Home » » Akhirussanah RQ STAN: Laporan Periode 2017-2018

Akhirussanah RQ STAN: Laporan Periode 2017-2018

Penulis : Ruqun Stan on Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00.32.00

... dalam kenangan
Ada Awal Ada Akhir
RQ STAN selalu mengawali program tahunannya dengan opening alias kuliah perdana. Namun, ada yang mengawali tapi belum pernah ada yang mengakhiri. Nah, untuk pertama kali sejak berdirinya di 2011, pada periode kurikulum 2017-2018 ini diselenggarakan agenda pengakhir bertajuk akhirussanah. Berkombinasikan tiga kegiatan; tausiyah, wisuda, dan qiyamul lail, agenda pengakhir periode ini dilaksanakan di Masjid An-Nur pada Sabtu magrib, 4 Agustus 2018 s.d. Ahad pagi, 5 Agustus 2018.




Bagaimana keseruan akhirussanah RQ STAN? Simak reportasenya berikut ini:



Dua Punggawa Masjid Basis RQ STAN Beri Sambutan
Ustadz Sunarso sebagai pembina RQ STAN sekaligus imam utama Masjid Baitul Maal turut hadir, begitu pula Ustadz Mazerang Dahlan, Ketua DKM Masjid An-Nur (sebagai wakil tuan rumah diselenggarakannya kegiatan). Alhamdulillah keduanya turut memberi sambutan. Ustadz Sunarso mengingatkan ungkapan yang berat dari gurunya ketika mengambil talaqqi 30 juz, "Menambah hafalan itu fardhu kifayah, tetapi menjaganya (murajaah) itu fardhu ain. Tentunya beban ini tak bisa dirasakan kecuali bagi orang-orang yang sudah terlanjur cinta akan kemesraan bersama Al-Quran (-pen)." Sedangkan ustadz Mazerang memanggil mencatut nama-nama penggerak dakwah Qur'an RQ STAN yang secara tidak langsung memeriahkan syiar dakwah di Republik PJMI (sebutan ini khas beliau ucapkan bila memberi sambutan :D). Beliau bersyukur adanya TPA An Nur yang dahulu digawangi penggerak RQ STAN, juga ustadz Hasan; musyrif RQ STAN yang juga telah di-SK-kan sebagai imam tetap masjid An-Nur.


Ustadz Muhammad al-Faraby Gemparkan Masjid
Ustadz yang satu ini sangat fenomenal. Usia baru menginjak 28 tahun (lahir 1990), namun sudah menjadi ustadznya ustadz para ustadz (???). Karena sanad yang beliau himpun sudah 14 qiraat bacaan Qur'an. "Di Indonesia baru ada 3 orang", kata beliau terkait prestasi ini. Saat pembacaan CV, sungguh banyak dan puanjang sanadnya. Begitu beliau mulai mengisi materi, empat macam qiraat beliau bacakan membuat peserta bingung mendengar bacaan unik-unik. Lalu dari sisi pembawaan, beliau juga sangat menggebu-gebu, milenial style, dan banyak mengusung analogi serta kaya tawa canda. Adapun ringkasan kajian dapat disimak melalui klik disini.


Laporan Kegiatan Rumah Quran STAN 2017-2018
Waktu sudah cukup larut, sehingga laporan dipersingkat. Pada intinya, RQ STAN 2017-2018 adalah yang paling heboh dan ramai agenda. Allahu a'lam apakah ini lahir dari kedewasaan atau sinergitas yang semakin terjalin. Yang jelas pertolongan Allah yang slalu saja terasa ketika mengurusi lahan dakwah yang satu ini.

Agenda yang cukup ramai tersebut meliputi:

  1. Tiga tumpuk registrasi (padahal biasanya sekali selesai), yaitu khusus mahasiswa, khusus maba miba (mahasiswa/i baru), dan yang terakhir registrasi khusus santri pulang pergi (terhampar dari Mei s.d. Agustus 2017). Dari 3 tumpuk registrasi ini, terhimpun 74 santri;
  2. Program wakaf terprogram (awal September)
  3. Kegiatan rutin Alhamdulillah tidak berubah (3 bulan tahsin disertai UTS dan UAS; serta tahfidz selebihnya sampai akhirussanah).
  4. Insidental meliputi: Tahfidz Camp (agenda kedua sejak diselenggarakan pertama kali Januari 2017), lalu yang baru pertama kali tahun 2017-2018 ini: Quran Camp, Dauroh Muwajjih, Rihlah, dan Akhirussanah.
  5. Agenda Sinergi: Wisuda RQ Pusat (mengirimkan delegasi untuk diwisuda khusus yang minimal 3 juz hafalan), FHQ MBM, FHQ Ar-Ridho, FHQ An-Nashr, Tahsin Anak An-Nur, TPA Granada, BC Menghafal, Tahsin Clinic. Semuanya merupakan agenda kerjasama dengan RQ pembimbing yaitu Daarut Tarbiyah Depok, juga wajihah di lingkungan sekitar.
  6. Program beasiswa untuk pertama kalinya diinisiasi: 10 orang (1 santri beasiswa untuk 30 juz hafidzah Quran, 1 santri beasiswa untuk 10 juz hafizhah, 8 santri beasiswa sosial/kurang mampu).

Walaupun di akhir periode ini, jumlah santri menyusut menjadi 61 orang, Alhamdulillah yang terpenting kesemua santri yang bergabung atau yang akhirnya terlepas, telah tershibghah dengan semangat bermujahadah bersama Qur'an.

Pencapaian ke-61 santri:

  • kurang dari 1 juz = 8 orang
  • 1 juz: 15 orang
  • 2 juz: 13 orang
  • 3 juz: 15 orang
  • 4 juz: 14 orang
  • 5 juz: 2 orang
  • 6 juz: 2 orang
  • 7 juz: 1 orang
  • 30 juz: 1 orang

Semoga tahun depan (periode 2018-2019), tersaji KPI (Key Performance Index) RQ STAN yang lebih menantang dan dapat tercapai lebih baik.

Surat Cinta Musyrif dan Santri RQ
Sesi ini cukup ramai di kalangan santri, apalagi mengungki-ungkit masa setahun di RQ, masyaAllah. Menerbitkan kenangan, semangat, dan nilai-nilai luhur yang semoga slalu dapat mereka patenkan dalam diri santri. Apalagi ada yang membacakan surat cinta, walaupun sebetulnya mencuplik dari internet. Akan tetapi karena dibaca dengan penuh kekhusyukan, menjadikan leleh beberapa air mata, yang memang perlu tuk dilelehkan. Sekelumit urat cinta tersebut dapat diklik disini.

Wisuda
Ini merupakan acara favorit. Yakni penyerahan sertifikat hasil perjuangan santri RQ (ada yang setahun, dua tahun, bahkan 3 tahun). Dalam acara ini diserahkan sertifikat berdasarkan prestasi hafalan yang berhasil disetorkan. Sebagaimana rekapan hasil hafalan di atas.

Semoga sertifikat ini kelak yang dapat ditunjukkan di daerah penempatan definitif ketika bekerja nanti setelah lulus dari PKN STAN nanti, sehingga lembaga dakwah/tahsin/tahfidz Qur'an sekitar area tersebut dapat menangkap sinyal para pejuang dakwah Quran yang telah dikukuhkan melalui program Rumah Quran STAN.

Sertifikat tidak mencantumkan: lulus tajwid atau telah layak mengajar Quran, atau telah layak melanjutkan hafalan. Hal ini dikarenakan masih kurangnya penerapan kurikulum dan standar santri RQ STAN, Selain itu hal ini juga dimaksudkan agar santri kelak terus bersemangat untuk menjaga ilmu tajwid yang telah dimiliki, contohnya dengan mengikuti tahsin kembali di area lain (mengulang kembali), atau menghafal lagi kemudian dilanjutkan hafalan lain, termasuk agar santri terus bersemangat dalam menjaga hafalan yang telah ada.
RQ PJMI

RQ PJMI

RQ MBM

RQ MBM


Qiyamul Lail

Agenda pamungkas ini diselenggarakan pukul 03.00. Akhi Fikri Al-Banna menjadi imam QL, merupakan alumni santri RQ yang cukup dikenal karena pencapaiannya yang bagus dan lantunan tilawahnya yang merdu.

Alhamdulillah berakhir sudah periode 2017-2018. Walaupun demikian, tidak kemudian berakhir pula setoran santri RQ kepada musyrif/ah nya di RQ masing-masing, karena pada dasarnya tiada kata akhir bagi murajaah, apalagi mayoritas santri belum selesai 30 juz. Pun juga banyak waktu kosong muncul pasca akhirussanah ini, yang kemudian diisi dengan registrasi 2018-2019.

Semoga akan muncul generasi pengganti RQ STAN yang milenial dan selalu bersemangat dalam dakwah Qur'an, sebagaimana kita turut mendoakan semoga generasi yang diwisuda dan nanti lulus dari RQ STAN kelak menjadi pion-pion yang merajai lapangan hitam putih dunia kerja, serta hamparan luas pertanggungjawaban dunia akhirat.

Allahummarhamnaa bil Qur'aan.
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'aan

dari atas ke bawah: RQ CEGER - RQ GRANADA - RQ C47


Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |