Home » » Rangkaian Pembukaan Program RQ STAN 2018-2019

Rangkaian Pembukaan Program RQ STAN 2018-2019

Penulis : Ruqun Stan on Minggu, 30 September 2018 | 22.21.00

Inspiring with Qur'aan - MBM, 8 Sept 2018
Alhamdulillah. Rumah Quran STAN berganti periode. Kali ini sudah memasuki angkatan ke-VIII. Sejak berdirinya di tahun 2011, RQ STAN semula berkapasitas 2 rumah (ikhwan+akhwat) dengan rerata santri berjumlah 24 orang. Tahun 2018 ini, RQ STAN sudah menampung 85 santri (tetap dan pulang pergi/PP) dengan lokasi tersebar di 6 tempat:


Ikhwan:
1. RQ Ta'awun sementara: 10 santri tetap + 2 santri PP

2. RQ PP-PJMI: 11 santri PP + 4 santri PP khusus (tinggal di rumah jama'ah masjid An-Nur)

3. RQ MBM: 11 santri tetap + 5 santri PP
Akhwat:
1. RQ Ceger: 11 santri tetap
2. RQ Granada: 11 santri tetap
3. RQ Naimin: 13 santri PP + 3 santri tetap + 4 santri PP khusus (tinggal di rumah jama'ah masjid An-Nur)

Membuka angkatan RQ STAN ke-VIII yang berisi rutinitas tahsin dan tahfidz selama setahun ke depan, RQ STAN menggelar beberapa agenda berikut:


1. Qur'an Camp
Ia adalah ajang lari yang menentukan ritme lari seseorang. Sebagaimana lari di awal adalah beban tersulit dibandingkan lari-lari berikutnya

Ia adalah initial outlay dari sebuah investasi besar. Sebagaimana sewa kontrak pasti biaya besarnya ditaruh di awal. Namun menentukan keistiqomahan dalam menjaga kontrak sewa tersebut hingga kelak berakhir.

Ia adalah hukum Newton ke-2 bertajuk kelembaman. Dari diam, kita akan sulit bergerak. Maka, serangan pertama harus berbalutkan mujahadah optimal sebelum mengkonsistenkan gerakan dalam menjejaki kaldik Rumah Quran Stan.

Bentuk agenda ini berupa 30 juz tilawah selama 5 hari di lokasi RQ atau di kosan masing-masing (5 - 9 September 2018). Walaupun ada di antara santri yang memiliki agenda wajib kampus, Alhamdulillah kegiatan ini dapat diikuti dengan extra time (s.d. 11 September 2018), meskipun beberapa belum dapat mencapai 30 juz sesuai harapan.


2. Ta’aruf Rumah Quran STAN
Tatkala gong untuk memulai Qur’an Camp sudah dipukul, belum satu hari berjalan, kegiatan ta’aruf RQ diadakan dalam rangka memahamkan program-program di RQ STAN setahun ke depan. Bertempat di serambi samping Masjid An-Nur, kegiatan ini berjalan pada hari Kamis malam Jumat, 6 September 2018 bakda magrib (makan malam) s.d. pkl 22.00.

Selain itu, ia berfungsi sebagai memelurus niat. Karena ada kalanya santri baru masuk RQ karena diajak temannya, karena berharap penempatan dekat Jawa efek dari dekat sama Allah, atau agar akademisnya kuat seiring efek positif dari belajar Qur’an, atau karena ingin dapat jodoh ahlul Qur’an. Semua itu coba dihapuskan agar diluruskan niatnya benar-benar karena Allah tanpa tergondeli niatan lainnya.

Sembari berkenalan dengan RQ STAN (sejarah, konsep, program, kalender pendidikan satu tahun, komitmen, biaya, dan lainnya), santri juga diperkenalkan satu sama lain melalui strategi pemilihan ketua masing-masing cabang RQ dan bagaimana mengatur amunisi (makan) Quran Camp.

Ohiya tak ketinggalan, pembagian mushaf, buku utsmani, dan buku mutabaah yang insyaAllah akan digunakan selama 1 tahun ke depan di Rumah Quran STAN. Termasuk pengomitmenan santri untuk bermujahadah menjadi ahlul Qur’an di RQ STAN.






3. Kajian Qur'an - Inspiring Night with Al-Qur'an
Ia hadir di tengah-tengah Qur’an Camp yang berlangsung selama 5 hari. Menjadi oase atas keringnya diri diberi beban berat tilawah 6 juz sehari. Menjadi pelecut diri untuk membersamai Quran senantiasa. Menjadi penguat ruhiyah karena sekaligus mabit dan Qiyamul lail di pengakhirnya. Namun uniknya, ia bukan kegiatan internal RQ STAN, melainkan kegiatan RQ yang bersifat umum bagi mahasiswa PKN STAN. Terselenggara pada Sabtu, 8 September 2018 di masjid Baitul Maal.
Ia hadir merangkai ukhuwah bersama santri-santri RQ dan juga mahasiswa secara umum. Bayangkan saja! Segelintir santri diberi tugas tilawah padat, sedangkan mahasiswa non-santri hadir berharap ilmu. Tatkala keduanya bertemu, ustadz belum hadir dalam perjalanan, para santri mengkondisikan aura masjid untuk bertilawah sembari menunggu. Mahasiswa non-santri pun terpicu untuk turut bertilawah Qur’an. Sebentuk fastabiqul khairat instan terbentuk. Semoga Allah lingkupi mereka semua sakinah, rahmah, naungan malaikat, dan kemasyhuran di langit di tengah-tengah halaqahnya malaikat. MasyaAllah.










4. Pembinaan Selama Qur’an Camp
Selama Quran Camp, musyrif hadir setiap malam. Dalam agenda tersebut, santri dikumpulkan untuk secara bergantian talaqqi mitsali atas tilawah yang sedang dilewati. Tentu sembari menunggu giliran talaqqi, santri mengejar tilawah masing-masing 6 juz per hari. Talaqqi mitsali berkisar antara ½ hingga 1 halaman, dan berbeda-beda kontennya, antara santri satu dengan yang lain.

Selain hanya sekedar talaqqi saja, pembinaan ini berfungsi juga bila ada tanya dan penasaran dari santri agar terjawab oleh komunikasi langsung antara musyrif dengan santri, termasuk bilamana santri kurang semangat, agar diberikan amunisi-amunisi ruhani dari musyrif-musyrifah RQ.  



5. Strategi Makan selama Qur’an Camp
Tahun lalu tatkala Quran Camp diselenggarakan pertama kalinya, dianggarkan makan sekali sehari saat kumpul. Tahun ini Alhamdulillah lebih makmur. Santri mendapat jatah 2 kali makan. Namun, pengelolaannya kembali ke mereka. Manajemen hanya mengirimkan uang, dengan edaran sumber donasi makan secara terbatas ke grup manajemen and friends.

Walau tidak tercakup semuanya, Alhamdulillah mampu meringankan beban RQ, mampu membangun fastabiqul khairat di level manajemen, mampu mengkompakkan santri untuk alasan makan, juga semoga berimplikasi positif dengan target Quran Camp itu sendiri.





Demikian gambaran atas rangkaian pembukaan program RQ STAN. Semoga Allah jadikan rangkaian tersebut sebagai pemupuk semangat awal bagi para santri, sebagai penyuplai rasa cinta yang bervisikan mahkota kemuliaan untuk orangtua tercinta, juga surga yang levelnya di akhir ayat yang senantiasa ditartili di dunia.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa min ahlil Qur’aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |