Home » » Auto-Murajaah

Auto-Murajaah

Penulis : Ruqun Stan on Senin, 28 Mei 2018 | 09.41.00

Sumber gambar: disini
Pernahkah kita melihat ada orang naik motor sambil mulutnya komat-kamit? Atau ibu memasak di dapur sambil melafalkan bacaan Al-Quran? Atau orang melakukan sholat sunnah tapi kok lama sekali? Hm... Mereka adalah orang yang asyik masyuk bersama Qur'an dalam lisan-lisan mereka.

Auto-Murojaah dan Bulan Ramadhan

Kami menyebutnya auto-murojaah. Sebagaimana Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam yang dimurojaah hafalan Al-Quran nya oleh malaikat Jibril di bulan Ramadhan. Sebagaimana pula, kita tahu bahwa ayyaamam ma'dudaat, Ramadhan itu hanya terdiri dari beberapa hari saja. Tidak banyak, hanya sebentar, sejalan dengan tanda kebaikan seseorang: manakala ia meninggalkan hal yang tidak bermanfaat (intisari Hadits Nabi Saw riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Mereka paham bahwa hidup ini singkat, apalagi kalau dibandingkan dengan Ramadhan: lebih singkat lagi. Maka, mereka terpacu untuk lebih memanfaatkan ketersedikitan jutaan detik di bulan Ramadhan agar tak tergerus oleh kesibukan, bahkan khawatir digerus oleh yang mubah sekalipun seperti melamun. Inilah dia auto-murojaah.

Kita pasti punya target tilawah di bulan Ramadhan: 1,2,3 atau 4 kali khatam misalnya. Yang bisa digeluti hanya apabila kita fokus memelototi Al-Quran, yang dilakukan dengan membagi juz-juz nya ke dalam hari-hari di bulan Ramadhan. Tilawah sendiri biasanya diletakkan di waktu khusus, baik di pusat atau di sudut-sudut hari, ibarat batu kerikil yang memenuhi bejana 24 jam sehari.

Maka, kalau sudah bicara Auto-Murojaah, ia sejatinya mengambil waktu-waktu kita yang lebih sudut lagi, yang bisa disambi, yang mungkin di-multitasking-kan, yang mana otak sedang santai, tak perlu fokus, ibarat butir-butir pasir di dalam bejana 24 jam Ramadhan. Apa saja waktu-waktu itu? Hm... Seperti contoh di atas tadi tentunya: naik motor, memasak di dapur, jalan kaki, menggendong bayi, naik bus, naik KRL, dan saat sholat Sunnah. Yang disebut terakhir sebetulnya sekedar pemanis ibadah, apalagi bila kita faham janji Allah untuk dibangunkan istana di surga bagi penunai 12 rakaat rawatib sehari semalam (cek HR Musliam No. 728).

Oleh karena itu, bantulah agar waktu2 kita lebih berkah dengan Auto-Murojaah. Isi dengan mengingat-ingat kembali hafalan Quran. Kalau kita punya hafalan dari Dhuha sampai An Naas misalnya, isikan ia ke waktu saat jalan kaki ke kampus, saat di KRL, bus, mobil saat kena macet, dan lain-lain (ini alternatif bila tilawah Quran di kendaraan menyebabkan pusing). Bila perlu, targetkan sebanyak hafalan yang kita punya. Contoh al akh punya hafalan 5 juz. Maka ia bagi Auto-Murojaah di 5 hari: Senin sampai Jumat. Ia isikan juz 30 di hari senin misalnya. Saat jalan ke mesjid, saat naik kendaraan, sampai berganti hari, Alhamdulillah ia bisa mengisikan keseluruhan 1 juz itu di luar target tilawah. Sehingga juz 30 terjaga di semua hari Senin di bulan Ramadhan. Alhamdulillah.

Memang sebagai umat muslim yang dekat dengan Quran, kadang perlu pemantik seperti ini agar kita sadar dan memaknai betul kecintaan kita kepada Ramadhan, memaknai betapa besar kebaikan membersamai Quran di dalamnya, betapa tak ada jaminan bahwa kita akan bertemu kembali di Ramadhan tahun depan, seolah-olah ini Ramadhan terakhir yang harus kita optimalkan detik demi detiknya.

Kalau perlu katakan kepada teman yang kadang banyak bicara di hadapan kita sehingga seringkali mengganggu target Auto-Murajaah kita: "tahanlah matahari, baru aku akan bicara denganmu",  sebagaimana jawaban Amir bin Abdi Qois - sosok yang sangat sangat menghargai waktu.

Tentu agar Auto-Murojaah kita sukses, sesukses target tilawah kita, 1, 2, 3,  4 atau berapa kali pun,  khatam kita di ramadhan ini. InsyaAllah.

Allahummarhamnaa bil Qur'an
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'an

Ditulis oleh:
Saudaramu, yang peduli kepada hafalan Quran yang antum punya
NB: auto-murojaah = automatic murajaah, artinya kita otomatis memurajaah hafalan di manapun dan kapan pun (kecuali di tempat terlarang seperti di kamar mandi/WC/tempat-tempat kotor).
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |