Home » » Agenda November 2016 dan Prospek Rumah Quran STAN 2017

Agenda November 2016 dan Prospek Rumah Quran STAN 2017

Penulis : Ruqun Stan on Kamis, 08 Desember 2016 | 10.35.00

juara lomba mind mapping (juara 1 s.d. 3 dari kiri ke kanan)

Prinsip harakah-sakinah menyadarkan kita akan pentingnya jasad untuk terus bergerak (harakah) dan hati untuk terus menenang (sakinah). Baca Antara Harakah dan Sakinah. Oleh karena itu, Rumah Quran STAN tetap berusaha menjaga tempo dinamika-nya agar kapasitas santriwan/wati terbina dengan baik. Toh, ini juga wujud amanah terhadap dana yang telah diikhlaskan para donatur. Berikut beberapa momen yang terhampar di November 2016:

1. 3 Hari = 1 Juz
Agenda ini terlaksana di tanggal 11-13 November 2016 bekerjasama dengan RPM (Rumah Pemberdayaan Masyarakat) Pamulang. Baca 3 Hari = 1 Juz. Membawa 4 santriwan terbaik pilihan musyrif dan 1 santri biaya sendiri, RQ melakoni agenda ini semaksimal mungkin. Momennya juga pas, pasca-ujian PKN STAN. Sejatinya agenda ini ibarat penjajakan manajemen RQ untuk membikin agenda serupa. Semoga. 

2. Pengumuman Lomba Mind Mapping
Lomba mind mapping yang dibuka pada Opening RQ 5 September 2016, akhirnya diumumkan juga. Tujuan lomba ini tak ubahnya agar santriwan/wati memiliki visi, mimpi, harapan, cita-cita yang luhur bersama Rumah Quran. Kalaupun santri sudah punya cita-cita, dengan masuk RQ cita-cita tersebut tak berubah, bahkan makin kuat. Ada yang punya cita-cita menjadi pejabat Kemenkeu, widyaiswara, pengusaha, bisnis kuliner, hingga Bupati Cianjur. Tak kalah visioner, ada juga yang bercita-cita husnul khatimah.
 
Dengan mind mapping, diharapkan kamar santri berisi doa-doa terhadap mimpi-mimpi mereka, saling mendoakan satu sama lain.

inilah hasil karya santriwan/wati RQ STAN 2016

3. Penutupan RQ Komp Pajak dan Pemindahan ke RQ Granada
Sub-visi RQ tahun 2016 yang diharapkan mengelola 4 Rumah Quran masih belum terealisasi secara utuh. Dua kendala yang saling mempengaruhi adalah animo RQ putri yang belum memenuhi kuota untuk membuat 1 RQ putri ke-2 dan belum mampunya RQ menghadirkan musyrifah. Pembinaan musyrifah tetap dilakukan bekerja sama dengan RQ Indonesia dimana Ustadz Fadlyl Usman Baharun sebagai mudhir. 

Pada 25 September 2016, kontrak rumah RQ Komp Pajak telah habis. Dua bulan di-extend (penambahan kontrak sewa), RQ putri pun akhirnya pindah pada 19 November 2016. Sejatinya RQ Komp Pajak berisi santriwati yang telah lulus PKN STAN, namun mereka masih merindui RQ, sehingga tetap bertahan, walau harus disatukan tempat tinggalnya dengan santri RQ CEGER yang berisi mayoritas mahasiswi tahun ke-2 dan ke-3 PKN STAN. 19 November bukan berakhirnya RQ Komp Pajak, namun dimulainya RQ Granada.

Apa itu RQ Granada? Berlokasi juga di Komp Pajak (cenderung lebih dekat ke Jalan Ceger), RQ ini diproyeksikan menjadi RQ putri ke-2 pada tahun 2017. Namun, sebelum menjadi asrama utuh, manajemen telah menyiapkan agenda-agenda instan untuk memaksimalkan peran calon asrama yang satu ini. Lihat penampakannya yang masih baru:

mohon doa agar pada tahun 2017, asrama RQ Granada dapat dimanfaatkan

4. Mutabaah Perdana Ustadz Fadlyl Usman Baharun
Setelah pada pembukaan RQ STAN 5 September 2016 lalu Ustadz Fadlyl berhalangan hadir, akhirnya kami mengagendakan kegiatan insidental khusus beliau sebagai pemacu semangat santri untuk terus berinteraksi bersama Al-Quran. Terlaksana Alhamdulillah pada Sabtu, 26 November 2016 bertempat di Masjid Baitul Maal. Baca Agar Berjodoh dengan Al-Quran: Sebuah Catatan Mutabaah Rumah Quran

5. Refreshing Futsal
Tahun 2015, futsal hanya diagendakan sekali, yakni untuk santriwan asrama RQ PJMI. Kali ini, futsal diselenggarakan kembali khusus RQ MBM. Semoga bisa lebih konsisten untuk menguatkan jasadi santri, terutama agar senantiasa fit dalam menghafal, memurajaah, juga dalam beramal jama'ah di kampus PKN STAN.
menguatkan qawiyyul jism (jasmani yang fit)

Prospek Rumah Quran STAN 2017
Selain itu dalam kesempatan ini pula, kami mohon doa kepada muslimin-muslimat agar kegiatan jangka pendek yang bermanfaat secara langsung bagi santri RQ STAN dapat terlaksana dengan optimal, di antaranya:
1. Tahfidz Camp (pasca-UAS PKN STAN - sebelum libur semester ganjil)
2. Muraja'ah Camp (pasca-liburan semester ganjil - sebelum masuk semester genap)

Mohon doa pula karena RQ STAN bulan-bulan ini dalam masa ikhtiar untuk melangkah lebih profesional lagi, yakni dengan memprioritaskan agenda eksternal berupa penjajakan pembuatan yayasan dan drafting wakaf tanah.

Bismillahitawakkalnaa 'alallah.
Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlul Qur'aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |