Home » » Dua Siklus

Dua Siklus

Penulis : Rumah Quran STAN on Senin, 31 Desember 2018 | 16.32.00

Allah telah menciptakan banyak siklus untuk membuat kita nyaman hidup.

Siklus air hujan, membuat kita merasakan segarnya air hujan yang berulang-ulang Allah turunkan. 
"Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya ... (QS An Nahl: 65)"

Siklus rotasi bumi, membuat kita merasakan beralihnya siang dan malam, juga seolah bergeraknya matahari, bulan, dan bebintangan.
"Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan... (QS Fathir: 13)"

Siklus makanan, membuat kita tak habis-habis merasakan kecukupan makanan.
“Maka cobalah memandang manusia kepada makanannya. Sesungguhnya telah kami curahkan air securah-curahnya. Kemudian kami lunakkan bumi seluluk-luluknya. Maka kami tumbuhkan padanya benih-benih makanan. Dan anggur dan sayur-sayuran. Dan buah zaitun dan kurma. Dan kebun-kebun yang subur. Dan buah-buahan dan rumput-rumputan. Akan bekal bagi kamu dan ternak kamu” (QS Abasa: 24-32)

Siklus tubuh: Mulai dari siklus pernapasan, siklus pencernaan, siklus peredaran darah, siklus pertahanan, siklus berpikir dan merespon, semua hal yang terjadi secara berulang-ulang, menjadi manfaat maksimal bagi kehidupan, serta telah diatur secara sempurna oleh Allah. Tentunya masih banyak lagi siklus-siklus ciptaan Allah di sekitar kita.

Atas nikmat-nikmat Allah yang tak terhitung tersebut, kita diberi Allah kewajiban untuk secara terus menerus melakukan siklus berikut ini:

♻ Siklus Sholat 5 Waktu ♻ Siklus Zakat ♻ Siklus Puasa ♻ Siklus Haji (eh kalau yang ini tidak perlu tersiklus)

Namun, yang membedakan mereka dengan para Ahlullah-Ahlul Qur'an adalah setidaknya memiliki 2 siklus tambahan. Yuk kenalan dengan 2 siklus tersebut:

♻ Siklus Tilawah
Siklus ini menggambarkan interaksi membaca kitab Qur'an yang tersiklus setiap harinya, lanjut dari juz 1 berurutan sampai juz 30, lalu kembali lagi ke juz 1 dan begitu seterusnya. Hm... Buat santri RQ berkisar antara 2 juz (periode tahfidz) s.d. 3 juz (periode tahsin) per hari. Namun, untuk kita-kita yang tidak sedang on-mission cukup 1 juz per hari.

3 juz per hari selain dalam rangka tujuan utamanya menggapai ridha Allah, juga berfungsi untuk membiasakan lisan dalam melafalkan ayat Qur'an sesuai tajwid yang benar. 2 juz per hari selain juga demi ridha Allah, juga berfungsi sebagai penguat ruhani karena sedang menjalani misi hafalan minimal 3 juz per tahun. Begitulah anak RQ STAN dalam memegang tampuk amanah santri RQ.

Nah, adapun yang 1 juz per hari, setidaknya inilah standar minimal bagi muslim yang ingin merasakan indahnya Islam dan manisnya keimanan. Setidaknya 1 juz ini berkontribusi selain dalam rangka meraih ridha Allah dan mendekatkan diri kepada Allah, juga memantik sensitifitas hati untuk dapat selalu dekat kepada kebaikan dan terjauhkan dari keburukan, atas izin Allah.

♻ Siklus Murajaah
Siklus ini menggambarkan interaksi memfasihkan hafalan Qur'an yang tersiklus setiap harinya, lanjut dari awal hafalan sampai akhir hafalan, lalu kembali ke awal begitu seterusnya. Hm... Standarnya adalah setiap hari difasihkan 10% dari hafalan. Misal nih:

hafalan kita 1 juz/20 halaman, sehari dimurajaah 2 halaman.  
hafalan kita 2 juz/40 halaman, sehari dimurajaah 4 halaman.  
hafalan kita 3 juz/60 halaman, sehari dimurajaah 6 halaman.  
hafalan kita 4 juz/80 halaman, sehari dimurajaah 8 halaman.  
hafalan kita 5 juz/100 halaman, sehari dimurajaah 10 halaman/setengah juz. 
(sumber: training menghafal Ustadz Ahmad Jaaze)

Bila terkendala ketersediaan waktu, paling tidak hafalan kita tersiklus, hm... mentok-mentoknya sebulan sekali. Bila ia tersiklus, pada umumnya hafalan akan terjaga, karena ada pola pembiasaan untuk senantiasa "berkenalan kembali" dengan hafalan kita terdahulu.

Ya Allah jangan jadikan kami lalai dari hafalan kami, lantaran kemaksiatan kami kepada-Mu
Ya Allah bantu kami tuk jaga hafalan kami, agar ia selalu ada, agar ia tidak hilang
Karena hilangnya ia, kami khawatiri juga merupakan bentuk kemaskiatan kepada-Mu
Ya Allah tolonglah kami untuk menjalankan dua siklus ini, sebagai bentuk kecintaan kami kepada-Mu...

Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'aan

Rumah Quran STAN================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_

Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |