Home » » Ramadhan 1438 H dan Rumah Quran STAN

Ramadhan 1438 H dan Rumah Quran STAN

Penulis : Ruqun Stan on Sabtu, 01 Juli 2017 | 07.18.00

sumber gambar: disini

Artikel pembanding sebelumnya: Agenda Rumah Quran Selama Ramadhan 1437 H 

Membandingkan Ramadhan tahun 1437 H (2016) dengan Ramadhan tahun 1438 H (2017) di Rumah Quran STAN, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan tak jauh beda. Untuk lebih jelasnya, kami rangkum sebagai berikut:

1.  Gema Ramadhan - Masjid Baitul Maal Hadir Meramaikan Kampus PKN STAN
Terasa berbeda gema Ramadhan kampus PKN STAN tahun ini. Ada banyak panitia yang terlibat, sedikit di antaranya santri Rumah Quran STAN. Agenda bersama Quran yang awalnya dirancang dari Rumah Quran STAN untuk santri-santrinya akhirnya ditunda karena Alhamdulillah sudah ada kegiatan Gema Ramadhan LDK kampus PKN STAN yang cukup ramai tersyiarkan.

Di antara kegiatan yang digalang oleh shalihin shalihat mahasiswa/i PKN STAN tersebut di antaranya: kajian jelang buka bersama diiringi tilawah jama'i, Tahfidz camp dalam bentuk mabit setiap akhir pekan, iktikaf di malam-malam terakhir Ramadhan, seminar dan kajian tematis, dan masih banyak lagi.

2. Rutinitas Rumah Quran STAN
Dengan lebih ramainya Gema Ramadhan LDK Kampus PKN STAN tahun ini, Rumah Quran STAN cukup merutinkan jadwalnya seperti biasa, yakni setoran hafalan dan mengejar target hafalan jelang satu tahun kontrak Rumah Quran STAN. Semoga para santri dapat mencapai target hafalan tahunan masing-masing yang sudah diikrarkan sejak September 2016.

3. RQ PJMI Membantu Masjid An-Nur Mensyiarkan Ramadhan
Asrama Rumah Quran putra lokasi PJMI seperti tahun sebelumnya dipercaya DKM An-Nur untuk membantu berjalannya kegiatan Gema Ramadhan, di antaranya membantu menyiapkan takjil jelang buka, bergantian menjadi MC tarawih, dan memakmurkan masjid. Kegiatan kemasyarakatan seperti ini sangat bermanfaat untuk menjalin ukhuwah, silaturrahim, dan kepercayaan warga sekitar terhadap kebermanfaatan Rumah Quran STAN.

Ada yang unik dari interaksi RQ PJMI dengan pengurus masjid An-Nur PJMI. Ramadhan tahun ini, Alhamdulillah seluruh area masjid An-Nur telah dilengkapi AC (air conditioner). Pengurus DKM memberikan pemanfaatan sepenuhnya kepada RQ apabila ingin menggunakan tempat yang sudah dingin tersebut. Bahkan, kegiatan tahfidz camp yang sempat meminta izin masjid An-Nur namun tidak jadi karena padatnya agenda Gema Ramadhan kampus, sampai-sampai dikonfirmasi ulang oleh pihak DKM, "Mas, jadi pakai masjid nggak mas? Biar ramai nih lho masjidnya. Dah dipasangin AC semua :D ."

4. Menjadi Imam Tarawih
Masjid Baitul Maal Kampus PKN STAN seperti tahun sebelumnya kembali menjadwal beberapa santri Rumah Quran STAN untuk menjadi imam tarawih. Mushola Al-Istiqomah yang jaraknya hampir 3 kilo dari kampus ternyata meminta bantuan pula untuk mengirimkan imam-imam pilihan sekaligus pembaca kultum untuk beberapa jadwal tarawihnya. Alhamdulillah ada sarana aktualisasi untuk segelintir santri Rumah Quran STAN.

5. Ujian Hafalan dan Wisuda Rumah Quran Indonesia 
Sejak awal Ramadhan, santri Rumah Quran STAN sudah ditarget untuk mengikuti wisuda tertanggal 10 Juni 2017 di Kelapa Dua, Depok dengan penyelenggara adalah Rumah Quran Indonesia (pembina utama sekaligus peletak pondasi kurikulum Rumah Quran STAN). Maka, sejak awal Ramadhan pula setoran hafalan diprioritaskan santri RQ STAN sembari memurajaah hafalan lama. Dan untuk pertama kalinya sejak RQ STAN berdiri tahun 2011, santri ikhwan diberi kesempatan untuk mengikuti wisuda. Berikut laporan daftar santri RQ STAN yang diwisuda.

Akhwat/putri:
  1. AF: 4 juz, BAIK
  2. ANIF: 1 juz, SANGAT BAIK
  3. DN: 2 juz, SANGAT BAIK
  4. EF: 2 juz, SANGAT BAIK
  5. KK: 3 juz, SANGAT BAIK
  6. KO: 2 juz, SANGAT BAIK
  7. NH: 2 juz, SANGAT BAIK
  8. SDN: 1 juz, BAIK
  9. SASS: 2 juz, BAIK
Ikhwan/putra:
  1. MRF: 4 juz, BAIK
  2. RI: 3 juz, BAIK
  3. ZN: 3 juz, BAIK
  4. FR: 2 juz, BAIK
  5. AUA: 2 juz, BAIK
  6. IAQ: 5 juz, SANGAT BAIK
  7. MMRZR: 1 juz, BAIK
  8. MR: 3 juz, BAIK
  9. SA: 1 juz, BAIK
  10. FH: 3 juz, SANGAT BAIK
  11. WNRR: 4 juz, SANGAT BAIK
  12. MAA: 5 juz, SANGAT BAIK
Catatan wisuda:

  • Ujian hafalan dilakukan di masing-masing RQ antara tanggal 3-9 Juni 2017
  • Wisuda dilaksanakan tanggal 10 Juni 2017 di Gedung Satya Haprapbu, Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok
  • Dari 12 santriwati akhwat, hanya 9 yang ikut wisuda. 3 santri lain terkendala target penyelesaian KTTA (Karya Tulis Tugas Akhir) PKN STAN.
  • Dari 28 santriwan ikhwan, hanya 12 yang dijadwalkan ikut wisuda, diprioritaskan terutama yang sudah tingkat akhir PKN STAN agar santri-santri yang lebih junior dapat mengumpulkan hafalan dan diwisuda tahun depan. Selain itu, masih banyak agenda yang menyita, di antaranya kuliah Sabtu PKN STAN, lomba tahfidz juz 29 dan 30 di DJBC, persiapan Dinamika (semacam ospek PKN STAN), tugas KTTA, dan kendala lainnya.
  • Dari 12 santriwan yang dijadwalkan wisuda, hanya 10 yang berangkat karena dua santri ada kuliah mendadak di hari Sabtu, 10 Juni 2017.
  • Alhamdulillah terjadi peningkatan jumlah wisudawan dari tahun sebelumnya yang hanya 6 santriwati saja.
9 santri RQ + 1 santri yang mengambil gambar dalam acara wisuda Rumah Quran Indonesia
Santri RQ takhasus (SMP/SMA) yang berbeda capaian hafalan daripada RQ kampus seperti RQ STAN, STIS, dan IPB
2 santri RQ STAN menjadi pelantun tilawah dan sari tilawah

6. Lomba Tahfidz juz 29 dan 30 DJBC
Tahun 2016, Alhamdulillah perwakilan RQ STAN akhwat memenangi juara I lomba tahfidz juz 30 di kantor pusat DJBC, Rawamangun, Jakarta Timur. Alhamdulillah pada tahun 2017, tepatnya tanggal 10 Juni 2017 (bersamaan dengan wisuda RQ), walaupun turun prestasi, perwakilan RQ STAN ikhwan memenangi juara II lomba tahfidz juz 29 dan 30 (kali ini yang dilombakan 2 juz). Dari empat yang mewakili RQ STAN, dua orang lolos ke semifinal, namun hanya seorang yang lolos ke final dan menyabet juara II. Event tahunan tiap Ramadhan ini selain melombakan tahfidz 2 juz, juga melombakan nasyid.

4 perwakilan RQ STAN di lomba tahfidz juz 29, 30; salah satunya juara II

7. Penerimaan Santri Baru - Mengambil Momentum Pengumuman Akhir USM PKN STAN
Sungguh menyita hari-hari terakhir Ramadhan tatkala RQ STAN harus berkonsolidasi mengambil momentum pengumuman akhir USM PKN STAN pada hari Kamis, 15 Juni 2017. Maka, e-registration pun segera disesuaikan dengan kebutuhan data entry calon santri untuk mahasiswa/i baru. Ternyata banyak pihak sudah mengetahui adanya rumah tahfidz bertajuk RQ STAN apalagi dimunculkan program baru - beasiswa sosial dan tahfidz. Masya-Allah, calon santri putri banyak yang mendaftar, apalagi biaya di RQ STAN sangat terjangkau (bandingkan program reguler santri menetap RQ STAN yang cost-nya Rp 3,500,000,- per tahun dengan harga kos-kosan yang sudah di angka 7,000,000,- per tahun), terlebih banyak pula calon santri dari kalangan kurang mampu. Tak heran pula beberapa di antaranya memilih beasiswa sosial.

Alhamdulillah olahan data berhasil diselesaikan dengan terkonfirmasi secara positif oleh para calon santri sehingga diterimalah beberapa santri dari kalangan mahasiswa/i baru (maba/miba) dan dengan tetap mengharap ridha Allah, kami umumkan pada awal kemunculan Syawal dan hari raya Idul Fitri (tertanggal 24 Juni 2017 malam), pengumuman sebagaimana di tautan ini.

***

Kampus PKN STAN resmi libur hari raya sejak tanggal 19 Juni 2017 (satu pekan sebelum hari raya), namun beberapa santri telah mengambil libur hari-hari sebelumnya bermodalkan kesepakatan dengan dosen pengajar. RQ STAN pun tidak sampai mengadakan kegiatan untuk santri RQ dalam memeriahkan hari-hari terakhir Ramadhan di lingkungan sekitar.

Alhamdulillah, semoga segala amal ibadah kita di bulan Ramadhan menjadi amal ibadah yang dikucurkan pahalanya oleh Allah, diterima sebagai pemberat timbangan kebaikan di hari akhir, dan diberikan keridhaan oleh-Nya.

Taqabbalallahu minna waminkum
Taqabbal yaa kariim


Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlul Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |