Home » » Wakaf Rumah Tahfidz - RQ STAN (Proposal Dapat Diunduh)

Wakaf Rumah Tahfidz - RQ STAN (Proposal Dapat Diunduh)

Penulis : Ruqun Stan on Selasa, 06 Juni 2017 | 16.27.00


Kalau sudah bicara kekuasaan Allah, maka takkan ada lagi kemustahilan dalam kamus kita. 

Tentu kalimat ini didukung dengan dalil "kun fayakun" seperti pada QS Al Baqarah 117 berikut ini:
"Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia."

Inilah output proposal kami di bulan Sya'ban dan Ramadhan ini (silakan klik untuk mengunduh) 



***

Flash-Back
Beberapa bulan lalu, Manajemen Rumah Quran STAN sempat berikhtiar mencari tanah untuk masa depan RQ STAN. Namun, pertimbangan calon lokasi tanah terkendala faktor strategis dan faktor dana. Saat berikhtiar tersebut, dana kami ada di kisaran 50-jutaan (sudah dikurangi alokasi operasional). Namun, keyakinan bahwa "akan ditolong Allah" muncul dari lubuk hati kami.

***

Mengapa Harus Investasi Tanah/Bangunan?
Sedikitnya dua alasan "mengapa" kami perlu memiliki tanah/bangunan:
  1. Memperingan beban RQ STAN, sehingga sunk cost (biaya yang terpakai) untuk sewa dapat dialihkan untuk kegiatan dengan daya dorong yang maksimal, seperti tahfidz camp RQ STAN selama beberapa kali setahun, Mukhoyam Quran, maupun kegiatan lain yang kemaslahatannya dapat menjangkau lapisan masyarakat di sekitar RQ STAN (seperti mendukung TPA-TPA di sekitar RQ, bekerja sama dengan lembaga dakwah kampus PKN STAN untuk aktivitas dakwah mahasiswanya, dll.).
  2. Membuka kesempatan bagi para dermawan untuk mendapatkan bagian harta yang paling berharga, karena pahala akan mengalir selagi pemanfaatan untuk mencetak penghafal Quran terus dilakukan.
***

Alhamdulillah, Pertolongan Allah itu Datang 
Seorang donatur menghubungi musyrif RQ STAN untuk merencanakan transaksi akhirat. Dengan syarat yang sangat sederhana, beliau bertutur, "Keluarga saya mau sedekah 250 juta untuk beli rumah, tapi nanti rumahnya dikasih nama Rumah Quran HM Naimin yaa." 

Ini benar-benar di luar rencana RQ STAN. Tak termaktub dalam rencana kerja tahunan. Di luar prediksi logika manusia yang sungguh terbatas. Muncul di tengah-tengah kegalauan "beli tanah, enggak, beli tanah, enggak". Tapi ini dari Allah, ya dari Allah. Dari siapa lagi? Bapak itu hanya sarana yang Allah gunakan untuk Allah kasih. Alhamdulillah.

***
Buat Yayasan Dulu atau Buat AJB Dulu?
"Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap waktu", QS Ath-Thalaq ayat 3 

Setelah rezeki datang, galau turut hadir pula. Demi mengefektifkan proposal, apakah perlu membuat yayasan terlebih dahulu? Atau sekiranya RQ STAN sudah cukup dikenal, akankah membuat akta jual beli rumah lebih efektif?

Dari hasil musyawarah, pada akhirnya RQ STAN mengambil opsi kedua. Qadarullah, Allah wafatkan Ustadz Fadlil Usman Baharun rahimahullah, salah satu alasan progres yayasan distop terlebih dahulu, sembari AJB diupayakan. Namun demikian, kebutuhan pendanaan untuk si empunya rumah membuat AJB masih belum dapat ditunaikan.

***
Dana Operasional RQ Tergerus Dana Investasi
Salah satu kesyukuran sekaligus cobaan Ramadhan adalah dana RQ terpakai. Bersyukur karena Allah izinkan para donatur mendapatkan pahala atas digunakannya dana tersebut untuk RQ STAN (tidak tersimpan). Cobaan karena Ramadhan seperti sepi dari kegiatan RQ STAN. 

Eits... tunggu dulu. Alhamdulillah ramainya semangat Ramadhan dari para mahasiswa PKN STAN mempertimbangkan RQ STAN tidak perlu cawe-cawe. Ya Allah semoga cukup kebermanfaatan itu dirasakan oleh seluruh mahasiswa/i dari hasil jerih payah dakwah Ramadhan yang digelontorkan para shalihin/shalihat yang sebagiannya adalah mahasiswa RQ STAN.

Nah, salah satu yang membuat sepinya rekening RQ STAN (bukan sepinya kegiatan) adalah: teralokasinya dana operasional untuk pembelian rumah wakaf. Dalam proposal, nilai wakaf tercatat 320 juta + 10 juta (AJB) + 20 juta (SHM) + 5 juta (Akta Balik Nama Wakaf) = 355 juta. Alhamdulillah, transfer pembelian rumah hampir mencapai 100%, sembari disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah, sehingga dari total 320 juta yang diberikan ke penjual rumah, 250 juta telah disuplai donatur platinum, dan 55 juta dari dana operasional RQ STAN, sehingga 15 juta masih belum terbayarkan (update per 6 Juni 2017).

Dari sekilas data di atas, dapat disimpulkan bahwa AJB belum dapat dilaksanakan karena dana operasional RQ STAN telah Allah izinkan dalam kondisi minimalis sembari proposal diedarkan :)

Satu hal yang menjadi keyakinan kami:
Minimnya isi rekening adalah pertanda Allah akan isi lagi :D

***
Di Ramadhan mubarak ini, manajemen RQ STAN memohon bantuan, terutama doa. Agar rumah ini menjadi salah satu gudang senjata RQ untuk mencetak peluru penghafal Quran, di samping spot RQ-RQ STAN yang lain.

InsyaAllah 2018 akan termanfaatkan 5 spot RQ:

RQ PJMI (sewa)
RQ MBM (guna-pakai)
RQ CEGER (sewa)
RQ GRANADA (guna-pakai)
RQ HM NAIMIN (milik RQ)

Alhamdulillah, Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Catatan: Untuk kegiatan Ramadhan RQ STAN, insyaAllah akan dilaporkan dalam artikel tersendiri :)
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |