Home » » Terbaru dari RQ STAN: Quranic Online Quiz (QOQ)

Terbaru dari RQ STAN: Quranic Online Quiz (QOQ)

Penulis : Ruqun Stan on Minggu, 26 Maret 2017 | 17.23.00

Zaman telah berubah. Teknologi hasil globalisasi mengkatalis perubahan itu. Manusia sebagai produk generasi bahkan diteliti telah berubah. Ada yang mengistilahkan tahap perubahannya: baby boomers, generasi X, Y, hingga Z. Baby boomers merupakan kelahiran di era Perang Dunia. Generasi X lahir di era 60 hingga 70-an. Generasi Y era 80-an, hingga generasi Z era tahun 94-an ke atas. Salah satu indiksi perubahan itu adalah pola perlakuan mereka terhadap gadget.

Bila generasi Baby Boomer tidak mengenal apa itu gadget, generasi X mengenal gadget hanya untuk menelepon saja. Generasi Y akan paham bahwa gadget bisa dipakai selain untuk menelepon. Generasi Z jauh lebih memanfaatkan gadget, bahkan seluruh aktivitas kalau perlu menggunakan gadget.

Perubahan generasi ini menuntut para asatidz/ah di segala bidang dakwah untuk turut menyesuaikan. Dakwah Quran yang digarap oleh Rumah Quran STAN misalnya telah menginisiasi QOQ sebagai bentuk penyesuaian akan karakter sasaran dakwah yang mayoritas memasuki generasi Z. Berkepanjangan Quranic Online Quiz, QOQ menjadi salah satu jembatan RQ STAN agar dikenal oleh khalayak muslim/ah PKN STAN. Ini bukan hasil penelitian. Ini hanya sebentuk ikhtiar dalam rangka menggapai ridha Allah rabbul jalaali wal ikraam.

***

QOQ Berbasis Kahoot!
Quranic Online Quiz versi RQ STAN pertama kali dipresentasikan saat agenda Murajaah Focus akhir Februari 2017, dengan sarana aplikasi berbasis e-learning “Kahoot!”. Kahoot yang pertama kali dikenalkan pada 2013 di Norwegia, coba dimanfaatkan oleh manajemen RQ STAN untuk menanggulangi wabah tidur bakda Subuh pasca-agenda mabit. Senin, 20 Februari 2017, dipresentasikan 3 kali Kahoot:
  • Quiz halaqah tarbawiyah 3 bulan pertama (sebagai uji coba)
  • Quiz melanjutkan hafalan juz 30 level mudah (dengan 3 hadiah utk 3 peringkat teratas)
  • Quiz tahsin pra-UTS (dengan 3 hadiah untuk 3 peringkat teratas)
Hasilnya tercapai. Tak ada yang ngantuk sama sekali. Semua santri tampak antusias mengikuti game via HP masing-masing. Padahal waktu itu bakda Subuh, padahal mereka usai menjalankan qiyamul lail yang boleh jadi membuat letih tubuh, padahal agenda sebelumnya cukup padat merayap.

Dalam mempresentasikan Kahoot!, seorang presenter harus berbekal minimal laptop, LCD proyektor, dan jaringan internet. Masing-masing peserta juga harus berbekal smartphone, tablet, atau laptop yang tersambung ke jaringan internet. Pada layar LCD, presenter akan menyajikan beberapa buah soal untuk dijawab dengan 2 hingga 4 pilihan jawaban (multiple choice). Adapun, peserta hanya akan melihat kode pada masing-maing gadget-nya, sehingga tetap perlu memperhatikan LCD di depan. Tiap selesai menjawab soal, layar LCD akan menyajikan jawaban yang benar sekaligus klasemen peringkat. Di sinilah, mengapa Kahoot! seru dijadikan bahan game untuk mencairkan suasana kelas, seminar, atau sesi dalam ruangan lainnya.

QOQ Berbasis Quizizz
Alternatif lain dari Kahoot! masih banyak. Salah satunya Quizizz. Sebagai salah satu aplikasi quiz berbasis e-learning, tampilan Quizizz lebih mirip media sosial. Bila facebook menampilkan status masyarakat public yang menjadi “friend” akun kita, maka Quizizz menampilkan quiz public yang sudah dicoba berbagai kalangan akun quizizz. Fungsinya juga lain dari Kahoot! yang eksis di dalam kelas dengan sarana LCD proyektor. Quizizz mengetengahkan 2 fitur utama, yakni:

1.    Live

Mempresentasikan quiz menggunakan layar LCD dimana layar hanya menampilkan klasemen sepanjang quiz mulai hingga berakhir, dimana tiap peserta satu ruangan sibuk menjawab quiz pada gadget masing-masing (soal+jawab tersaji di gadget masing-masing), sehingga keseruannya hanya untuk masing-masing personal. Pengerjaan quiz tidak bersamaan seperti Kahoot! melainkan mulai sendiri-sendiri, selesainya pun bisa jadi berbeda-beda waktunya. Begitu seluruh peserta selesai mengerjakan, peringkat fix akan tertampil di layar LCD (admin).

2.    Homework
Fitur inilah yang digunakan RQ STAN untuk menyebarkan Quranic Quiz, karena pengerjaannya bisa dilakukan tanpa Live, yaitu di berbagai lokasi peserta yang tercakup jaringan internet, tentunya dengan gadget masing-masing. Admin dapat memantau berapa peserta yang ikut, siapa yang juara hingga habisnya waktu quiz. Bila fitur Live untuk sekali quiz di ruangan, maka fitur homework dapat diatur hingga maksimal 2 minggu quiz dapat dikerjakan. 

***

QOQ Spesial untuk Muslim/ah PKN STAN
Alhamdulillah QOQ berbasis Quizizz berfiturkan homework direncanakan akan secara rutin menjadi sarana “customer relationship” ala RQ STAN. Selain FHQ MBM sebagai sebaran dakwah Quran riil degan target jelas hasil sinergi bersama MBM, QOQ tiap 2 minggu atau maksimal sebulan ini akan menguji muslim/ah STAN untuk secara penasaran mengikutinya. Paling tidak, inilah gambaran bila QOQ berspora ke berbagai gadget yang dimiliki muslim/ah PKN STAN:
  • Ada broadcast dari grup medsos muslim (baik via mentoring, FHQ MBM, dll.)
  • Ada kode URL untuk masuk ke quiz-nya,
  • Ada soal-soal yang secara tidak langsung menggoreng rasa penasaran,
  • Ada rule yang dihimbaukan ke para peserta quiz online,
  • Ada internal control yang sudah disiapkan untuk meminimalisasi pelanggaran rule,
  • Ada 3 hadiah tiap kali quiz,
  • Ada jawaban yang akan dibahas di channel RQ STAN, khususnya website agar rasa penasaran terobati.
Semoga dengan rancang bangun project baru ini, banyak muslim/ah yang ikut andil, penyebaran buku muslim atau hadiah yang bermanfaat dapat secara sporadis dilakukan, dan virus pemahaman Quran atau penghafalan Quran sebagai intisari dari materi-materi quiz dapat tersebar menjadikan muslim/ah makin penasaran dan justru makin dekat dengan Quran. 

Satu lagi; bisa jadi project ini akan ditiru. Quranic Quiz akan dicopy menjadi materi-materi lain yang tingkat urgenitasnya lebih rendah dibanding dengan materi Quran. Namun, seperti kata-kata mutiara dari tokoh penggiat kreativitas inovasi, “Bila kreasi inovasimu ditiru, jangan berhenti. Lakukan kreasi inovasi yang lain. Begitu seterusnya…”

Dan yakinlah, Al-Quran adalah sumber dari segala sumber ide dengan tetap berpijak pada syariat Islam.

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS Al Qomar: 17, 22, 32, 40)”
 
Allahummarhamna bil Qur’aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |