Home » » Tahfidz Liburan Akhir Tahun 2018

Tahfidz Liburan Akhir Tahun 2018

Penulis : Ruqun Stan on Jumat, 11 Januari 2019 | 16.39.00

Jelang akhir tahun 2018, RQ STAN menyelenggarakan sebuah agenda dadakan memanfaatkan cuti bersama yang disambung libur tanggal merah. Sabtu-Selasa, 22-25 Desember 2018.

Dadakan dikarenakan perencanaan hanya sekedar ketersediaan musyrif. Musyrif tidak pulang kampung maka jalan. Namun, akhirnya compang-camping karena ternyata panitia lah yang kurang tersedia. 😅

Agenda dirancang untuk eksternal. Maka, santri RQ tidak diwajibkan. Eh, ternyata banyak santri RQ yang turut hadir, bahkan beberapa dari alumni RQ STAN. Pendaftar sebanyak 68 diseleksi, hadir di TKP sejumlah 40-an yang meliputi 2 program:

1. Program takhasus
4 hari target 1 juz: meliputi mabit di jumat malam, lalu 3 hari selepasnya berjalan dari pagi s.d. sore di masjid an-Nur untuk menghafal dan setoran. Alhamdulillah ada 1 musyrif dan 1 musyrifah yang bertugas. Tidak termasuk malam hari.

2. Program reguler
4 pagi target 1/2 juz: meliputi mabit di jumat malam, lalu 3 hari selepasnya berjalan dari pagi s.d. pkl 09.00 di masjid an-Nur untuk menghafal dan setoran. Alhamdulillah ada 3 musyrif dan 3 musyrifah tambahan yang bertugas. Tidak termasuk malam hari.


Agenda diawali dengan talkshow yang dibuka untuk umum. Wah sayangnya, kegiatan gagal terdokumentasi karena panitia yang terbatas (maklum jumat malam masih hari kerja)


Selanjutnya, berikut foto-foto kegiatan. Setiap pagi dan siang ada makan sesuai peruntukan programnya (pagi: reguler+takhasus, siang: takhasus saja).

ngeteh pagi sambil nunggu antrian

menghafal di atas karpet

Ketika ada pos yang kosong, santri pun mendekat ke musyrif utk setoran

Kunci kegiatan ini adalah lembar mutabaah yang slalu bertambah bila ada setoran

3 teller... eh maksudnya 3 musyrif membuka setoran, yang lain antri sambil menghafal

sesi motivasi sore sebelum ditutup (masih lanjut hari berikutnya)

satu-satunya peserta dr kalangan SMA

makan tidak ada di rundwon tapi menjadi tumpuan utama kegiatan

sesi penutupan berupa review kegiatan dan pengisian form evaluasi

peserta sudah pada pulang baru keinget foto bareng, jadinya kelihatan kurang peserta deh hehe

Evaluasi
Hasil statistik di bawah ini diperoleh dari form evaluasi online santri yang terakhir ikut penutupan. Terlihat jumlah takhasus 19, reguler 20 = 39. Dari statistik, program sebetulnya kurang berhasil memenuhi target 4 hari 1/2 juz atau 4 hari 1 juz.

Secara keseluruhan, capaian target ziyadah dan setoran juga masih di angka 36% dan 63% untuk takhasus dan 63% dan 76% untuk regular. Masih jauh dari 100% bila seluruh santri sanggup menambah dan menyetorkan sesuai target.


Namun demikian, hal tersebut berbeda dengan pandangan peserta. Mereka ternyata bahagia bisa mengikuti agenda tersebut. Nyaris semua peserta memberikan testimoni positif, di antaranya:

Program ini membuat saya terpacu untuk menghafal Al-Qur'an sekaligus memperbaiki bacaan saya. Musyrifah nya juga baik, ketika hafalan saya banyak salah para musyrifah dengan sabar memperbaikinya sambil memberikan motivasi.


Alhamdulillah senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini. Saya terbilang lemah dalam hal menghafal dan hafalan, tapi adanya Quran camp membuat saya sangat termotivasi untuk bisa terus belajar dan menghafal dengan benar. Semua fasilitas yang diberikan oleh panitia sangat baik dan saya sangat berterimakasih.

Secara keseluruhan Program sudah bagus, tempatnya nyaman, musyrifahnya baik-baik, dan konsumsinya joss.



Dan ternyata nilai rata-rata program ini berdasarkan hasil review peserta adalah: 8,56 😀


Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'aan

Rumah Quran STAN
================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
💌 gg.gg/infoDonasiRQSTAN
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |