Home » , , » Kilas Balik Program Sosial: "21 Santri Sosial? Bismillah..."

Kilas Balik Program Sosial: "21 Santri Sosial? Bismillah..."

Penulis : rumah quran stan on Selasa, 13 Agustus 2019 | 23.07.00


Awalnya ragu, hm... Bismillah, jalan... Jbrett...
Maa syaa Allah, pertolongan Allah hadir silih berganti...

###

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. (QS. Al Ahqaf 13)

Semoga kita termasuk dalam kategori orang-orang yang istiqomah sebagaimana ayat di atas. Yang mana kekhawatiran dapat lenyap dari detak sanubari kita, karena Allah tolong kita...

Memulai program sosial tahun 2017 tatkala santri sosial berjumlah 8 orang, berkali-kali dana sosial mengambil porsi dana operasional RQ STAN. Hm... benar-benar penuh tantangan.

Tahun 2018 lalu, dana sosial justru dibuka secara luas, lihat artikel ini. Praktis, terdaftar 18 santri perlu dibantu secara sosial. "Eh, nanti kalau 18 santri jalan, dana operasional RQ kekurangan nggak ya?" Begitulah kadang keraguan menyembul. Maklum, tiap santri sosial bukan hanya dapat fasilitas BEBAS BAYAR KONTRAKAN di RQ STAN, bahkan mereka juga DAPAT UANG SAKU 400.000 per bulan. 😢 Artinya butuh dana 400rebu x 18 = 7.200.000 tiap bulan???

Tapi, Maa syaa Allah, nyatanya program ini disambut hangat donatur dan alumni RQ STAN. Bahkan, ada yang berkomitmen memegang 10 santri sosial 😱😱😱. Beberapa berkomitmen menjadi kakak asuh dengan bantuan 400-600rb per bulan. Tentunya sangat membantu, terutama untuk biaya bulanan mereka selama merantau di kampus perjuangan ini.

Di pertengahan jalan, kami memprediksi ada santri yang tawadhu secara sosial. Akhirnya, kami meminta usulan santri, adakah yang perlu dibantu lagi??? Dan maa syaa Allah, ada beberapa yang diajukan dan dikonfirmasi. Setelah dokumen SKTM (surat keterangan tidak mampu), foto rumah, KTP, dll. lengkap, santri sosial RQ STAN dari 18 bertambah menjadi 21 orang.



Dari 78 santri RQ 2018-2019, 21 di antaranya santri sosial.
Dari 78 tersebut, tak ada yang tahu siapa saja santri sosial?
Statusnya hidden demi menjaga hati dan harga diri santri.

Lalu, berapakah santri sosial 2019-2020???
Yang jelas: pendaftaran santri sosial bersifat tahunan. Apakah sansos tahun lalu perlu dibantu lagi, atau santri baru nambah, belum ada kepastian.

RQ STAN hanya membantu secara sosial buat siapa saja yang perlu merasa dibantu. Bahkan yang jauh dari Qur'an sekalipun. Hanya butuh komitmen dan ketahanan untuk membersamai Quran. Nah, maukah mereka berkomitmen untuk bersama RQ, belajar Tahsin Quran 3 bulan? Tilawah 3 juz per hari? Menghafal 3 juz setahun? Saling mengingatkan sesama santri dalam beraktivitas Islam?

BILA TIDAK? Alhamdulillah masih banyak, dan akan slalu banyak dermawan lain di tim/ pesantren/ bimbel/ organda/ikhtiar yang lain, yang akan membantu mereka, membantu menggapai masa depan demi kehidupan keluarga yang lebih layak. Bayangkan, mereka datang dari desa, dari ortu yang papa, belajar 3 tahun di PKN STAN kekurangan biaya, menatap masa depan untuk mendongkrak kehidupan orangtua mereka... 😭😭😭😭😭

Maka, melalui artikel ini...
Manajemen RQ STAN mengapresiasi pesantren, lembaga, bimbel, atau individu yang menjadi kakak asuh bagi mahasiswa/i PKN STAN secara sosial melalui aktivitas yang positif dan beasiswa yang prospektif. Tentunya, bila tugas sosial ini dilaksanakan hanya oleh 1 lembaga beasiswa/perseorangan saja, maka kurang dapat dilakukan secara menyeluruh.

Semoga Allah memberikan keberkahan, kemudahan, dan membuka petunjuk yang lurus kepada kita semua dalam kerja-kerja sosial dan dakwah dalam rangka membibitkan insan yang unggul walau berketerbatasan. Semoga kita beroleh balasan terbaik dari-Nya.

Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |