pengeluaran yang lain.

7. Gamification TC 2020
testimoni peserta
Gamifikasi merupakan strategi bisnis untuk menarik minat yang cukup kekinian. Kalau tidak ada gamf ini, tidak ada poin yang dikumpulkan untuk dapat ditukar dengan gelas cantik. Tidak ada leaderboard yang membuat para peserta berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Tidak ada juga buku-buku hadiah untuk dibagi-bagikan di sesi akhir.

Alhamdulillah, ada donasi buku dari alumni dan manajemen RQ STAN untuk dibagi-bagikan dengan pertanyaan seputar materi penutupan TC 2020. Selain itu, gamf yang sedang diujicobakan namun belum maksimal: setiap santri menghitung sendiri poin pada lembar mutabaahnya dengan ketentuan:
- setiap setor 1 halaman: + POIN 3
- setiap setor 1/2 halaman: + POIN 1

Walaupun poin belum dapat dikalkulasi secara valid, paling tidak sudah mulai dulu. 


Semoga tahun-tahun berikutnya TC makin berbobot dan menghasilkan alumni-alumni yang senantiasa bersemangat dalam menambah dan menjaga hafalan Qurannya.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
🏡 Baituna: bit.do/rumahquranstan
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
💌 gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |