Home » » Berita Update - RQ STAN

Berita Update - RQ STAN

Penulis : Ruqun Stan on Senin, 24 Juli 2017 | 01.42.00

proses penandatanganan AJB RQ HM NAIMIN
Musyawarah dan Rapat Kerja - Rumah Quran Sejabodetabek

Sabtu, 15 Juli 2017, seolah pas pertengahan tahun 2017 sebagaimana jeda antara semester 1 dengan 2, Rumah Quran Daarut Tarbiyah (atau dikenal dengan Rumah Quran Indonesia) menyelenggarakan musyawarah RQ-RQ se-Jabodetabek. Turut hadir melaporkan perkembangan RQ pada kesempatan tersebut: perwakilan dari RQ IPB, RQ Pasar Minggu, RQ Pekayon, RQ STIS, dan RQ STAN (sebagai RQ kampus yang berisi santri mahasiswa dan umum), kemudian tak ketinggalan RQ takhasus dari Depok, yang khusus berisi santri SMP dan SMA.

RQ Mahasiswa dan Umum di luar Depok, apabila dijumlahkan santrinya dapat mencapai 200 orang, sedangkan RQ takhasus di Depok mencapai 90-an santri. Selain merekap dan mengevaluasi jumlah santri, capaian program, keuangan, dan target ke depan, agenda tersebut juga dalam rangka memecahkan masalah yang berkaitan dengan RQ-RQ tersebut. Esoknya, Ahad 16 Juli 2017 diselenggarakan pula raker (rapat kerja) sekaligus memecahkan masalah yang dikumpulkan.

Perwakilan RQ STAN hanya dapat hadir pada sesi mutabaah hari Sabtu, sehingga pada sesi pemecahan masalah, kami hanya menunggu follow-up draft solusi yang dihasilkan pada saat raker. Alhamdulillah pertemuan ini menghasilkan inspirasi tersendiri bagi RQ STAN, termasuk merasakan betapa gigihnya RQ untuk menuju ke arah lebih baik lagi dalam mencetak ahlullah demi Indonesia tercinta.

***

Aqad Jual Beli - RQ HM NAIMIN yang InsyaAllah Penuh Cahaya

Senin, 17 Juli 2017, Allah telah taqdirkan melalui sebuah pertemuan yang indah. Tanpa terencana jauh-jauh hari, bahkan bukan pula rencana sehari sebelumnya, tiba-tiba semua pihak bersepakat untuk berkumpul sore hari, pada Senin 17 Juli 2017. Alhamdulillah mudah dalam kehendak Allah. Semua pihak yang ber-aqad Allah lapangkan waktunya sore hari itu, yakni Bpk. Nurrohman (selaku pembeli), Ibu Nuraini (selaku penjual), Ibu Nurwahidah (selaku notaris), dan tak ketinggalan Sdr. Nur Syamsudin (perwakilan RQ STAN sebagai saksi). Empat pihak itu memiliki unsur nama "NUR". Maka, kami tak tahan untuk berdoa, "Rabbanaa atsmimlanaa nuuronaa waghfirlanaa (doa pada surat At-Tahrim), artinya; Ya Allah, sempurnakanlah cahaya kami dan ampunilah kami."

Apa yang diaqadkan pada hari itu? Sebuah rumah berluaskan 80 meter persegi, di Jalan H. Muin depan Harmony Swalayan Ceger, yang diproyeksikan menjadi Rumah Quran Mandiri (tanpa sewa, tanpa biaya pakai). Tanah dan bangunannya merupakan aset wakaf, namun belum diurus perwakafannya. Hanya beralih kepemilikan dalam ikatan "akta jual beli" alias AJB, dengan saham 250 juta dimiliki oleh Bpk Nurrohman, dan 80 juta oleh Rumah Quran STAN. 

Semoga proses untuk menuju 100% wakaf dapat segera diurus begitu proses ini selesai nanti. Alhamdulillah proposal wakaf yang sedang dalam proses ini telah dilaunching beberapa pekan sebelumnya. Lihat artikel ini >>>

***

Perolehan Sementara Wakaf Quran - RQ HM NAIMIN

Seperti dijelaskan pada sub-artikel di atas, bahwa saham RQ STAN adalah sebanyak 80 juta untuk mengambil RQ HM NAIMIN dari pemilik sebelumnya. Hal ini didukung dengan artikel wakaf yang telah dilaunching sebelumnya: lihat artikel wakaf 

Dari 80 juta kebutuhan dana, Alhamdulillah telah dihasilkan dari kanal wakaf sebagai berikut:
Bulan Mei: Rp 22.100.056
Bulan Juni: Rp 25.421.032
Total: 47.521.088 (sumber: laporan donasi Rumah Quran STAN)

Alhamdulillah, semoga Allah menerima amal ibadah para donatur sekalian.
Semoga pula kekurangan dana yang menjadi selisih (sekitar 30-an juta) dapat Allah berikan kemudahan dan jalan keluar. Aamiin ya Rabb.

***

Santri Masuk Santri Keluar Terjaga

Memikirkan "santri masuk RQ" sudah dilakukan jauh-jauh hari. Gelombang pertama menghasilkan beberapa santri mahasiswa lama, gelombang kedua kebetulan di akhir Ramadhan lalu, memanfaatkan momen pengumuman mahasiswa baru PKN STAN.

Bagaimana registrasinya, apa saja prosedurnya, berapa yang diproyeksikan masuk RQ, bila berlebih siapkah menambah asrama? Itu semua sudah terjawab banyak sekali di bulan Ramadhan, sembari sedikit-sedikit disolusikan di bulan Syawal ini. Hasilnya cukup mencengangkan. RQ harus menambah 1 asrama putri lagi agar mampu menampung peminatan mahasiswi baru. Alhamdulillah, santri masuk tertampung atas izin Allah diberikan-Nya jalan.

Nah, bagaimana sekarang bila kita bicara "santri keluar"? Sebetulnya bukan keluar. Sejatinya tidak ada santri keluar, yang ada seharusnya kami sebut "santri terjaga hafalannya" dan yang akan menambah terus hafalannya (Aamiin). Mereka berjumlah cukup signifikan. Saat RQ gencar menambah santri, santri lulus belum jelas akan dikemanakan. Mereka sedang PKL (praktek kerja lapangan) selama 5 pekan, di saat santri baru banyak yang masuk. Kamar mereka akan tergantikan dengan yang lebih baru hendak mengambil ilmu al-Quran. 

Tahun lalu kuota santri disisihkan untuk mereka yang akan lulus (saat itu wisuda di bulan Oktober). Tahun ini kebijakan sedikit ketat dan meniru 2 tahun sebelumnya; kuota santri yang akan lulus langung tergantikan dengan yang baru. Namun, patut disadari bahwa RQ STAN harus adil dalam menerima santri baru dan memberi kesempatan santri lama. Bagaimanakah solusinya?

Alhamdulillah, beberapa solusi sudah hadir di depan mata. Banyak di antara solusi tersebut datang tiba-tiba. Barangkali Allah telah janjikan dengan istilah "rezeki yang tak disangka-sangka - yarzuqhu min haitsulaa yahtasib". Semoga Allah mudahkan kami dalam mengeksekusi solusi demi solusi ...

Dari beberapa solusi tersebut, tiba-tiba kami terkaget lantaran setelah kami jumlah, ternyata jumlah asrama melonjak tajam dari 3 menjadi 8 asrama. Masya-Allah. Ini sangat jauh dari prediksi target asrama RQ sebelumnya yang hanya 4 di tahun 2017. Mana sajakah 8 asrama tersebut?

*** 

Pemetaan Spot RQ Agustus - Oktober 2017 - Dari 3 melonjak menjadi 8 Asrama

Agustus 2017 santri baru diprediksikan masuk, mahasiswa baru mulai ospek. Oktober 2017 santri lama diprediksikan selesai, mahasiswa calon alumni akan wisuda. Singkatnya ada 3 bulan santri baru dan alumni bertemu dalam satu asrama. Ini dia solusi-solusinya:
  1. RQ PJMI menghasilkan 7 alumni putra yang siap menjaga hafalannya,
  2. RQ MBM menghasilkan 9 alumni putra yang siap menjaga hafalannya,
  3. RQ CEGER menghasilkan 11 alumni putri yang siap menjaga hafalannya,
  4. 7 alumni RQ PJMI dan 3 alumni RQ MBM direncanakan akan ditempatkan di RQ HM NAIMIN (lokasi baru hasil aqad AJB sebelumnya).
  5. 6 alumni RQ MBM akan menyewa rumah di belakang masjid kampus, kami sebut asrama sewa baru ini sebagai RQ C34 (sesuai kode alamat rumahnya). 
  6. 9 alumni putri D3 diplot di rumah yang dipinjamkan sementara, (Barakallahu fiikum kepada pemilik rumah dan semua yang berjasa untuk membantu RQ STAN), kami menyebutkan RQ Komp. Pajak.
  7. 2 alumni putri D1 yang akan PKL (menyusul), akan menyesuaikan selanjutnya. Dapat tinggal di RQ Granada atau ikut ke RQ Komp. Pajak.

Jadi, mana saja prediksi asrama RQ dari bulan Agustus - Oktober 2017?
  1. RQ PJMI: 11 santri putra
  2. RQ MBM: 8 santri putra
  3. RQ C34: 6 santri putra siap lulus (ALUMNI)
  4. RQ HM NAIMIN: 10 santri putra siap lulus (ALUMNI)
  5. RQ CEGER: 12 santri putri
  6. RQ GRANADA: 12 santri putri
  7. RQ C47: 4 santri putri
  8. RQ KOMP PAJAK: 9+2 santri putri siap lulus (ALUMNI)
  • Total santri belum termasuk PP: 74 santri
Apakah akan terealisasi mimpi jangka dekat kami ini?
Wallahu a'lam. Mengurus Rumah Quran memang diperlukan mimpi-mimpi jangka dekat maupun jangka panjang yang terus menerus diikat dengan doa dan mujahadah.

***

Fokus Memantapkan INFRASTRUKTUR

Santri RQ STAN sedang ujian akhir semester (UAS) 2 pekan sejak 17 Juli 2017 di samping banyak di antara santri siap lulus yang masih PKL. 31 Juli (pekan berikutnya), kegiatan masih abu-abu, namun bila yakin, santri pasca-ujian dapat menikmati liburan. Beberapa di antaranya masih harus di kampus mengingat ospek bertajuk DINAMIKA dimajukan menjadi 7-12 Agustus 2017. Lalu, apa gawe RQ STAN di sela-sela kegiatan kampus tersebut?

Menyadari perlu banyaknya asrama dan prasarana pendukungnya, maka fokus RQ STAN di masa senggang kampus ini adalah menunjang infrastruktur. Satu agenda ini dapat ditunjukkan dalam 2 aksi: perbaikan dan pengadaan. Alhamdulillah, Juli 2017 dalam 2 pekan terakhir telah dilakukan perbaikan di RQ GRANADA, RQ PJMI, dan yang masih berlangsung adalah RQ HM NAIMIN. RQ C47 telah diperbaiki sendiri oleh pemilik rumah. RQ MBM belum ada keperluan perbaikan signifikan. Adapun RQ CEGER, pemiliknya cukup aktif membantu sehingga masalah dapat teratasi segera. Tinggal RQ C34 dan KOMP PAJAK saja yang memang belum ditempati sama sekali, belum diketahui kebutuhan perbaikannya.

Untuk keperluan pengadaan, RQ perlu membeli beberapa keperluan besar yang biasanya diadakan secara tahunan sebelum program dimulai, di antaranya adalah: kasur, ranjang susun, dan lemari. Setelah identifikasi, awal Agustus rencananya pengadaan dapat segera ditunaikan, InsyaAllah.

***

Registrasi yang Akan Digulirkan Awal Agustus 2017 - Santri PP

Tujuh puluh enam santri tetap baik yang baru maupun yang akan lulus, semuanya belum termasuk santri PP. InsyaAllah registrasi santri PP sedang disiapkan dengan proyeksi dilaunch pada awal Agustus 2017. Namun demikian, dari rencana 8 lokasi RQ STAN, hanya 3 lokasi saja yang diwacanakan akan menerima santri PP, yaitu:
  • RQ MBM: kuota maksimal 12 santri PP (putra)
  • RQ PJMI: kuota maksimal 8 santri PP (putra)
  • RQ C47: kuota maksimal 10 santri PP (putri)
Kenapa santri PP diregistrasi terakhir? Selain karena faktor prioritas waktu dalam pengagendaan kegiatan RQ di masa senggang yang ternyata cukup menyibukkan ini, sebetulnya juga karena program ini perlu diperketat kualifikasinya. Santri PP 2017 awalnya akan diseleksi dari sisi kebersediaan mereka dalam memanfaatkan liburan untuk kegiatan RQ. Rencananya, sesiapa yang bersedia hadir sepekan sebelum kuliah PKN STAN yakni 26 Agustus 2017, maka sesungguhnya mereka sudah separuh jalan bergabung sebagai santri PP Rumah Quran STAN. Manajemen akan mempertimbangkan aspek lain untuk mendukung kualifikasi santri PP agar mereka mampu beraktivitas selayaknya santri tetap di Rumah Quran STAN.

***

Koordinasi RQ PUSAT Terkait Musyrif dan Santri Tambahan

Rumah Quran STAN sebagai cabang RQ Pusat yang terus berkomunikasi intens dengan RQ Pusat membawa arah kerjasama yang semakin baik. Alhamdulillah, permintaan tambahan musyrif untuk mendukung RQ C47 akhwat yang akan dikombinasi dengan santri PP, separuh jalan dieksekusi. Sudah ada nama yang disiapkan, Alhamdulillah. Artinya, RQ STAN sudah memiliki 4 musyrif/ah pada awal kegiatan nanti InsyaAllah.

RQ PJMI: Ustadz Muhammad Hasan
RQ MBM: Ustadz Ridwan Hakim
RQ CEGER: Ustadzah Nisa Huwaina
RQ GRANADA: Ustadzah Windy Anita Sari
RQ C47: Ustadzah XXX (sudah disiapkan RQ Pusat)
3 RQ Alumni: Tetap pada musyrif/ah masing-masing atau bila perlu akan ditambah musyrif/ah PP

Selain itu, kuota kosong santri RQ ikhwan, yakni 1 orang di RQ PJMI dan 1 orang di RQ MBM berpotensi diisi dari RQ pusat berupa santri beasiswa tahfidz pusat atau takhasus. Santri takhasus dari RQ Pusat yang dititipkan di RQ STAN sudah pernah hadir pada era tahun 2012-2013 lalu dan menghasilkan 2 sosok hafidz dan 1 orang hafidzah, Alhamdulillah. Namun, untuk kepastian kuota ini terisi oleh santri takhasis, hal ini baru menjadi wacana. Semoga Allah mudahkan dan hasilkan yang terbaik.

***

Perancangan Opening RQ Belum Ditetapkan

Alhamdulillah bergulirnya perkuliahan PKN STAN diawali sebelumnya dengan hari nahar, hari raya nya umat muslim dalam merenungi makna pengorbanan. Kami patut bersyukur atas kehadiran hari raya ini, karena santri RQ STAN diwajibkan hadir sepekan sebelum kuliah dimulai salah satu alasannya adalah karena masyarakat membutuhkan mereka dalam rangka menyemarakkan hari tersebut. Inilah faktor hubungan baik/ukhuwah yang kudu dijalin antara santri dengan masyarakat setempat dalam mensyiarkan agama.

Hari nahar mengisyaratkan pembukaan RQ STAN sulit dilangsungkan di hari tasyrik lantaran masjid masih dalam masa berqurban (ini akan kami kaji dalam mempertimbangkan agenda opening RQ). Selain itu, padatnya agenda mahasiswa baru berupa capacity building menjadi faktor lain belum dapat ditetapkannya opening RQ STAN.

Kemungkinan terakhir (Plan Z), mengisyaratkan bahwa opening RQ STAN dilangsungkan pada 9 atau 10 September, bahkan 2 pekan setelah RQ STAN dimulai pada 27 Agustus 2017. Bagaimanapun juga kami masih beristikharah menentukan hari. Ya, hari tersebut memang terbilang penting karena menjadi kanal motivasi awal agar santri semangat mengikuti hari-hari selanjutnya bersama Rumah Quran STAN.

***

Pemetaan Kembali Para Donatur

Agenda ini sedang dalam proses perancangan. Alasannya jelas sekali. Banyaknya persiapan, banyaknya asrama yang akan dikelola, banyaknya pula dana yang diperlukan. Kami masih optimis dengan dana RQ STAN yang akan diperoleh. Apalagi, sebulan terakhir ini sudah ada 1 donatur bersedia menanggung sewa satu rumah quran yang berkisar antara 20-an juta Rupiah, Masya-Allah.

Kalau kami dapat merapihkan database donatur, terutama mereka yang rutin menyumbang untuk mendukung kegiatan Rumah Quran STAN. insya-Allah kami dapat menyampaikan info-info yang lengkap terkait perkembangan RQ, yang berimbas pula pada empati akan rutinitas donasi.

***




Demikian,
semoga menginspirasi
semoga bermanfaat

Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlul Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |