Home » , » One Grouping Santri - New Thinking of Tahfidz Qur'an

One Grouping Santri - New Thinking of Tahfidz Qur'an

Penulis : rumah quran stan on Minggu, 03 November 2019 | 23.17.00

foto ilustrasi sebagaimana agenda rihlah RQ Sejabodetabek pada Maret 2019 lalu

Alhamdulillah...
Untuk pertama kalinya sejak 2011, seluruh santri RQ STAN (on-duty 2019) yang berjumlah 100 lebih sedikit (Ya Allah, istiqomahkanlah kami 🤲 ), digabungkan dalam 1 grup chat whatsapp. Ehm... Walaupun begitu, hanya admin yang boleh chat. Namun, saat ini rule of the game sedang diatur, bagaimana baiknya nanti. Karena bisa jadi, culture sharing ilmu bisa dibangun melalui wadah ini. Yang jelas, dibutuhkan peran palang pintu sebagai admin alias momod (moderator).

Tapi bukan itu titik fokusnya. Itu hanya teknis. Tujuan one grouping ini sebetulnya adalah... Bagaimana agar:
  1. Sarana Kulwap saat momen liburan, sebuah ekspansi sarana belajar online di RQ STAN;
  2. Persiapan pengembangan Mutqin (aplikasi Android: Mutabaah Talaqqi Quran) yang membutuhkan sinergi seluruh santri;
  3. Sarana manajemen dan musyrif untuk mempost: short-reminder dan flash-quote; 
  4. Pembangunan culture knowledge sharing tahfidz Quran dan wawasan Islam;
  5. Info-info mendesak dr manajemen RQ STAN (info tidak mendesak tetap akan disalurkan via musyrif/ah).
Kita bahas masing-masingnya:

1. Kulwap 📗
Kuliah Whatsapp mungkin aneh bagi generasi milenial, tapi saat ini sedang disiapkan bagaimana agar kuliah ini tidak kalah seru dengan kuliah kampus, termasyuk kuliah Subuh. Tema-tema kekinian semoga dapat menginspirasi. Dan tentunya disetting di momen dimana memang sedang butuh-butuhnya siraman ruhani, seperti saat liburan kampus (up-to 2-4 weeks), atau sehabis ujian yang biasanya waktunya nanggung, mau pulkam terlalu sebentar, mau di kampus sedang butuh pelampiasan (baca; hiburan). Maka, kulwap dengan basis ilmu semoga menjadi salah satu solusi. 😍

2. Mutqin 🎁
Suatu hari, kami manajemen RQ STAN pernah nulis artikel ini. Sebuah artikel yang sepert omong kosong, mimpi buta di siang bolong, ga nyambung sama fokus membina santri RQ selama ini. Wow... Ternyata Allah hendak mengabulkan salah satu dari 3 jenis mimpi itu. Yaitu terwujudnya aplikasi Mutabaah Talaqqi Quran (MUTQIN) yang berguna untuk:
  • Membantu musyrif/ustadz untuk mendokumentasikan talaqqi santrinya;
  • Membantu menghitung nilai kesalahan talaqqi santri.
Hm... Talaqqinya sendiri bukan hanya untuk tahsin saja, melainkan juga Tahfidz (hafalan). Tentu saja, namanya saja berupa doa. Agar kita punya hafalan yang lekat alias mutqin.

Wah, surprise dulu ah...
Yang jelas, melalui konsep one grouping santri ini, santri-santri ingin dilibatkan untuk pembangunan database Qur'annya. Melalui grup ini, nantinya pembagian tugas semoga menjadi lebih terbagi rata dan lebih mudah. Ya Allah, kabulkanlah... 😍

3. Short-Reminder vs Flash-Quote 💌
Beberapa kali sudah dipraktekkan. Ada 2-3 paragraf motivasi yang dikaitkan dengan semangat berinteraksi bersama Qur'an, sifatnya up-to-date alias kekinian, bisa jadi inovatif, sulit ditebak, dan kadang bikin ngakak. By-the-way tujuan utamanya tetap memotivasi santri. Inilah short-reminder. 

Hm... lalu Flash-Quote memanfaatkan 1-3 kalimat, yang berasal dari dalil Quran, hadits, perkataan ulama', hingga wisdom para asatidz kekinian, tak lupa mencatut sumber dan penuh ketakziman.

Inilah tulisan-tulisan/gambar-gambar yang sekiranya dapat dijadikan sarana berekspresi manajemen dan musyrif RQ STAN selaku admin grup. Eits, in syaa Allah dimungkinkan juga tulisan/gambar tersebut dishare di website, grup alumni, juga sarana RQ STAN lainnya 😍

4. Sharing Yuk 📤
Untuk saat ini pembangunan culture knowledge sharing masih dalam penggodogan, yang jelas ada kontribusi santri selaku anggota grup untuk share, perform, hingga hal lainnya, ala milenial. Semoga Allah jaga niat-niat kami 😍

5. Info Mendesak ❗
Setiap informasi RQ STAN, normalnya dibawakan oleh musyrif/ah di grup RQ masing-masing. Hal ini untuk membina kedekatan sekaligus membangun peran musyrif sebagai garda terdepan tokoh Rumah Quran STAN di mata para santri. Untuk itu, hanya info-info mendesak saja yang dishare di grup RQ STAN one grouping ini.

Sekilas sharing ini disampaikan. Semoga Allah mudahkan kita menjaga niat dan terus istiqomah dalam berinteraksi dengan Qur'an.

Alhamdulillahirabbil 'aalamiin

🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
🏡 Baituna: bit.do/rumahquranstan
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
💌 gg.gg/infoDonasiRQSTAN


#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |