Home » , , » Program Beasiswa RQ STAN 2019

Program Beasiswa RQ STAN 2019

Penulis : rumah quran stan on Kamis, 22 Agustus 2019 | 17.11.00


Alhamdulillah, atas izin Allah Rumah Quran STAN tidak hanya mengelola program tahfidz Quran melainkan juga memberi kesempatan kepada yang "berhak" untuk tetap berkuliah di PKN STAN dengan memenuhi komitmen santri dalam tajuk PROGRAM BEASISWA RQ STAN.

Apa itu Program Beasiswa RQ STAN? Kita akan kupas apa dan bagaimana cara mendaftar program BEASISWA ini bagi santri RQ STAN. 


1. Program Beasiswa Masjid Baitul Maal (MBM)
 Kuota program: 2 putra

Program ini bernaung di RT MBM - Rumah Tangga Masjid Baitul Maal, sebuah divisi khusus Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Maal yang bertugas mengurus kerumahtanggaan masjid. Nah, untuk mendaftar beasiswa ini, santri disodori komitmen untuk mengurus masjid. Maka, INFAQ RQ STAN untuk program ini lebih ringan daripada lokasi Rumah Quran yang lain.

2. Program Beasiswa Masjid AN-NUR
 Kuota program ini: 2 putri

Program ini baru setahun jalan. Dimana ada 2 jama'ah masjid AN-NUR sekaligus warga komplek PJMI (Pondok Jurangmangu Indah) yang berkenan rumahnya dihuni santri RQ secara cuma-cuma. Kata mereka, niatnya: "agar rumah saya makin berkah dibacakan Al-Quran". Bahkan ada yang cerita: "Alhamdulillah setahun rumah saya dipakai RQ, anak saya di pesantren diterima di UNSOED." Barakallahu fiihum... Kebetulan 2 jama'ah ini, satunya dihuni santri putra, satunya santri putri. Yang santri putra, kuotanya sudah terpenuhi. Tinggal yang putri 2 kuota lagi. Kelebihan program ini: Santri GRATIS infaq RQ STAN.

3. Program Beasiswa Masjid AL-IHSAN
 Kuota program ini: tidak dibuka

Program ini baru akan jalan 2019 ini. Ke-4 santri yang diplot di program ini sudah lulus tahsin dan hafal minimal 2 juz Quran karena akan terlibat dalam kegiatan rutin masjid Al-Ihsan (mengimami shalat Magrib, Isya, Subuh, membantu pelaksanaan kegiatan masjid).

4. Program Beasiswa Hafizh/ah
⏩ Kuota program ini: mengikut kuota santri

Sudah banyak program beasiswa kampus/umum yang mengapresiasi para hafidz/ah Qur'an dengan keringanan biaya program pendidikan. Nah, RQ STAN tak mau ketinggalan memberikan penghormatan pada mereka. Maka, kami lanjutkan di tahun ke-3 ini:
  • Hafizh 10-20 juz : keringanan biaya program 50% santri tetap reguler/PP;
  • Hafizh 21-30 juz : keringanan biaya program 100% santri tetap reguler/PP;
5. Program Beasiswa Sosial
 Kuota program ini: mengikut kuota santri tetap

Inilah yang dilaporkan pada artikel sebelumnya. Dimana jumlah santri sosial naik dari tahun 2017-2018. Dari mulai 8, hingga 21 pada 2018. Kelebihan program ini bagi santri RQ:
  • bebas infaq RQ STAN,
  • dicarikan kakak asuh dari alumni PKN STAN/alumni RQ STAN/kalangan umum,
  • mendapatkan uang jajan tambahan dari kakak asuh,
  • status santri sosial disembunyikan dari sesama santri, sehingga perlakuan di RQ STAN dipersamakan.
Syarat Mengikuti Beasiswa Sosial:
  • Mengikuti program santri tetap/reguler RQ STAN (santri PP tidak termasuk)
  • Menyampaikan SKTM (surat keterangan tidak mampu) dari RT/RW atau Kelurahan asal santri
  • Mengisi form lengkap santri sosial dan lulus validasi oleh tim validator manajemen RQ STAN

Alhamdulillah, demikianlah program beasiswa ini dirancang dan dibuat berdasarkan ikhtiar dan doa para manajemen RQ STAN berikut donatur yang membantu selama ini.

***

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.
(QS. Al Kahfi.46)

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. (QS. Al Ahqaf 13)

Semoga dengan berpatokan ayat ini, Allah limpahkan keistiqomahan, keberkahan, kemudahan, dan kelancaran bagi RQ STAN untuk dapat membiayai semua kebutuhan-kebutuhannya, diliputi kebahagiaan tanpa khawatir dan bersedih hati bagi para manajemen, santri, dan donatur yang membantu (walau sebagian tafsir mengatakan maksud khawatir dan sedih ini adalah di akhirat nanti). 

🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |