Home » » Nge-Kos Sambil Belajar Qur'an?

Nge-Kos Sambil Belajar Qur'an?

Penulis : Ruqun Stan on Sabtu, 28 Juli 2018 | 06.45.00

Rumah ...
... Qur'an

Bagi yang masih asing dan ingin tahu apa dan bagaimana seluk-beluk Rumah Quran STAN, Nah... disinilah penjelasan tersebut.

Sebelumnya, perkenalkan. Kami manajemen Rumah Quran STAN. Berikut data-data kami: klik disini. Nah, selanjutnya berikut RQ STAN untuk lebih jelasnya :)




1. Apa itu Rumah Quran STAN? Iya nih, apa sih...

Silakan ke sini yaa, untuk lebih memahami seluk beluk Rumah Quran STAN. klik: FAQ

2. Berkumpul Bersama Ahlullah (keluarga Allah, InsyaAllah). Apa itu Ahlullah?


 
Dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia.”Lalu Rasulullah saw. Ditanya: “Siapakah mereka itu  wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “yaitu Ahlul Qur’an (Orang yang membaca atau menghafal Al-Qur’an dan mengamalkan isinya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.”

(HR.Ahmad )


3. Keunggulan: Infaq Tahunan Terjangkau. Memang Berapa? Eh... Kok Bisa Murah Begitu?


Infaq tahunan artinya mengikuti program secara tahunan (September 2018-Agustus 2019). Nah, infaqnya sendiri beraneka macam tergantung program yang diikuti, mulai dari Rp 0 (tiga macam program beasiswa dengan syarat tertentu), kemudian Rp 1.800.000,- (program pulang pergi), sampai dengan Rp 4.000.000,- (program regular). Silakan ditelusuri lebih detail program-programnya :)

Oh iya, kenapa bisa murah? Tentunya ini karena kami punya sarana proposal donasi untuk diedarkan ke para alumni kampus STAN. RQ STAN mengumpulkan dana dari santri RQ dan donatur yang telah berkomitmen tiap bulannya. Ini dia proposalnya bila ingin lihat: PROPOSAL RQ STAN 2017-2018 .

4. Satu Kos Dibimbing Ustadz/ah Selama 1 Tahun. Ngapain Aja?

Hm... Kalau ada ustadz, asyiknya ngapain? Karena ustadz bermakna guru, tentu saja kita menyaksamai adab sekaligus menimba ilmunya. Kebetulan mayoritas ustadz/ah RQ STAN sudah hafizh Qur'an dan aktif menjadi pengajar Qur'an. Jadi, santri RQ STAN sangat dipersilakan untuk mengambil sebanyak-banyaknya ilmu. Barangkali sesuai kafa'ah ilmu, materi utamanya lebih kepada tahsin Qur'an dan setoran hafalan Qur'an, namun ada kalanya motivasi bersama Qur'an, adab Qur'an, metode-metode pemahaman Islam bagi mahasiswa/i, dan sebagainya. Yang jelas, bagaimana santri dapat menjadi benih penghafal Qur'an sekaligus pengajar Qur'an sesuai visi misi RQ STAN.

5. Matrikulasi 3 Bulan Tahsin (Perbaikan Bacaan Quran). Oh, Gak Harus yang Sudah Hafal Aja ya? Yang Masuk RQ?


Banyak yang mengira masuk RQ STAN harus sudah sholeh sholehah, jenggot tebal, celana cingkrang, jidat hitam, jilbab lebar, suka menunduk-nunduk, dengan baca Quran yang sudah fasih atau difasih-fasihkan. Bukan itu maksud berdirinya RQ STAN. Lembaga ini didirikan untuk menjadi sarana bagi semua mahasiswa/i yang ingin menjadi "santri". Santri dengan makna yang luas,  yang semangat hijrahnya menderu, semangat meraup ilmunya menggebu, semangat beramalnya menyemai ke semua penjuru.

RQ STAN diharapkan menjadi rumah bagi yang ingin mengubah pola hidup lebih Qur'ani. Pernah suatu ketika, ada mahasiswa mendaftar RQ STAN dengan kurang meyakinkan: berbaju kaos, gaya anak gaul, celana pensil, bacaan kurang bagus, bahkan hampir saja tidak diterima karena kuota santri yang saat itu sudah over. Namun tetap kita terima dengan pertimbangan "mungkin pemuda hijrah". Dengan semangat belajar yang tinggi, tidak hanya mengambil ilmu dari ustadz di RQ saja, tetapi juga kajian-kajian baik offline maupun online, pemuda ini berhasil menemukan metode menghafalnya yang luar biasa cepat dan terjaga. Terakhir, beliau mengikuti tahfidz camp 4 hari target setoran hafalan 1 juz, beliau malah setoran 2 juz. Masya-Allah.

6 Kurikulum dan Jam Belajar Menyesuaikan Kampus. Bagaimana Pembagian Prioritas Aktivitas Sebagai Mahasiswa?


Sejujurnya RQ STAN saat ini belum punya kurikulum 2018-2019. Lho kok? Ya, alasannya karena kampus PKN STAN belum merilis kurikulum juga hehe. Karena kegiatan RQ STAN berpatokan pada kurikulum kampus. Kegiatan insidental sudah dibayangkan akan dilaksanakan, namun tanggal belum pasti karena menyesuaikan timeline perkuliahan dan liburan RQ STAN.

Nah, begitu pula dengan program rutinnya. RQ STAN terjadwal tiap malam: Senin-Jumat. Namun, sistem kurikulum didukung dengan kewajiban baca Quran yang cukup intens dan materi tahsin yang sering diulang-ulang. Maklum, PKN STAN akhir-akhir ini sering kuliah malam. Maka, RQ STAN melakukan penyesuaian dengan perizinan yang lebih longgar, namun dengan tetap menjaga agar santri tetap bersemangat berinteraksi dengan Quran dan ustadz RQ STAN dalam rangka belajar dan talaqqi. Jadi, tidak perlu khawatir dengan pembagian waktu prioritas antara kuliah dan RQ STAN.

Eits... Bagaimana dengan ikut UKM atau organisasi? Alhamdulillah, RQ STAN masih memberikan kesempatan untuk ikut berorganisasi. Maksimal 2 amanah organisasi dan panitia. Tentu hal ini tetap manusiawi menimbang waktu-waktu yang dimiliki santri untuk aktif di kuliah, organisasi, maupun RQ.

7. Bermacam Program, Bersifat Privat. Apa Maksudnya?

Baik, sekalian kami jelaskan apa saja program dan syaratnya:
  • Program Reguler: infaq wajib sesuai poin nomor 2 :D
  • Program Sosial: infaq wajib dibebaskan, khusus bagi yang kurang mampu dengan dokumen pendukung surat keterangan tidak mampu dari pihak yang berwenang (RT/RW/Lurah/dll.).
  • Program Hafidz: infaq wajib sesuai level:
    • Bila sudah hafal 10-20 juz maka cukup infaq wajib 50% x program reguler;
    • Bila sudah hafal 21-30 juz maka infaq wajib 0% x program regular;
    • Catatan: disertai sertifikat tahfidz dari lembaga yang mentalaqqikan secara menyeluruh
  • Program Beasiswa Masjid, terbagi menjadi 2 macam berdasarkan lokasi:
    • MBM: syarat: infaq sukarela RQ, bersedia menjadi pengurus aktif bagian Rumah Tangga/DKM Masjid Baitul Maal (MBM);
    • An-Nur: syarat: sama dengan beasiswa sosial, bersedia menjadi pemakmur rumah dengan bacaan Qur'an, pemakmur dan penggiat masjid An-Nur;
Dari semua beasiswa tersebut, antara satu santri dengan santri lain tidak mengetahui programnya satu sama lain. Inilah yang dimaksud bersifat privat. Hm... tentu saja kecuali program beasiswa masjid dan hafidz. Karena masjid sudah definitif lokasi, sedangkan hafidz biasanya teman-teman sesama talaqqi sudah tahu hafalannya banyak hehe.

Tapi, pada intinya santri beasiswa sosial melebur dengan santri reguler. Tidak ada sekat, jurang, atau kesenjangan. Bahkan, bila RQ STAN mendapat bantuan dana zakat/infaq dari alumni STAN yang sangat kuat jaringannya; pembagian dana bantuan tersebut dilakukan secara personal ke santri beasiswa sosial, artinya tidak diumbar di depan mimbar atau panggung untuk penyerahannya. Tidak seperti itu. Alhamdulillah. Karena kami ingin memahami perasaan si penerima.

Sebagai informasi, periode 2017-2018, terdapat 8 santri beasiswa sosial yang Alhamdulillah pencapaian hafalannya cukup bagus.

8. Syaratnya Siap Menjadi Penghafal dan Pengajar Quran? Emang jadi Guru TPA Gituh?

Menjadi penghafal sangatlah spesial. Ia selalu berusaha menjaga hafalan sehingga amalnya banyak dengan penjagaan hafalan Quran tersebut, belum kalau menambah hafalan. Eits... Tiap huruf ayat Quran senilai 10 kebaikan. Masya-Allah,

Apalagi pengajar/guru Al-Quran. Hampir seluruh ustadz/ah RQ STAN memiliki halaqah (kelompok belajar Quran) di luar RQ STAN. Artinya motivasi mengajar sangat kuat, apalagi kadar "fardhu kifayah" sebagai pengajar Quran semakin sempit lantaran saking banyaknya permintaan belajar Qur'an. Ini bukan hanya terjadi di masjid-masjid dengan TPA-nya masing-masing, tetapi juga dalam bentuk sarana lain, sebut saja: halaqah Quran, privat mengajar Qur'an dan lain-lain. Artikel ini sudah lama, namun kami sadar betapa RQ STAN perlu mendukung dakwah Qur'an secara umum, terutama di sekitar kampus STAN: partner dakwah RQ STAN

Alhamdulillah, semoga penjelasan ini cukup memberi kejelasan.
Silakan ke sini untuk penjelasan yang lebih komprehensif:

bit.do/rumahquranstan

Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |