Home » » Program Beasiswa RQ - 2018

Program Beasiswa RQ - 2018

Penulis : Ruqun Stan on Sabtu, 28 Juli 2018 | 06.46.00

Sumber gbr disini
Alhamdulillah, Allah telah izinkan Rumah Quran STAN menginjak usianya yang ke-7 di tahun 2018 ini. Sejak awal berdirinya, RQ ingin sekali menjadi rumah bagi para pecinta Al-Quran, mengayomi mereka, dan memberikan suplai bantuan untuk mereka melalui skema donasi RQ, sehingga mereka cukup tinggal, kuliah, dan belajar Qur'an, sehingga biaya hidup tidak terlalu terbebani. Namun, banyak pertimbangan hingga akhirnya kami tetap memungut biaya dari para santri. Namun, bersyukurnya, RQ tidak sampai memungut seharga pasar kos-kosan di sekitar kampus, walaupun RQ punya real cost yang tentu jauh lebih tinggi. Yakni biaya program tahsin dan tahfidz yang tentu butuh pendanaan juga. Bi-idznillah... Itu semua atas izin dan kemudahan dari Allah.

Alhamdulillah, Allah telah izinkan pula 2017 menjadi tahun perdana dari Program Beasiswa RQ. Walaupun sejatinya program reguler RQ sendiri merupakan beasiswa, namun kami tetap akan membagi lagi menjadi beberapa program beasiswa yang mensyaratkan santri secara khusus. Beberapa program tersebut adalah:

1. Program Beasiswa Masjid (MBM) ⏩ Kuota program ini: 8 putra

Program ini sebetulnya sudah jalan sebelum RQ sendiri berdiri di 2011. Dulu dikenal dengan RT MBM - Rumah Tangga Masjid Baitul Maal, bahkan alumninya sudah tersebar luas ke mana-mana. RT MBM sendiri adalah rumah 4 kamar di belakang masjid kampus yang dari dulu tidak dipungut bayaran. Ketika RQ hadir dan mendapat izin Ketua MBM di tahun 2015, Alhamdulillah RT kemudian diwarnai dengan celupan tahsin dan tahfidz Qur'an program RQ STAN. Berawal dari "dipungut biaya 50%" di tahun tersebut, pada akhirnya tahun berikutnya hingga tahun ini, RQ membebaskan kembali biaya sebagai bentuk bakti santri untuk masjid dan untuk Al-Qur'an. Profil lokasi lihat poin 2 di tautan ini


2. Program Beasiswa Masjid (ANNUR) ⏩ Kuota program ini: 4 putra + 4 putri

Program ini baru ada 2018 ini. Bahkan spanduknya sendiri khusus dipasang di masjid An-Nur tanpa mencantumkan program RQ yang lain, menunjukkan betapa ghirah dan semangat jamaah masjid An-Nur sangat besar, terinspirasi dari kehadiran Rumah Quran STAN di lingkungan mereka. Namun, program ini bukan seperti Beasiswa Masjid MBM (RQ MBM) yang tinggal di belakang masjid. 

Program ini lebih kepada: jamaah masjid An-Nur yang rela rumahnya ditinggali santri RQ agar rumah mereka terwarnai Qur'an, keluarga nya termotivasi untuk mengkhatamkan Quran dan lain sebagainya. Program ini juga tidak dipungut biaya, atas izin pemilik rumah, namun dengan syarat dokumen ketidakmampuan (dari RT/RW setempat) dari peserta program nantinya. Profil lokasi lihat poin 6 di tautan ini.


3. Program Beasiswa Hafizh/ah ⏩ Kuota program ini: sejumlah santri tetap putra/putri

Di beberapa kampus, banyak dibroadcast mengenai program beasiswa mahasiswa sudah hafidz/ah Qur'an yang mendapat keringanan biaya. Hal ini sebagai wujud apresiasi atas betapa mulianya Ahlullah (keluarga Allah) yang sanggup menghafal Qur'an di samping aktivitas duniawinya, tentu butuh effort besar, kecerdasan berpikir, juga pengelolaan waktu yang sangat baik. Serupa dengan program ini, RQ STAN juga turut memberi apresiasi untuk para hafidz/ah dari penjuru daerah yang mendaftar kampus PKN STAN. Dengan sertifikat hafal sekian juz, RQ STAN InsyaAllah menerima mahasiswa/i untuk mengikuti program RQ dengan kriteria berikut:
  • Hafizh 10-20 juz : keringanan biaya program 50% santri tetap reguler;
  • Hafizh 21-30 juz : keringanan biaya program 100% santri tetap reguler;


4. Program Beasiswa Sosial ⏩ Kuota program ini: sejumlah santri tetap putra/putri yang tercakup dalam poin 1 dan 2 di atas), bersifat privat (tidak dipublikasi internal/eksternal)

Alhamdulillah 2017 lalu, RQ menyeleksi dan menerima 8 mahasiswa/i untuk santri beasiswa sosial. Sebagai program baru 2017, RQ STAN kesulitan mencari sponsor di awal sehingga pada awal September 2017 - Mei 2018 bantuan hanya berupa biaya program RQ 100% (syarat: melampirkan dokumen ketidakmampuan dari pihak setempat/RT/RW/dll.). Bi-idznillah, atas izin Allah selepas Ramadhan (Juni 2018), Allah jawab doa dan proposal-proposal RQ berupa sosok alumni STAN yang sangat peduli dengan ikhtiar beliau menjaring dana dari angkatannya, kemudian mengirimkan sekian juta untuk santri-santri beasiswa sosial RQ di bulan Juni dan Juli. Sejak Ramadhan itulah hingga Agustus 2018 nanti, alokasi dana khusus zakat untuk santri RQ yang kurang mampu telah ditetapkan. Semoga bulan-bulan ke depan RQ STAN mampu membantu mereka yang kurang mampu seperti ini.

Keunikan beasiswa sosial RQ ini adalah: Santri akan merasa nyaman karena dirinya tidak dipublikasikan sebagai penerima donasi sosial. Musyrif/ustadz pengajar Quran, juga manajemen, memperlakukan sama saja: baik santri reguler, beasiswa masjid, hafizh, hingga sosial ini, dari sisi hak pendidikan Qur'an dan perlakuan sosial di lingkungannya. Mengapa begitu? Ya, karena donasi  dikirimkan secara privat ke masing-masing santri, tidak diumbar, dibuat acara khusus, atau ditebar via medsos. Kalaupun peserta beasiswa sosial difoto, hal tersebut adalah untuk kepentingan pelaporan kepada donatur yang merupakan angkatan alumni STAN tertentu.

Alhamdulillah, demikianlah program beasiswa ini dirancang dan dibuat berdasarkan ikhtiar dan doa para manajemen RQ STAN berikut donatur yang membantu selama ini.

***

Hm... Kok berani sekali, RQ STAN memasang target dan kuota besar di Program Beasiswa? Apa dana program tahsin tahfizh sendiri sudah terkover proposal?

Hm... karena di setiap Jumat, kami selalu terhenyak ketika membaca bagian surah Al-Kahfi yang satu ini:

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.
(QS. Al Kahfi.46)

Lalu, juga ayat:

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. (QS. Al Ahqaf 13)

Semoga dengan berpatokan ayat ini, Allah limpahkan keistiqomahan, keberkahan, kemudahan, dan kelancaran bagi RQ STAN untuk dapat membiayai semua kebutuhan-kebutuhannya, diliputi kebahagian tanpa khawatir dan bersedih hati bagi para manajemen, santri, dan donatur yang membantu (walau sebagian tafsir mengatakan maksud khawatir dan sedih ini adalah di akhirat nanti). 

(baik program tahsin tahfidz maupun beasiswa di atas)


Alhamdulillah
Allahummarhamnaa bil Qur’aan

Rumah Quran STAN
================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi

Share this article :

+ komentar + 4 komentar

30 Juli 2018 15.39

Alamat rumah quran stan dimana?

31 Juli 2018 11.06

lokasi tersedia di artikel ini:
http://www.rumahquranstan.com/2018/07/profil-lokasi-rq-stan-2018-2019.html

terimakasih

31 Juli 2018 21.21

Seumpama kita sudah masuk ponpes nya, biaya yg harus kita bayarkan berapa ya?

6 Agustus 2018 13.31

seluruh informasi secara lengkap dapat diakses di bit.do/rumahquranstan
termasuk untuk biaya pada panel informasi bertajuk: tata tertib

terimakasih

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |