Home » » Keriuhan yang Terlewat (Maret - Awal Mei 2019)

Keriuhan yang Terlewat (Maret - Awal Mei 2019)

Penulis : rumah quran stan on Sabtu, 01 Juni 2019 | 22.01.00

Rihlah RQ seIndonesia, 7 Maret 2019 
Banyak yang terlewat dari agenda RQ STAN untuk dilaporkan di website ini. Namun, semoga dalam setiap malam-malam romantis kita bersama Allah di asyrul awakhir Ramadhan 1440 H ini, tak boleh ada kata terlewat. Tak boleh ada yang tertidur, terkenyangkan, apalagi teralihkan fokus kita. Tak ada teman yang lebih setia di momen pengakhiran Ramadhan ini, selain Al-Qur'an dan masjid. 

Allahummaa innaka afuwwun tuhibbul afwaa fa' fu'annaa...

Kembali ke apa-apa yang terlewat di website ini, berikut rinciannya:

1. Rihlah
Rihlah RQ STAN tahun lalu ke Ragunan. Adapun tahun ini, manajemen RQ STAN meluaskan cakupan rihlah dengan mengikut agenda RQ Pusat Daarut Tarbiyah, tertanggal 7 Maret 2019 (tanggal merah), bertempat di Agrowisata Gunung Mas, Puncak. Melalui pertimbangan resource dan waktu yang dimiliki RQ STAN, maka rihlah bersama RQ Pusat dirasa akan lebih efektif, efisien, serta memberikan impact yang maksimal. Apalagi, ukhuwah bersama RQ Pusat perlu makin dijalin mengingat RQ STAN merupakan RQ cabang yang cukup jauh dari pusat. Berikut foto-foto rihlah:











2. Re-manage Santri Sosial RQ STAN
Pada awalnya, terdapat 19 santri sosial RQ STAN. Jumlah ini terbanyak sejak dicanangkan sebelumnya. Ternyata setelah disisir ulang, jumlah santri yang layak dibantu ada 23, mempertimbangkan perilaku konsumsi, pertimbangan sesama santri, hingga pengajuan surat keterangan tidak mampu dengan beberapa lampiran. Akhirnya, jumlah 23 santri ini sejak Maret 2019 dibantu oleh dana sosial RQ STAN (bertambah 4 santri).

Pada awal ditambahkannya jumlah santri sosial ini, manajemen sempat ragu. Akankah dana sosial menyedot dana operasional RQ STAN? Namun, bi idznillah, ketika kami mensharingkan ke grup alumni santri RQ STAN yang sudah bekerja, banyak donator mendaftarkan diri sebagai kakak asuh. Alhasil, keseluruhan dari 23 santri tersebut sudah memiliki kakak sejak Maret 2019, dengan nominal bantuan yang berbeda-beda (minimal 400.000 per bulan per santri). 

Semoga dengan pengelolaan yang lebih baik ini, banyak mahasiswa kurang mampu dapat dibantu dari sisi ekonomi, juga dari sisi spiritual sekaligus. Kelak, mereka adalah calon donator untuk santri social berikutnya, in syaa Allah. Sembari memberikan perform terbaik di negeri ini dengan hidup penuh berkah bersama Al-Quran.

3. Dauroh untuk Musyrif RQ STAN
Telah diikutkan musyrif-musyrif RQ STAN dalam dauroh Quran. Walaupun belum dapat seluruh musyrif berkontribusi, namun tetap dimunculkan agenda bertajuk knowledge sharing agar semangat yang hadir dalam dauroh tersebut dapat dibagi kepada sesama musyrif. Dan tentunya, agar kapasitas musyrif dalam menghandel santri RQ dapat meningkat seiring dengan kebutuhan continuous improvement organisasi. Dua dauroh tersebut adalah:
  1. Dauroh Quran Nasional  1-3 Maret 2019 di Masjid Al-Hikmah Mampang Jaksel, ditugaskan ustadz Sugeng Purwanto dan ustadzah Anis Purwanti;
  2. Dauroh Mukhayyam Quran Banten 15-17 Maret 2019 di Lebak, Banten, ditugaskan perwakilan manajemen RQ STAN.

4. Kajian Khusus RQ
RQ STAN kalau bikin kegiatan, sering mengundang pihak eksternal, atau paling tidak close-recruitment untuk yang sudah bagus tahsinnya saja (contoh: Tahfidz Camp atau Mabit Akhir Tahun). Nah, kali ini, kajian khusus ditujukan untuk santri saja, lebih close, lebih merajut ukhuwah, lebih menguatkan, lebih memberi terasa impactnya, lebih memberi efek positif. Berikut realisasi kajian khusus di sekitar bulan April 2019:
  1. Kajian Khusus Akhwat: Tauhid kepada Allah, pada Ahad malam 17 Maret 2019, bertempat di Asrama RQ ANNUR Akhwat (kediaman Pak Suwardi, lantai 2);
  2. Kajian Khusus Akhwat: Tips Menghafal Menyenangkan, pada Ahad malam 21 April 2019, bertempat di Asrama RQ Ceger;
  3. Kajian dan Mabit Khusus Ikhwan: Sharing Sahabat Karib (Komunitas Anti Riba, Blora), pada Jumat-Sabtu, 26-27 April 2019, bertempat di Masjid An-Nur;
  4. Kajian dan Mabit Khusus Ikhwan: Workshop Maqamat Murattal + Sharing Persiapan Imam Tarawih, pada Sabtu-Ahad, 4-5 Mei 2019, bertempat di Masjid An-Nur.



🔥 Semoga bermanfaat
🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |