Home » » Reportase Ringkas Murajaah Focus - Februari 2017

Reportase Ringkas Murajaah Focus - Februari 2017

Penulis : Ruqun Stan on Minggu, 26 Maret 2017 | 11.32.00

Malam pertama - Murajaah Focus
Bayangkan sebuah sungai yang lebar lagi dangkal. Diinstruksikan bahwa; mau tidak mau kita harus menyeberang seiring dengan perjalanan waktu. Nah, agar tubuh tidak basah oleh air segar yang melalaikan (bukan menghanyutkan ya), diperlukan jembatan yang menancap pada satu sisi juga sisi lainnya. Tancapan sisi satu kita namai TAHFIDZ CAMP. Tancapan sisi satunya kita juluki MURAJAAH FOCUS. Dua tancapan yang berfungsi sama. Agar jembatan kokoh, agar tubuh tidak basah oleh air segar yang dikhawatirkan melalaikan. Tapi kalau pun basah tak mengapa. Pun si penyeberang masih bisa mengeringkan baju. Hanya saja butuh waktu lebih lama.

Inilah analogi ringkas momen liburan mahasiswa/i PKN STAN pada Februari 2017 sekira 3 minggu lalu. Rumah Quran STAN berharap para santri tetap terjaga semangat dan ruhiyahnya untuk berinteraksi intens dengan Al-Quran. Dari situlah, RQ STAN menyajikan 2 tancapan membentuk jembatan dengan nama dan julukan di atas.
.
***
.
Tancapan Kedua: Murajaah Focus atau Murajaah Camp?
Murajaah Focus awalnya bertajuk Murajaah Camp. Memanfaatkan momen pasca-liburan sekaligus Pekan Mahasiswa/Olimpiade, rasa-rasanya santri  perlu dikuatkan dari dua sisi sekaligus, yakni pemurajaahan (mengulang kembali) hafalan Quran dan pemurajaahan materi tahsin/tajwid yang sudah diajarkan. Oleh karenanya digubahlah tajuk FOCUS, agar santri RQ memprioritaskan dua fokus di atas. Singkatnya; mabit bukan sekedar mabit, tapi ada tujuannya.

MF diselenggarakan di 2 lokasi pada 3 waktu berbeda, dengan berfokus pada agenda malam dan pagi (karena siang hari ada Pekan Mahasiswa). Walaupun 3 kali mabit sepekan membuat tubuh mungkin pegal-pegal, namun keseruan kegiatan melupakan keletihan yang membekap, hingga hanya tertampak sajalah keindahan dan kemesraan bersama Quran. Beginilah ringkas agendanya:

•    Malam 1:  20/02/2017 bertempat di Masjid AnNur (Focus: Pengantar Halaqah Quran)
•    Malam 2:  22/02/2017 bertempat di Masjid Baitul Maal (Focus: Materi Tahsin 1/2)
•    Malam 3:  24/02/2017 bertempat di Masjid Baitul Maal (Focus: Materi Tahsin 2/2 dan Ujian Pengajar Quran)

***

Malam 1
Bakda Magrib di Masjid An-Nur, makan malam sudah siap. Sembari menunggu santri datang. InsyaAllah agenda Magrib cukup untuk santri bermesraan dengan Quran. Bakda Isya’-nya, Ustadz Imam al-Faruq (da'i Dompet Dhuafa sekaligus penggiat halaqah Quran nusantara) berceramah memberikan motivasi menjadi pengajar Quran. Alhamdulillah santri antusias, termasuk saat qiyamul lail masing-masing, hingga bakda Subuh sekalipun, tak ada satu santri pun yang tertidur. Lho kok? Hehe, Maklum Bakda Subuh merupakan agenda quiz online melalui laptop dan smartphone masing-masing dengan sarana aplikasi getkahoot.com. Dua kali Quiz; yaitu lanjut ayat juz 30 dan materi tahsin dipresentasikan, dengan motivasi utama bagi-bagi hadiah manajemen RQ STAN sekaligus refreshing materi tahsin. Alhamdulillah, nasi uduk menjadi pengakhir kegiatan.

Malam 2 
Malam ke-2, kegiatan diawali dengan kajian ustadz Farid Nu’man yang merupakan peng-awal agenda rutin Masjid Baitul Maal PKN STAN. RQ STAN nebeng, agar santri-santri ikut menyimak kajian. Masuk waktu 21.30, getkahoot.com dikeluarkan lagi sembari diisi materi tentang seluk beluk halaqah Quran, meliputi apa yang harus dilakukan saat menghandel halaqah Quran, istilah-istilah unik, termasuk teknis kegiatan halaqah. Berbentuk quiz, materi malam ke-2 ini berakhir pukul 23.30 dan ditutup dengan 3 hadiah untuk peraih nilai quiz tertinggi. Qiyamul Lail dan waktu Subuh diikuti dengan materi kebut tahsin oleh Ustadz Hasan menjadi agenda utama. Alhamdulillah, lancar. Tak lupa, sarapan kembali sebagai pengakhir agenda.
Materi Kebut Tahsin diisi oleh Ustadz Hasan, RQ STAN

Malam 3 
 Malam ke-3 agenda dilakukan kembali di Masjid Baitul Maal dimulai lebih awal, yakni bakda ashar (pukul 17.00) berupa lanjutan materi kebut tahsin Ustadz Hasan (pemurajaah materi yang sudah pernah disampaikan). Bakda Magrib makan malam, dilanjut bakda Isya’, yakni Ujian Calon Pengajar Quran. Ujian dilakukan oleh 3 penguji; ustadz Hasan, ustadz Heri, dan istri beliau. Dua asatidz menguji ikhwan, satu asatidzah menguji akhwat, hingga pukul 23.00 malam.

Pukul 02.00, Qadarullah listrik mati di area Masjid Baitul Mal. Walau diselimuti pencahayaan seadanya, santri satu per satu Qiyamul Lail. Bakda Subuh, agenda quiz online getkahoot.com diskip digantikan dengan mengejar pahala haji dan umrah sempurna-sempurna-sempurna, taqabbalallah (aamiin). Alhamdulillah, sarapan terakhir terhidang menutup kegiatan. Listrik baru hidup agak siangan :)

Mengapa Diselipkan Ujian Calon Pengajar Quran
Mengapa ada kegiatan terakhir ini? Alhamdulillah FHQ MBM kembali akan bergulir di semester 2 PKN STAN. Peserta diprediksikan membludak (200-an), sehingga RQ STAN diharapkan menjadi kawah candradimukanya pengajar Quran PKN STAN. Walau terkesan terburu-buru, kami mohon doa kepada Allah agar seluruh rangkaian kegiatan ini tidak diboncengi oleh syetan. Agar pengajar yang terpilih amanah dan senantiasa menambah kualitas bacaan dan hafalannya. Agar FHQ MBM mewarnai dakwah Quran di bumi nusantara. Karena kami yakin, santri-santri RQ STAN dan FHQ MBM nantinya yang akan menjadi punggawa keuangan negara di penjuru negeri ini.

Belajar sebelum ujian tatap muka - calon pengajar Quran

Ujian calon pengajar Quran
Satu kalimat terakhir: Output Murajaah Focus adalah kualitas penyelenggaraan FHQ MBM, sebuah wadah dan forum kumpulan majelis/halaqah para calon penyempurna bacaan Quran tiap Sabtu dan Ahad sore di Masjid Baitul Maal (baca: FHQ MBM Bergulir Kembali)

Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |