Home » » RQ STAN - Rumah Bagi 18 Santri Sosial (Atau Lebih?)

RQ STAN - Rumah Bagi 18 Santri Sosial (Atau Lebih?)

Penulis : Ruqun Stan on Rabu, 10 Oktober 2018 | 23.46.00


Tahun 2017 adalah tahun perdana diluncurkannya program sosial Rumah Quran STAN. Saat itu, kami memberlakukan syarat masuk RQ berupa surat keterangan tidak mampu dan juga secara personal dilakukan profiling agar terinformasi seberapa besar ketidakmampuan santri. Alhasil diketemukanlah dari seluruh santri RQ STAN saat itu: 9 santri sosial, yang kemudian difilter menjadi 8 santri. Dari 8 ini, kami melakukan beberapa upaya:
  1. membebaskan santri sosial dari biaya program RQ (santri tetap belajar dan ngekos secara gratis),
  2. merahasiakan jatidiri dan status santri sosial kepada seluruh santri, baik tetap maupun PP. 
  3. mempersamakan pembelajaran Qur’an bagi seluruh santri, tanpa diskriminasi.
  4. memutabaah dan mendorong santri sosial secara personal agar hasil pembelajaran tahsin dan tahfidz lebih optimal.
  5. dan yang paling penting: membuat sebuah proposal khusus yang hanya diperuntukkan bagi para dermawan yang berminat memberikan donasi sosial.

Alhamdulillah, Allah memberikan jawaban melalui aksi para pejabat di Kementerian Keuangan yang terketuk hatinya untuk memberikan donasi. Bukan saja membantu, malahan juga mencarikan jaringan/mengajak pejabat-pejabat lain agar dapat diberikan kucuran dana sosial secara rutin. Walaupun follow up-nya baru tercapai di Ramadhan 1439H dan 3 bulan setelahnya, Alhamdulillah santri sosial sangat terbantu. Kami mengirimkan foto dan laporan agar penyaluran donasi dapat dipertanggungjawabkan.

Tahun 2018 ini, kami mulai kembali. Membuka keran sosial serta mengeksekusi 5 langkah di atas sebagaimana tahun 2017. Namun, tiba-tiba kami terbelalak. Jumlah terkategori santri sosial ternyata di luar dugaan, 18 orang. Jauh melebihi ekspektasi kami. Maka, kami tetapkan standar minimal terlebih dahulu. Yang penting mereka sudah terbantu dari sisi biaya "papan" untuk belajar di Kampus PKN STAN. Tinggal kemudian untuk biaya pangan dan sandang, kami perlu memeringkatkan apabila ternyata dana sosial yang disalurkan terbatas.

***

Belum selesai disitu perjalanan "aksi sosial" RQ STAN. Dalam menjalankan bahtera program RQ STAN, kami memberlakukan masa tenggat waktu pelunasan biaya program bagi non-santri sosial adalah 10 Oktober 2018. Namun, ternyata sampai batas waktu tersebut, tingkat keterlunasan biaya program santri RQ STAN baru mencapai 76,13%. Beberapa santri meminta keringanan, bahkan ada sekitar 10 santri tetap reguler (di luar santri sosial) yang belum mampu melunasi biaya program tinggal santri tetap yang kira-kira hanya 1/3 dari harga pasaran kosan di sekitar kampus.

Kami dari manajemen RQ STAN kemudian berpikir. Apakah lebih banyak lagi santri "kurang mampu" yang memang terlanjur berniat menggantungkan biaya papannya kepada RQ STAN. Lebih dari 18 yang sudah kami labeli sosial? Ah, tentunya bila pun demikian, mereka bisa jadi lebih iffah dan qonaah saja -yang perlu kami husnudzoni- . Semoga kami mampu menggubah dan mengalihkan niat "ringannya" biaya tinggal di RQ STAN ini dengan niat untuk belajar Qur'an sebagaimana visi misi RQ STAN.

Ya Allah, kuatkanlah niat santri-santri RQ untuk menjadi penghafal dan pengajar Qur'an. Capaikanlah niat mereka ya Allah, ke dalam arus niat yang bertahtakan pahala berlimpah. Capaikanlah visi mereka ya Allah, tuk menjadi sebagaimana visi misi RQ. Penghafal dan pengajar Qur'an dimanapun mereka berada kelak. 

Duhai jiwa-jiwa yang lembut hatinya, yang terketuk tuk membantu santri sosial RQ STAN, kami baru akan izinkan untuk mengetahui seluk beluk profiling ke-18 santri sosial kami, apabila sekiranya bersedia menjadi donatur sosial, hanya dengan menghubungi PIC donasi kami: 

PIC donasi sosial RQ STAN: gg.gg/CPbeasiswasantrisosial

form donasi sosial RQ STAN: gg.gg/DonasiSosialRQSTAN

Semoga Allah beri kekuatan bagi kami untuk istiqomah mendorong aspek sosial Rumah Quran STAN. Semoga pula santri-santri sosial kami dimudahkan untuk bertemu dengan orangtua asuh, kakak asuh, atau siapa saja yang berkenan membantu baik rutin maupun insidentil.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa min ahlil Qur’aan

Rumah Quran STAN
================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |