Home » » RQ HM NAIMIN – Asrama Takhasus Pertama di Kampus STAN

RQ HM NAIMIN – Asrama Takhasus Pertama di Kampus STAN

Penulis : Ruqun Stan on Jumat, 08 Desember 2017 | 19.20.00


Walau baru rencana, permintaan RQ STAN dianggap serius oleh RQ Daarut Tarbiyah beberapa pekan yang lalu. Pada 7 Desember 2017, informasi itu datang. “Kami mau mulai perekrutan untuk santri beasiswa STAN”, ujar salah seorang penggerak RQ Pusat. Alhamdulillah. Sebentar lagi, RQ STAN akan memiliki asrama takhasus pertama, yang didiami oleh non-mahasiswa STAN, dengan kurikulum yang sangat berbeda. Insya-Allah.

RQ HM NAIMIN – Sebuah Rumah yang Kelak Dimiliki
Sejarah RQ HM NAIMIN dimulai tahun 2016. Berawal dari sarana belajar Quran yang makin menjamur di Bintaro, Ustadz Hasan selaku musyrif RQ STAN turut mengajar di FHQ An-Nashr –salah satu LTQ di Bintaro yang memfasilitasi warga sekitar untuk belajar Quran di akhir pekan (Sabtu/Ahad). Ustadz Hasan mengajar tahfidz, salah satu santrinya adalah seorang guru Islam di sekolah Al-Azhar. Inilah efek positif bila kita suka bercerita hal yang berpotensi menginspirasi orang lain. Usut-punya-usut, santri ustadz itu sedang mencari rumah yang bisa diwakafkan untuk rumah tahfidz. Bagai gayung bersambut, ustadz Hasan pun tanpa ragu membantu mencarikan rumah, supaya kelak rumah tersebut dapat dimanfaatkan untuk rumah tahfidz-nya RQ STAN.

Bersama manajemen, Bapak yang suka berkelakar itu sempat mensurvey tanah yang potensial untuk RQ. Hingga akhirnya pilihan jatuh ke rumah yang terletak di gang depan Harmoni supermarket, Ceger. Proses pembayaran pun diolah. Sebagaimana kesepakatan awal, rumah nantinya akan dinamai keluarga besar dari ayahanda istrinya si Bapak, yakni H Muhammad Naimin. Maka, dinamakanlah RQ HM NAIMIN. Adapun dari sisi penanaman modal: RQ STAN kebagian menutup kekurangan harga beli rumah, dengan 250 juta dana segar diberikan oleh pewakaf H. Muhammad Naimin.

Alhamdulillah, awal 2017 RQ STAN telah mengedarkan proposal khusus wakaf sehingga total sampai dengan tulisan ini ditulis, status pendanaan wakaf RQ HM NAIMIN menjadi:
  • HM NAIMIN: Rp 250.000.000
  • Operasional RQ STAN: Rp 20.000.000
  • Hasil edaran proposal wakaf: Rp 50.621.093 
  • Masih dicari siapa pewakafnya: Rp 34.378.907

Adapun untuk status kepemilikian, saat ini rumah baru sekedar AJB (akta jual beli) dengan atas nama pewakaf dominan. Ada wacana, RQ STAN bila sudah legal-formal nanti akan membalik-nama AJB sekaligus meng-SHM-kan rumah. Alhamdulillah dukungan pemilik rumah sebelumnya cukup kooperatif.

Mengapa RQ HM NAIMIN yang dipilih?
Membuka kesempatan bagi RQ HM NAIMIN untuk dikelola RQ STAN merupakan sebuah amanah berat sekaligus belum terpikirkan saat dilakukannya transaksi. Waktu peralihan kurikulum PKN STAN dari 2016-2017 menuju 2017-2018, manajemen RQ STAN hanya berpikir bagaimana agar RQ HM NAIMIN bisa bermanfaat, walaupun belum besar kebermanfaatannya. Nyatanya, dari September 2017 hingga kini, ia masih hanya sebagai asrama RQ bayangan. Tugasnya: menampung alumni RQ STAN yang lulus dari PKN STAN sebelum penempatan kerja. Tentu mereka dibebani tugas juga untuk tetap menjaga tilawah dan setoran hafalan Quran.

Dengan status bukan rumah sewa atau bukan rumah titipan (yang masih kepemilikan si empunya), melainkan rumah WAKAF, manajemen RQ STAN memiliki tuntutan moral untuk melejitkan kebermanfaatan RQ HM NAIMIN. Ada puluhan pewakaf yang duduk di belakang manajemen, menunggu hasil pemanfaatan tanah wakaf. Ada hari yang tiada hari selain naungan-Nya, dimana hari itu bisa saja menjadi pertanggungan jawab atas keloyalan atau bahkan ketidakloyalan amanah ini. Ada pahala yang disiapkan Allah, ada juga ancaman bila kita tak mampu mengembannya.

Maka, sudah barang tentu. RQ HM NAIMIN harus menjadi pabriknya penghafal Quran tulen di Bintaro. Bukan sekedar RQ kampus yang kurikulumnya terombang-ambing oleh kurikulum kampus. Yang santrinya dibatasi hanya 1 atau 3 tahun untuk menghafal Quran –sembari nyambi kuliah di kampus. Karena tiap yang dikemas dalam balutan sarana pembelajaran Quran, insyaAllah memiliki potensinya masing-masing.

Untuk itulah kami memilih: RQ HM NAIMIN.

Program RQ Takhasus
Programnya sederhana: satu tahun hafal 30 juz, tidak ada aktivitas lain selain menghafal. Masa pengabdian pasca-hafizh, satu tahun menjadi musyrif/guru Al-Quran.

Sederhana tapi sangat potensial karena pengelolaannya akan dilakukan profesional oleh RQ Daarut Tarbiyah. RQ STAN akan membantu mempromosikan, mengelola rumah, memantau progres, dan ikut menuai hasilnya.

Mohon doa agar RQ STAN dapat mengelola RQ takhasus dengan baik.

... yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.
QS. Al-Fath (kemenangan) ayat 29

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa min ahlul Qur’aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |