Home » » Sepinya Ramadhan di RQ STAN

Sepinya Ramadhan di RQ STAN

Penulis : rumah quran stan on Rabu, 12 Juni 2019 | 16.59.00


Ramadhan di RQ STAN sepi???

Ya, begitulah. RQ STAN tidak banyak membuka kegiatan di momen Ramadhan. Karena RQ STAN hanya memaksimalkan fokusnya pada kegiatan internal yang bersifat rutin, apalagi kalau bukan: kejar setoran hafalan dan murajaah. Selain karena Ramadhan merupakan bulan Al-Quran, juga dikarenakan kegiatan dakwah kampus sudah terlampau banyak, padat merayap, menyedot energy, terutama bagi santri RQ.

Hanya sedikit kegiatan RQ yang gencar di bulan Ramadhan. Itu pun tidak bersifat rutin pekanan, melainkan fully incidental. Selain itu, beberapa kegiatan tidak melibatkan santri, hanya manajemen saja, nah lho. Berikut rinciannya:

1. Wisuda RQ Daarut Tarbiyah
Alhamdulillah, wisuda RQ Daarut Tarbiyah digelar pada Sabtu, 18 Mei 2019. Khusus tahun ini, wisuda RQ Pusat tersebut dapat diikuti oleh santri minimal berhafalan 5 juz, berbeda pada tahun lalu yang standar minimalnya 3 juz. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi santri RQ STAN, agar dapat mencapai jumlah hafalan tersebut pada tahun-tahun selanjutnya.

Pada mulanya santri RQ STAN yang terjadwal wisuda ada 8-9 santri RQ STAN. Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa santri gagal mencapai target dan berencana wisuda tahun depannya lagi (dengan 6-8 juz), sehingga menjadi 3 santri yang wisuda tahun ini: 
  1. Yuliana Fitri: 5 juz
  2. M. Rizali Hadi: 5 juz
  3. Khoirun Rizal Khatami: 5 juz
Itupun, ketiga santri gagal diwisuda lantaran Sabtu, 18 Mei 2019, ke-3 nya ada jadwal tugas dan kuliah di PKN STAN. Sebagai informasi, dalam 3 tahun terakhir, beberapa santri RQ STAN memang gagal diwisuda karena hal yang lebih prioritas ini.

Berikut adalah berita terkait penyelenggaraan wisuda Rumah Quran Daarut Tarbiyah:





2. Pengukuhan Imam Tarawih
Masjid kampus Baitul Maal dan Mushola Istiqomah adalah 2 lokasi tarawih yang 30% lebih imam tarawihnya dari santri RQ STAN. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan RQ STAN untuk menebarkan kebermanfaatan santri di lingkungan masyarakat sekitar. Lebih dari 10 santri ikhwan ditugaskan untuk imam tarawih tersebut.

Jadwal Imam Muhsola Istiqomah disusupi 11 santri RQ

Jadwal imam MBM powered by 10 santri RQ (beberapa terjadwal lebih dari 1 kali imam)
Guna mendukung 2 penjadwalan tersebut, RQ STAN telah menyelenggarakan kegiatan sharing fiqih menjadi imam pada tanggal 5 Mei 2019 (sehari sebelum memasuki bulan Ramadhan) serta membuat grup WhatsApp sebagai CoP (community of practice) dalam menjadi imam. 

3. Pendataan Santri Existing - Transition over-Season


Season RQ STAN 2018-2019 hendak kukut di pertengahan Juli 2019. Untuk itu, RQ STAN merelease form santri lama/existing terkait keberlanjutan mereka di RQ STAN, apakah memilih lanjut ke season 2019-2020 atau berhenti. Dari hasil form tersebut, santri lulus PKN STAN tentu saja sudah tidak dapat melanjutkan ke season berikutnya, kecuali beberapa bulan saja sambil menunggu pemberkasan dan penempatan definitive yang jadwalnya given dari PKN STAN dan kantor alumni nantinya (termasuk on-the-job-training/OJT/magang, prajab/latsar, dan diklat-diklat lainnya). 

Selain santri lulus, mayoritas santri memilih lanjut, sedangkan kurang dari 8 santri memilih berhenti, dengan alasan beraneka-ragam. Kesamaan bagi santri yang memilih berhenti ini, mereka memiliki rekap kehadiran di bawah standar. Hal ini menjadi evaluasi bagi manajemen, mengingat dikhawatirkan motivasi mereka menurun setelah mengikuti program RQ dan dimungkinkan karena pencapaian hafalan mereka memang masih di bawah target. 

Hal ini juga menjadi awareness bagi santri baru, bila ingin mengikuti program RQ STAN harus berani memacu diri untuk tilawah dan hafalan lebih dari standar normal, karena menjadi santri RQ STAN bukan sekedar untuk bisa baca Quran saja, tetapi mereka adalah yang siap menjalin intensitas berlebih bersama Quran (siap tilawah 3 juz per hari dan hafal 3 juz per tahun).

Setelah form ini diisi, maka manajemen RQ STAN siap menggelar registrasi santri baru, mengingat jumlah kuota RQ STAN season 2019-2020 telah dikantongi.

4. Registrasi Santri Baru Tahap 1.0 RQ STAN


Hasil dari registrasi ini: MENCENGANGKAN...

Bagaimana tidak? Dari Jumat 17 Mei 2019 bakda Ashar s.d. Ahad 19 Mei 2019 pkl 24.00 (kurang dari 3 hari), jumlah pendaftar RQ STAN mencapai 82 calon santri. Namun, setelah dikurangi dengan pendaftar yang double ketika memasukkan registrasi, juga dari pendaftar yang tidak mengirimkan rekaman tilawah pada waktu yang ditentukan, maka jumlah keseluruhan pendaftar menjadi 60, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Ikhwan: 19 (calon santri tetap: 8 , calon santri PP: 11 )
  2. Akhwat: 41 (calon santri tetap: 24 , calon santri PP: 17 )
Jumlah ini terus berkurang mengingat ada penugasan khusus bagi calon santri hingga datangnya hari wawancara. Semoga prosedur ini makin memfilter calon-calon yang berani menerima tantangan untuk memfokuskan energi lebih banyak untuk bersama Qur'an.

5. Penugasan dan Instruksi Khusus Santri RQ STAN untuk Optimalisasi Libuan Ramadhan-Syawal 1440 H

Penugasan yang diberikan adalah sebagai berikut:

Panen Ketaatan

Untuk menjaga ritme, berikut penugasan manajemen RQ STAN selama liburan (baik Ramadhan maupun Syawal) dalam rangka memanen ketaatan qt kpd Allah:
  1. Menjaga tilawah Quran minimal 1 juz perhari 😎
  2. Memurajaah hafalan di dalam shalat sunnah,  yang bila diAkumulasikan menjadi 1 juz per hari. Bila shalat sunnah seharian belum 1 juz, berarti rakaat nya perlu ditambah. Atau bisa jg shalat sunnah mutlaq.
  3. Sempat kan dalam 4 hari Ramadhan ini, sedikitnya 1 kali melakukan QL 8 rakaat yang diisi hafalan total 1 juz di masjid/sambil iktikaf (boleh tanpa Mushaf, boleh juga ngintip Mushaf ketika macet). Waktu yg dibutuhkan biasanya 1 jam. Nikmati hafalan antum😊
  4. Maksimalisasi menggapai target hafalan dengan menambah hafalan, karena akan diuji kan pada pekan-pekan pertama bulan Juli. 😱
  5. Mohon Ridho ortu utk bs mengeksekusi 3 poin diatas sekaligus izin ortu agar dpt mengisi hari2 di masjid dgn i'tikaf: memperbanyak dzikir,  interaksi dgn Quran, berdoa dan memohon ampun atas dosa2 kepada Allah.
Demikian. Semoga ritme qt terjaga. Dari Ramadhan menuju pribadi yg Muttaqin, serta lebih baik dari sebelumnya. 

Adapun instruksi khusus jelang akhir Ramadhan adalah sebagai berikut:

Instruksi Khusus Santri RQ STAN
  1. Ampunan Allah janjikan bagi mereka yang shiyam dan qiyam, "Ghufiralahuu maa taqaddama min dzambik." Syaratnya iman wahtisaban: dgn iman dan mengharap pahala Allah.
  2. Ahlul Quran memiliki potensi dosa besar sebagaimana hadits Riwayat Muslim dgn penggalan," Dihadapkan seseorang yg alim/berilmu dan qori'/pembaca Quran lalu bersaksi terhadap amalnya tersebut. Namun, Allah berkata: kadzabta... Engkau Bohong. Engkau mencari ilmu agar disebut Alim, membaca Quran agar disebut qori', dan Engkau telah mendapatkannya." Maka kemudian diseretlah ia ke neraka.
  3. Untuk itu, marilah kita fokus memohon ampun kepada Allah atas amal kita selama ini sebagai santri RQ STAN, sebagai penghafal Quran, sebagai muwajjih/pengajar Quran.
  4. Mari kita luruskan niat selagi kita masih bisa meluruskannya di dunia. Dan memohon ampun kepada Allah.
  5. Perbanyak lafazh doa: Allahummaa innaka afuwwun karim, tuhibbul afwaa fa'fu 'annaa yaa Kariim.
  6. Memohon Allah agar Ramadhan ini impactful: meninggalkan jejak semangat totalitas dalam berinteraksi dgn Qur'an selepas Ramadhan. Dengan impact yang lebih powerful daripada Ramadhan2 sebelumnya.  Salah satu contohnya: agar kita bisa menghafal sekaligus menjaga ayat Qur'an lebih banyak daripada sebelum Ramadhan ini. Agar Allah lebih berkahi waktu2 kita.



πŸ”₯ Semoga bermanfaat
πŸ”₯ Allahummarhmanaa bil Qur'aan

πŸ”₯ Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan



πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–


======================
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_

Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |