Home » » FHQ MBM Tampil Beda di 2018

FHQ MBM Tampil Beda di 2018

Penulis : Ruqun Stan on Minggu, 02 Desember 2018 | 23.50.00

FHQ atau Forum Halaqah Quran merupakan hajatan yang melibatkan LDK Masjid Baitul Maal PKN STAN dengan Rumah Quran STAN. 

FHQ MBM - Angkatan 1 dan 2
FHQ di MBM sejatinya pertama kali hadir pada tahun 2015, namun baru mampu menyelesaikan seluruh kurikulumnya pada angkatan kedua, yakni yang bermula di akhir Januari 2016. Mengadopsi kesuksesan FHQ An Nashr, kegiatan halaqah pekanan bertemakan tahsin ini saat itu, mampu menarik minat ikhwan sebanyak 15 kelompok, sedangkan akhwat 16 kelompok. Bila direratakan 10 per kelompok, maka jumlah santri FHQ saat itu (15+16)x10 = kira-kira 310 santri. Info lengkap disini.

FHQ MBM - Angkatan 3
Maret 2017, FHQ memasuki angkatan ke-3-nya. Saat itu jumlah pendaftar masih di kisaran angka 300-an, yakni 169 ikhwan dan 183 akhwat (jumlah sudah terdokumentasikan nih ye). Saat itu, Rumah Quran STAN mulai keteteran. Pasalnya, jumlah stok pengajar dari kalangan santri RQ sangat terbatas. Namun, begitu mengetahui jumlah peserta membludak, banyak pengajar bersemangat tuk mengajar dua hari, Sabtu dan Ahad sore. Syukur Alhamdulillah. Alhasil jumlah pengajar di hari jelang starting kegiatan mencukupi, baik dari kalangan santri RQ maupun luar RQ. Info lengkap FHQ 2017 ada disini.


FHQ MBM - Angkatan 4 + Tahsin Clinic
Tahun 2017 lalu, FHQ episode 4 berlanjut kembali di semester awal perkuliahan PKN STAN, sekitar September 2017. Terdokumentasi di Instagram Masjid Baitul Maal, saat itu FHQ memang sengaja diakhirkan di UAS semester 1. Adapun pada semester 2-nya, FHQ lebih difokuskan ke bulan Ramadhan 1439H (tahun 2018 M) dalam tajuk milenialis, yakni Tahsin Clinic. Sedikit sumber FHQ September 2017 ada disini.

***





FHQ MBM - Angkatan 5
Sejarah dari FHQ MBM 1, 2, 3, dan 4 tersebut masih terhitung normal, hingga akhirnya hadir FHQ ke-5 pada November 2018 yang sedikit tidak normal. Di mana tidak normalnya? Kami himpun pada 4 poin berikut:
  1. Jumlah peserta jauh membludak, yaitu 140 ikhwan + 357 akhwat, sehingga tertotal = 497, nyaris 500 peserta. Dapat dilihat dari tahun-tahun sebelumnya bahwa trend ternjomplang ternyata lantaran melejitnya jumlah akhwat yang mendaftar. Padahal jumlah ikhwan masih normal saja dari tahun-tahun sebelumnya.
  2. Alhasil, ketidaknormalan yang pertama membuat manajemen RQ dan panitia FHQ melakukan maneuver, terutama mengelola pengajar Quran dari kalangan non-RQ secara lebih intensif. Yang kedua adalah memanggil para senior turun gunung, terutama dari alumni STAN yang sewajarnya sedang menunggu penempatan dan masa-masa OJT/magang.
  3. Lokasi FHQ kali ini lebih variatif, tak lagi hanya di MBM walaupun namanya FHQ MBM. Terjadwal oleh panitia, Sabtu sore di MBM dan di lain tempat: Ahad sore di Masjid An-Nur PJMI. LDK MBM saat ini memang sedang berusaha menjalin jumper dakwah ke lokasi kos mahasiswa PJMI, melalui aksi ekspansi dakwah wilayahnya. Nah, salah satu bentuk ekspansi tersebut adalah melalui FHQ. 
  4. Tak kalah berbedanya dari tempat adalah durasi FHQ. Kali ini, durasi melipir di 2 semester. FHQ hadir di pasca UTS 1 (terlewat 2 bulan dari awal kuliah) sampai dengan UTS 2, artinya FHQ hadir di 2 semester perkuliahan.
Empat hal inilah yang membuat FHQ tampil beda di 2018. Selain itu, konsep FHQ secara umum masih sama dengan statistika yang kurang lebih adalah sebagai berikut:
  • Jumlah pengajar ikhwan   : 14-15 ikhwan (cadangan 1-2)
  • Jumlah pengajar akhwat   : 25 akhwat (cadangan 1-2)
  • Jumlah peserta ikhwan    : 140 peserta
  • Jumlah peserta akhwat    : 357 peserta
  • Leveling tahsin        : Pratahsin, Tahsin 1, dan Tahsin 2
  • Jumlah halaqah Sabtu    : 8 ikhwan, 19 akhwat
  • Jumlah halaqah Ahad    : 7 ikhwan, 14 akhwat
  • Silabus yang dipakai    : 11 pertemuan (termasuk ujian)
  • Buku modul        : Jilid 1, 2, 3 Buku Utsmani, Ustadz Efendi Anwar
Mohon doa pembaca semua, agar FHQ ini lancar. 10 pertemuan dapat dilalui dengan tuntas bersama para perindu Quran dari kalangan mahasiswa STAN

Allahummarhamnaa bil Qur’aan


Plus - Plus Foto2 FHQ di Masjid An-Nur PJMI






Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |