Home » » Partner Rumah Quran STAN 2018

Partner Rumah Quran STAN 2018

Penulis : Ruqun Stan on Senin, 01 Oktober 2018 | 01.32.00


"Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh (QS Ash Shaff 4)"

"Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (QS Muhammad 7)"

Sebagai organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial dan dakwah Qur'an, tentu RQ STAN perlu bekerja sama dengan berbagai pihak demi memuluskan visi misinya. Bila pada 2016 lalu, kami telah menjalin ukhuwah dan sinergi dengan kolega sebagaimana tercantum pada artikel sebelumnya berikut ini, maka di tahun 2018 ini, masya-Allah, sungguh kami ternyata sudah lebih jauh lagi bekerja sama dengan pihak-pihak yang tidak terbayangkan sebelumnya. Walaupun mungkin di antaranya masih belum ada output secara langsung. 

1. Rumah Quran Daarut Tarbiyah
Ia adalah induk RQ STAN. Ia adalah nyawa yang telah ditiupkan ke dalam jiwa RQ STAN. Ia adalah tempat kami mencari sandaran, baik secara program maupun SDM. Tahun lalu, ustadzah Nia hadir sebagai musyrifah sebagai penugasan dari RQ Daarut Tarbiyah. Tahun lalu, kami belajar bersama mengelola manajemen RQ juga dari induk kami ini. Bahkan tahun ini kami masih mengirimkan wisudawan ke RQ Depok pada Ramadhan lalu. Maka, kami di tahun 2018 ini berharap tetap menjadi bagian dari RQ Daarut Tarbiyah, serta dibekali kapasitas dan kesempatan untuk mengelola RQ takhasus yang masih dalam rancangan blue print kami ini.

Walau ustadz Fadlil Usman Baharun Allahuyarhamhu telah mendahului kami, sungguh semangatnya masih hidup di sela-sela kesibukan RQ STAN. Setiap opening RQ, kami juga slalu menyetel video tausiyah beliau. Masya-Allah, lembaga ini sudah besar sekali, membina pesantren tahfidzul Qur'an, mengekspansi program dengan Taman Quran (setaraf TK), meluaskan jaringan ke berbagai kampus-kampus sekitar, membentuk RQ-RQ kampus, seperti IPB, STIS, UIN, LIPIA, bahkan kalau tidak salah, sudah sampai ke kampus kota Palembang. Sejak 2011, RQ Daarut Tarbiyah menjadi induk bagi RQ STAN, di tahun 2018 ini pun kami tetap menjadi bagian dari RQ Daarut Tarbiyah.

Semoga Allah selalu jaga keistiqomahan lembaga ini dan dapat slalu bersinergi dengan RQ STAN.

2. MBM - Lembaga Dakwah Kampus PKN STAN
Patut diniscayai, karena RQ hadir di kampus PKN STAN, kemudian juga menempati satu area khusus di belakang masjid kebanggaan kampus ini, dengan lahirnya sejak tahun 2015: RQ MBM. Maka, setiap kegiatan RQ STAN, hampir selalu bersinergi dengan MBM, di antaranya:
  • SDM RQ MBM adalah jajaran staf Divisi Rumah Tangga/Dewan Kemakmuran MBM. Maka, pengelolaan masjid, pemeliharaan dan peminjaman aset, dan mengelola gedung HCQ yang diprospek menjadi pesantren mahasiswa ini, adalah tugas dari para santri RQ MBM.
  • Kerjasama RQ STAN dengan MBM terkait program tahsin mahasiswa berupa FHQ MBM. Bertajuk Bekicot (Bersama Kita Coba Taat), RQ STAN akan berupaya menyediakan kurikulum, membimbing musyrif dari kalangan mahasiswa/i PKN STAN, dalam dukungannya terhadap halaqah tahsin-tahfidz kampus yang bersifat pekanan ini.
  • Mentoring sebagai Penguatan Ruhani Santri RQ dan Mahasiswa Secara Umum. Tahun 2018 adalah tahun pe-rapi-an sinergi penguatan mental mahasiswa/i bertajuk mentoring. RQ dan pengelola mentoring saling menguatkan agar tercipta sumber daya insan yang Qurani dan terbina kafaah Islamnya secara optimal.
  • Kerjasama program insidental RQ, berupa kajian, mabit, dan lain-lain.

3. DKM An-Nur
Sebelumnya pola kerjasama bersama An-Nur adalah bertajuk RUKUN (rumah keluarga Qur'an). Kali ini, polanya sedikit berubah, dengan munculnya insiatif unik dari 2 jama'ah masjid. Rumah kedua jama'ah ini ingin ditinggali santri. Akhirnya kami pun setuju. 4 santri putri tinggal di RQ AnNur putri, 4 santri putra juga tinggal di RQ AnNur putra. Selain lokasi tinggal, DKM An-Nur telah banyak membantu program RQ STAN, di antaranya:
  • Kerjasama mabit dan qiyamul lail, dimana setiap QL acara RQ STAN, warga diikutkan dalam shalat malam. Walaupun sebetulnya ada kajian di awal malamnya.
  • Kerjasama kegiatan-kegiatan insidental RQ STAN di masjid An-Nur seperti opening ta'aruf RQ STAN, akhirussanah RQ STAN, lokasi Tahfidz Camp, dan juga menjadi lokasi paling favorit untuk ujian tahsin RQ STAN.
  • Kerjasama program tahsin bakda magrib dengan aktornya adalah santri RQ PJMI yang mengajarkan putra-putri warga tahsin Qur'an.
  • Kerjasama menjaga masjid, tatkala masjid sepi dan perlu dilakukannya piket tinggal di masjid beberapa waktu sebelumnya.
  • Kerjasama musyrif RQ STAN membina program tahsin bapak-bapak tiap Ahad malam bakda Isya.
  • Kerjasama program Ramadhan di An-Nur dengan santri RQ PJMI membantu penyediaan buka, menjadi MC tarawih, dan dalam memakmurkan malam-malam Ramadhan.
  • Kerjasama santri RQ tinggal di kamar masjid sebagai marbot pelapis. Untuk yang satu ini, masih belum berjalan karena kamar belum siap ditinggali, juga belum disiapkan santri untuk ditugaskan. 
  • Intinya, aktor kerjasama dengan DKM ANNUR adalah santri RQ PJMI bersama musyrif ustadz M Hasan yang saat ini telah diangkat sebagai imam tetap masjid.

4. Yayasan Ta'awun
RQ Ta'awun lahir dari sinergi antara RQ STAN bersama yayasan Ta'awun. Namun, karena lokasi yang cukup menyulitkan santri RQ ke kampus PKN STAN, maka RQ Ta'awun hanya bersifat sementara. Ia hanya tinggal selama 2 bulan di rumah pembina RQ Ta'awun. Namun demikian, yayasan Ta'awun berupaya untuk tetap bekerjasama dengan RQ STAN terkait program tahfidz khusus. Berharap sarana-prasarana mereka dapat membantu RQ STAN. Dan kami pun juga berharap sarana yang dimiliki Ta'awun dapat mendukung visi misi RQ STAN. Oleh karena itu, saat ini sedang dirancang model kerjasama seperti apa yang cocok: berupa sinergi antara yayasan RQ STAN (yang akan dibuat nanti) dengan yayasan Ta'awun.

5. DKM Al-Ihsan
Beberapa waktu lalu, RQ STAN dan segelintir santri sowan ke Masjid Al-Ihsan di Pondok Safari bagian Dalam. Menjawab undangan dari ketua DKM, kami berusaha membantu, yakni dengan menempatkan santri alumni ke masjid yang dekat dengan kantor kelurahan tersebut. Akan tetapi kerjasama belum dapat terjalin. Santri RQ merasa jauh dari kampus. Walaupun kamar sudah direnovasi dan disiapkan, RQ STAN belum dapat menjawab permintaan masjid ini. Semoga Allah mudahkan sinergi ini ke depannya.

6. FHQ An-Nashr
Kerjasama yang sudah berkurang namun tidak hilang adalah dengan FHQ An-Nashr. Saat ini, sudah hampir tidak ada santri RQ yang mengajar Qur'an di sana. Namun, musyrif/ah dan segelintir manajemen RQ masih ada yang membantu mengajar di hari Sabtu/Ahad pagi di lembaga dakwah Qur'an yang per 22 September lalu resmi pindah sementara ke Masjid Raya Bintaro Jaya ini.  

Ada satu kerjasama menjanjikan di masa depan dengan FHQ An Nashr ini. Sang Mudhir, ustadz Imam Al-Faruq yang telah merintis FHQ-FHQ di berbagai belahan nusantara diharapkan dapat bekerjasama dengan alumni santri yang penempatan daerah untuk membuat FHQ-FHQ baru.

Saat ditulisnya artikel ini, beberapa alumni santri ditempatkan secara definitif pasca-lulus PKN STAN di Ambon, Samarinda, Manokwari, dan Bima. Kami sempat berkomunikasi dengan mudhir FHQ barangkali sudah ada FHQ di sana. Kalau pun belum ada, kami meminta doa supaya kelak santri-santri inilah yang merintis dakwah Quran bermodelkan FHQ di sana. Semoga Allah memudahkan cita-cita bersama ini...

7. FHQ Ar-Ridho
FHQ Ar-Ridho adalah cabang FHQ An-Nashr yang dikelola di lokasi yang masih satu komplek dengan RQ Granada. Saat ini pengajar ikhwan dari FHQ Ar-Ridho lebih dari 50% dari RQ STAN, baik musyrif maupun santrinya. Agenda FHQ ini tiap Ahad pagi bakda Subuh sehingga sangat cocok bila santri mahasiswa PKN STAN membantu kegiatannya. Harapannya, kerjasama ini terus berlanjut dan terus berkembang sehingga banyak santri yang mengaktualisasi diri menjadi kupu-kupu yang terus menebar manfaat ke tiap penjuru. 

Selain itu, Ar-Ridho juga telah 2 kali menjadi langganan lokasi favorit Tahfidz Camp karantina 3 hari 1 juz menghafal.

***

Semoga kerjasama ini semua berbuah syurga, karena memperbanyak kerjasama berarti menggali dan merintis saksi-saksi baru kebaikan untuk dijadikan argumentator kami di akhirat nanti. Tentu sembari syafaat dan hujjah Qur'an kami tunggu-tunggu pula di hari berbangkit kelak T_T
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |