Home » » Persiapan Peserta Tahfidz Camp Akhir Tahun 2019

Persiapan Peserta Tahfidz Camp Akhir Tahun 2019

Penulis : rumah quran stan on Jumat, 06 Desember 2019 | 05.37.00




Tidak penting Anda ikut Tahfidz Camp sukses atau tidak, yang penting Anda persiapkan dengan matang dan evaluasikan dengan target menantang...


Tahfidz Camp itu agenda tahunan RQ STAN yang pada angkatan 2019-2020 ini akan diadakan 2 kali. Lho kenapa?

Alasan utamanya 2.
✅ Santri RQ sudah menginjak angka 100+ sehingga menggiatkannya sekali setahun akan membuat masjid overload.
✅ Santri RQ tingkat 3 tidak akan bisa ikut bila Tahfidz Camp dipaksa hanya sekali, karena pasca-UAS (dimana sudah 3 tahun terakhir Tahfidz Camp slalu diadakan pasca-UAS), mereka harus mengikuti PKL. Sehingga perlu ada waktu lain selain pasca-UAS.

Temanya masih sama: minimalis, hanya bertempat di masjid sekitar -menyesuaikan budget- 

Apa Saja Persiapan yang Perlu Kita Lakukan Sebagai Peserta?

✅ Baik visual/auditori, agar Tahfidz Camp (TC) dapat efektif, perlu ditentukan target 1 juz yang mana? Untuk yang memilih juz 30, TC RQ STAN membolehkan asalkan ditambah ½ juz 29. Juz yang lain boleh 1 juz full, yaitu pada rentang 1-29. 
✅ Baik visual/auditori, sejak H-20 TC, sebaiknya rajin tilawah Quran 1 juz perhari pada hafalan yang mau di-camp-kan. Khusus utk santri RQ berarti tilawah 2 juz perhari atau 3 juz perhari, salah satu juz nya diganti menjadi 1 juz yang akan di-camp-kan.
✅ Nah, tentukan juga mushaf nya. Jangan gonta-ganti mushaf. Harus fokus ke 1 mushaf, sebaiknya Mushaf pojok (pojok kiri bawah adalah akhir ayat).
✅ Selanjutnya bagi yang bergaya belajar VISUAL, kita boleh mewarnai mushaf yang akan digunakan nge-camp. Misalnya digarisin tebal  1 halaman jadi 2 bagian atas dan bawah. Bagian2 yang unik boleh dibuletin pake warna tertentu. Bagian2 yg mirip boleh distabilo, bagian yang membuat hati bergetar, ayat2 adzab misalnya dibuletin pake warna tertentu. Dan lain sebagainya, sehingga mushaf kita jadi berwarna-warni. Konon, orang visual punya kemampuan photographic memory, tinggal kita menghafalnya berdasarkan posisi dan apa yag dilihat di mushaf tsb.

✅ Bila cara visual tsb dirasa ekstrem dan ingin mencoba auditori, cobalah rekam 1 juz yang akan di-camp-kan berdasarkan halaman. 1 halaman = 1 file. Didengarkan saja setiap hari 1 file berulang-ulang, besok ganti file, lusa ganti file lagi. Biarkan alam bawah sadar merekam secara auditori. Tapi kita tetap harus mentilawahinya 1juz per hari sebagaimana di awal tadi. Terutama untuk tilawahnya dikeraskan agar kita bisa mendengar suara kita, dengan nada yang sama dengan nada rekaman file kita tadi.

ITU SEMUA PERSIAPAN MENUJU TAHFIDZ CAMP…
Lalu, bagaimana action learning setelah tahfidz camp?



Action Learning Pasca-Tahfidz Camp?

Yang jelas harus jelas, terarah, bertahap, dan komitmen. Karena kalo tdk ada target pasca Tahfidz camp, yaa percuma saja. Eh tdk percuma ding ya. Khan sudah banyak ngafal di TC, moga2 jadi amal ibadah hehe. Maksudnya agar pasca tahfidz camp, hafalan tdk hilang, maka harus ditangkap dengan target jangka pendek dan panjang. (perhatikan: cakupan pendek dan panjang jangan disamakan dgn akuntansi dan kebendaharaan ya, hehe… Karena klo pake pendekatan akuntansi, pendek = 1 tahun, panjang = 10 tahun, hhe)

✅ Jangka pendek, kita tak tahu sependek apa. Yang jelas, disini kita harus kembali setorkan hafalan tadi ke musyrif/ustadz. Buat program murajaah terhadap hafalan tsb secara intensif, misalnya diulang-ulang 1 pekan sekali. Atau buat bertahap bila ternyata sudah terlanjur hilang. In syaa Allah menghafal kedua kali dari hafalan yang sudah pernah dihafal dan setorkan akan lebih mudah.

✅ Jangka panjang, terjadi bila Allah rezekikan bagi kita berupa kelancaran hafalan. Tapi sudah lancar jangan kemudian berhenti. Kita punya standar mengulang-ulang hafalan lancar (dari banyak referensi) sebanyak 2 pekan diulang sekali. Tapi, bila diperkirakan kesulitan, bisa 1 bulan diulang 1 kali putaran hafalan. Ini dilakukan untuk menjaga kelancaran. Dan dilakukan sampai akhir hayat. Murajaah Until Die.

Demikian, Wallahu a’lam bish shawaab.
Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
🏡 Baituna: bit.do/rumahquranstan
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
💌 gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi


Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |