Home » » Ramadhan 1439H Bersama Rumah Quran STAN

Ramadhan 1439H Bersama Rumah Quran STAN

Penulis : Ruqun Stan on Senin, 04 Juni 2018 | 09.17.00

Apa saja agenda Rumah Quran STAN memaknai Ramadhan. Tentunya puasa, tarawih, baca Quran, iktikaf, dan lainnya sebagaimana santri muslim pada umumnya. Nah, lalu tentu dari yang umum-umum ini ada spesialnya. Berikut kisah spesial Ramadhan 1439H di Rumah Quran STAN:

1. Rutinitas Bakda Tarawih dan Subuh
Hadirnya Ramadhan tidak mengubah rutinitas bersama Quran. Yang semula menghafal, tetap diharapkan menghafal. Mengapa tidak mengoptimalkan tilawah saja? Karena logikanya ketika tilawah berlimpah, seharusnya setoran menjadi lebih mudah. Bukankah muncul alasan untuk bersama Al-Quran (terutama tilawah), salah satunya adalah agar urusan-urusan kita menjadi mudah? Mudah mengerjakan tugas, mudah ujian, mudah menjalani amanah, apa saja mudah InsyaAllah. Mengapa tidak mengembalikan kemudahan tersebut kepada Al-Quran? Yakni dengan menghafalnya? Semoga dengan tetap banyak-banyak tilawah, Allah berikan kemudahan pula untuk menghafal Kalam-Nya.

Agenda setoran tiap RQ berbeda-beda, baik sebelum atau saat Ramadhan. Ada yang bakda Subuh, ada pula yang bakda Tarawih. Hal ini melihat antusiasme santri masing-masing asrama RQ.

2. Mabit Tiap Pekan
Ini bukan agenda RQ. Namun, agenda Masjid Baitul Maal, Kampus PKN STAN. Namun, RQ merasa perlu menugaskan santri untuk memakmurkan malam-malam akhir pekan di masjid kampus yang dihidupkan dengan adanya kegiatan mabit dan qiyamul lail. Hal ini utamanya berlaku bagi RQ MBM dan RQ akhwat. Lalu, bagaimana dengan RQ PJMI?

3. Sinergi Unik RQ PJMI
Khusus RQ Ikhwan PJMI, santri-santrinya mendapat penugasan khusus untuk memakmurkan masjid An-Nur oleh DKM. Bahkan, sebelum Ramadhan ini, santri PJMI didiklat public speaking oleh masjid. Tujuannya untuk menjadi MC pengumuman sebelum Sholat tarawih, juga MC kegiatan-kegiatan insidental Masjid An-Nur. Sinergi An-Nur dan RQ PJMI telah terjalin beberapa tahun terakhir. Apalagi musyrif RQ PJMI telah didaulat menjadi Imam Tetap Masjid An-Nur PJMI. Alhamdulillah.

4. Aktualisasi Muwajjih Qur’an
Ini juga bukan agenda utama RQ, melainkan agenda kerjasama RQ dengan Masjid Baitul Maal dan RQ dengan IMMBC (Ikatan Mahasiswa Muslim Bea Cukai). Kedua  UKM Kampus PKN STAN ini ingin agar Ramadhan dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i dalam hal belajar tajwid dan konsultasi bacaan Quran. MBM dengan program Tahsin Klinik dan IMMBC dengan program BC Menghafal, meminta bantuan pengajar kepada RQ STAN. Alhamdulillah, mengambil output dari Dauroh Muwajjih yang diselenggarakan April 2018, kedua kegiatan inipun terbantu dengan santri RQ dan berlangsung di bulan Ramadhan. Oh iya, sebagai catatan, BC Menghafal bahkan direncanakan dari Ramadhan sampai akhir perkuliahan D1 Bea Cukai.

5. Pengiriman Delegasi Wisuda ke RQ Daarut Tarbiyah
Sejak tahun lalu, Ramadhan telah menjadi agenda wisuda RQ Daarut Tarbiyah (yang berpusat di Depok). RQ STAN yang menjadi binaan RQ Daarut Tarbiyah diundang untuk mengirimkan delegasi santri yang minimal memiliki hafalan 3 juz. Alhamdulillah, dikirimlah 8 akhwat dan 4 ikhwan dari RQ STAN. Berikut adalah nama-namanya:

7juz: Shofa / 5juz: Silmi, Fitri, Wulan, Salsabila, Salma / 3juz: Fitri, Tati, Angga, Hamzah, Hamzah, Syamsul

Qadarullah, kegiatan wisuda bertepatan dengan jadwal hari terakhir perkuliahan sebelum ujian bagi sebagian santri RQ. Alhasil dari 11 nama di atas, hanya 5 yang Allah izinkan untuk hadir. Selebihnya, InsyaAllah sertifikat dan slempang wisuda akan dikirim menjadi kenang-kenangan.

6. Registrasi Gelombang I - RQ STAN
RQ STAN membuka pendaftaran santri. Gelombang pertama untuk program 2018-2019 ini dibuka di Ramadhan ini dibuka di Ramadhan dan dikhususkan bagi mahasiswa/i D3 PKN STAN. Harapannya, mumpung semangat berinteraksi dengan Quran sedang tinggi-tingginya, mahasiswa tertarik untuk mendaftar RQ STAN.

Alhamdulillah hingga saat ini ada sekitar 30-an pendaftar baru. Mohon doa dari pembaca sekalian, semoga Allah memberikan kelancaran dan kemudahan untuk menginisiasi program tahun berikutnya, mengingat selain banyak santri yang akan lulus dan tentunya kuota menjadi lebih banyak, RQ STAN membutuhkan penyesuaian terkait status rumah yang ada. InsyaAllah registrasi gelombang I ini akan dikombinasi dengan gelombang-gelombang berikutnya bagi mahasiswa/i D3 khusus, D4, dan mahasiswa/i baru PKN STAN.

Demikian agenda Rumah Quran STAN yang tak beda jauh dengan agenda sebelumnya di Ramadhan tahun lalu. Yang tentunya masih sama adalah: agenda pamungkas Ramadhan berupa iktikaf di malam-malam terakhir; belum menjadi agenda utama dikarenakan fokus masing-masing santri dan manajemen untuk menjadi musafir ke kota kelahirannya masing-masing. Semoga tetap semangat dimana pun berada.

Alhamdulillah, semoga segala amal ibadah kita di bulan Ramadhan menjadi amal ibadah yang dikucurkan pahalanya oleh Allah, diterima sebagai pemberat timbangan kebaikan di hari akhir, dan diberikan keridhaan oleh-Nya. Semoga Allah mengampuni kita semua.

Taqabbalallahu minna waminkum
Taqabbal yaa kariim
Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlul Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |