Home » » Rincian Agenda RQ - Oktober 2016

Rincian Agenda RQ - Oktober 2016

Penulis : Ruqun Stan on Kamis, 24 November 2016 | 16.52.00

tamu dari Palestina membantu sesi talaqqi RQ PJMI

Rutinitas Halaqah

Alhamdulillah, rutinitas Rumah Quran berlangsung cukup intens. Senin s.d. Jumat tetap berlangsung kegiatan malam di Rumah Quran putra dan kegiatan pagi di Rumah Quran putri. Beberapa santri masih terus berusaha mengikuti pembiasaan kegiatan. Terutama bagi santri yang masih belajar materi tahsin, sekaligus menunjang internalisasi ilmu tahsin tersebut dengan tilawah 3 juz per hari. Tidak mudah memang, karena hasil laporan di grup whatsapp rata-rata santri hanya bisa tilawah antara 1-2 juz per hari. Namun, kembali ke niat awal. Proses inilah yang semoga terus dibingkai dengan mengharap ridho Ilahi. Allahummarhamnaa bil Qur’aan.
 
Sedangkan untuk santri tahfidz agendanya masih kejar setoran dan murajaah. Format murajaah memang tidak diikat, tergantung metode yang cocok –saking banyaknya metode menghafal dan murajaah yang berkembang akhir-akhir ini-.

Sebagai catatan, 3 RQ STAN di bulan Oktober ini masih aktif (PJMI, MBM, dan CEGER), sementara 1 RQ putri di Komplek Pajak mengalami vakum. Hal ini disebabkan ke-7 santri lulus dari Kampus PKN STAN dengan jadwal wisuda pertengahan Oktober, dan TKD pada awal November 2016. Berita bahagianya, tidak ada santri lulus RQ STAN yang tidak lulus TKD.

Dari yang Tereliminasi, Siap Mengabdi, Hingga Baru Terseleksi
Sejak RQ dibuka pada tanggal 5 September 2016, terjadi beberapa manuver database santri RQ STAN.

  1. Dari RQ PJMI putra; 4 orang tercatat akan lulus PKN STAN berstatus siap mengabdi. Namun, 2 orang masih ikut kegiatan RQ walau tidak seintens adik-adik kelasnya. 2 orang yang lain, sedari awal tidak pernah hadir sehingga dinyatakan tidak masuk database santri RQ. Alhamdulillah ke-4-nya sudah pernah merasakan atmosfer RQ pada tahun sebelumnya. InsyaAllah siap mengabdi (baca: wisuda dan penempatan kerja).
  2. Masih di RQ PJMI putra; 2 orang yang sudah berkomitmen, ternyata gagal memenuhi. Yang satu sibuk berorganisasi, yang satu lagi diklaim Drop-Out dari PKN STAN (walaupun ternyata hanya salah entri nilai). Keduanya santri baru. Kami mendoakan semoga Allah berikan keistiqomahan walaupun tidak bersama kami di Rumah Quran.
  3. Dari RQ MBM putra; 2 orang tercatat akan lulus PKN STAN. Sama dengan poin 1, keduanya rutin setoran di RQ, namun kesibukan akhir kelulusan jua-lah yang mengalihkan.
  4. Masih di RQ MBM putra; 1 santri DropOut diikat agar tetap di RQ, karena tak ada kaitannya DropOut dengan hilangnya status santri. Sembari kami berdoa semoga masa depan yang lebih sukses.
  5. Dari RQ Komplek Pajak, satu-satunya santri belum lulus dari sana pindah ke RQ Ceger agar lebih dekat. Sedangkan RQ Komp Pajak sendiri sudah seperti RQ bonus, karena agenda dengan musyrifah yang sama dengan RQ Ceger namun intensitas yang mulai berkurang lantaran santri mulai tersibukkan oleh persiapan kelulusan.
  6. Nah, yang terakhir ini, manajemen membuka close-recruitment Rumah Quran khusus putra. Alhamdulillah terwawancara 3 orang; 2 ditempatkan di RQ PJMI, 1 RQ MBM.
Dengan 6 macam perubahan tersebut, maka database santri menjadi:

  • RQ PJMI: 8 santri tetap, 7 santri PP, 2 santri transisi lulus (Total = 17)
  • RQ MBM: 10 santri tetap, 9 santri PP, 2 santri transisi lulus (Total = 21)
  • RQ CEGER: 12 santri tetap (Total = 12)
  • RQ Komp PAJAK: 7 santri transisi lulus (Total = 7)
Total Santri RQ = 57 santri
RQ MBM tahun ini lebih banyak daripada RQ PJMI

Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester/UTS Kampus PKN STAN terjadwal 31 Oktober s.d. 11 November 2016. Maka, Rumah Quran pun menggelar UTS Tahsin lebih dari 7 hari sebelumnya, yaitu Kamis, 20 Oktober 2016. Tentu pertimbangannya agar agenda RQ tidak menjadi bumerang bagi akademis mereka. Alhamdulillah seluruh santri tahsin nyaris hadir semua. 1 orang berhalangan karena sakit di puskesmas.

Teknis ujian, meliputi 2 sesi. Sesi tertulis memerlukan waktu lama dan menguji teori tajwid. Sedangkan sesi talaqqi sekadar bertatapan muka menyetorkan bacaan, sudah sesuaikah bacaan dengan teori tajwidnya. Berlangsung pada malam bakda Isya', santri putra menjalankan sesi tertulis dan sesi talaqqi dengan musyrif dan manajemen. Adapun untuk santri putri, sesi tertulis dilakukan bersamaan dengan putra, sedangkan sesi talaqqi-nya esok paginya dengan musyrifah.
UTS Tahsin RQ di Masjid AnNur PJMI

 
Mabit Rumah Quran Sejabodetabek
Bagi Rumah Quran, kegiatan mabit terbilang istimewa. Semalam mengaji, berramai-ramai qiyamul lail, mengukuhkan ruhiyah agar siap menghadapi amanah dunia. Maka, manajemen sangat berharap sanri rutin mengikuti mabit. Walaupun belum dapat fokus swadaya mengelolanya (paling tidak perlu bekerjasama dengan masjid terkait).
 
Santri putra RQ PJMI dan RQ MBM berfoto di depan Masjid Balaikota Depok pasca-mabit
Mabit RQ lebih istimewa lagi, karena santri akan berjumpa dengan sesama pejuang penghafal Quran dari kampus lain. Ya, kampus lain. Karena ‘franchise’ RQ tersebar di kampus-kampus, sebagai kawah candradimuka-nya pemuda, pejuang masa depan bangsa. Sebut saja; RQ UI, RQ IPB, RQ Pasming (sekitar LIPIA), RQ Al-Hikmah, RQ STIS, dan RQ UIN.
Semoga makin menguatkan ukhuwah dan memantapkan asa meraih ridha Illahi.


Program Kerjasama dengan RUKUN-ANNUR
Apa itu RUKUN-ANNUR? Ialah Rumah Keluarga Quran An-Nur, mirip sekumpulan halaqah Quran bertajuk FHQ (Forum Halaqah Quran), namun disesuaikan dengan kebutuhan karakter jamaah masjid An-Nur Komplek PJMI. PJMI sendiri merupakan tuan rumah RQ PJMI, sehingga program-program masjid An-Nur banyak terbantu kehadiran santri RQ PJMI.

Dalam RUKUN-ANNUR, direncanakan 2 versi: Versi pertama, forum halaqah Quran bertempat di masjid dengan peserta mereka yang mau datang ke masjid untuk shalat dan belajar baca Quran (tahsin). Versi kedua, privat di rumah, dengan sasaran mereka yang merasa nyaman belajar di rumah sendiri dengan mengajak anggota keluarganya. 

Tantangannya adalah, RQ PJMI (dan RQ lainnya) harus bersiap-siap mengukuhkan diri mencetak pengajar Quran. Alhamdulillah, telah dimulai dari musyrif yang sudah banyak bergelut dengan privat mengajar di rumah jamaah masjid. Bismillah...
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |