Home » » Agenda Rumah Quran Selama Ramadhan 1437 H

Agenda Rumah Quran Selama Ramadhan 1437 H

Penulis : Ruqun Stan on Sabtu, 09 Juli 2016 | 11.03.00

Manajemen Rumah Quran mengambil inisiasi mengepompong di bulan dilombakannya berbagai ketaatan. Karena kepompong identik dengan berdiam diri di dalam, meminimalisasi aktivitas di luar, konsekuensinya adalah pemberitaan RQ menjadi minim, bahkan proposal pun tak prioritas disebarkan, dikalahkan oleh pengepompongan individu di internal RQ. Untuk itu, begitu tamu Ramadhan bertolak, kami segera rangkum update/perkembangan Rumah Quran selama bulan Ramadhan, sebagai berikut:


1. Penugasan Resmi Manajemen RQ

Selama Ramadhan, hasil musyawarah manajemen-musyrif mewajibkan santri untuk mengejar setoran Quran s.d. 15 Ramadhan. Separuh jalan Ramadhan dialokasikan untuk tilawah total dan menguatkan ubudiyah/kedekatan dengan Allah. Hasilnya masih kurang maksimal mengingat 15 Ramadhan pertama berbarengan dengan kegiatan perkuliahan yang tidak berubah sekaligus padatnya agenda dakwah yang diterjuni santri Rumah Quran terutama ikhwan.

2. Ploting Kontribusi Kemasyarakatan

Kebutuhan peran mahasiswa dibagi selama Ramadhan. Santri RQ MBM menjadi motor dan simpatisan padatnya agenda dakwah kampus yang berpusat di Masjid Baitul Maal, termasuk dengan masih diselenggarakannya FHQ MBM di momen perkuliahan (baca disini). Sedangkan sebagian santri RQ PJMI menjadi motor agenda dakwah masjid An Nur komplek PJMI. Bahkan, ada hadiah khusus dari punggawa Takmir masjid komplek ini (baca poin ke-7 artikel ini)

3. Tugas Imam Tarawih Masjid Baitul Maal.
Untuk pertama kalinya, imam masjid kampus secara gencar gonta-ganti. Maksimal satu orang kebagian cuma 2-3 kali, karena mayoritas santri turut andil mengepalai shalat tarawih selama 30 malam di bulan Ramadhan. Namun, evaluasi tetap dilakukan. Beberapa jamaah sempat mengeluhkan kualitas bacaan, pelannya suara, hingga acaknya urutan ayat. Semoga menjadi amal ibadah yang tetap membukakan ampunan Allah. Aamiin.

4. Wisuda RQ.
Santri akhwat memang minim kontribusi keluar, mengingat jarak tempuh ke kampus yang mencapai 2 km-an. Namun, kontribusi itu justru menguat di dalam. Mayoritas santri akhwat sangat antusias mengikuti wisuda Rumah Quran Indonesia-Depok yang memang didesain khusus akhwat. Hasil wisuda sangat membuat bangga, membuat kami berdoa: semoga kelak dari santri-santri ini, lahir Rumah Quran lain, hafizh/ah yang lain, bahkan peradaban Quran lain yang lebih menguatkan pilar Islam. Berikut hasil wisuda singkat dengan inisial santri RQ akhwat:
  • RAM: 12 juz, CUKUP MEMUASKAN
  • WNA: 2 juz, MEMUASKAN
  • LS: 2 juz, CUKUP MEMUASKAN
  • AF: 1 juz, CUKUP MEMUASKAN
  • OSD: 17 juz, CUKUP MEMUASKAN
  • MNK: 2 juz, CUKUP MEMUASKAN    
Ke-5 santri lain tidak mengikuti karena tersibukkan tugas akhir kampus STAN yang deadlinenya sempit (menjelang akhir tahun studi ini di STAN).
*reportase wisuda ini dalam proses pembuatan.

5. Musabaqah Tahfidz Juz 30, DJBC

Menjelang hari ke-21 Ramadhan, manajemen dan santri RQ sempatkan bersilaturrahim dan iktikaf dalam acara musabaqah tahfidz juz 30 di Rawa Mangun, kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan. 8 ikhwan dan 1 akhwat dikirimkan. Momen selesainya perkuliahan di STAN menjadi alasan utama, mengapa tidak semua santri terlibat acara ini. Banyak santri yang terlanjur pesan tiket pulang kampung. Namun, hasilnya Alhamdulillah:
  • 1 santri ikhwan dan 1 anggota manajemen  menjadi semifinalis.
  • 1 santri akhwat pemilik hafalan 17 juz menjadi juara pertama predikat akhwat.
  • Lebih membanggakan adalah ke-9 keluarga Rumah Quran yang ikut mendapatkan pengalaman berharga dan inspirasi yang dapat menjadi modal untuk dilakukannya kegiatan serupa di Kampus STAN. Semoga. 
6. Laporan yang Kami Tunda-tunda – Akhirnya Jadi Juga :)
Donatur bisa saja percaya kepada kami secara cuma-cuma (manajemen Rumah Quran STAN-pen) atas dana yang dikelola dan diberdayakan untuk RQ. Namun, asas percaya satu arah saja tidak cukup. Manajemen perlu transparan kepada para donatur. Karena ini bagian dari amanah umat, agar kepercayaan terus menguat, dan tentunya ridho Allah tertuang kepada para donatur dan keluarga besar Rumah Quran STAN. 

Atas dasar itulah, Laporan semester RQ sejujurnya sudah disiapkan jauh sebelum Ramadhan, namun faktor prioritas akhirnya memaksa laporan tersebut total ditunda begitu Ramadhan bertamu. Pasca-Ramadhan, inilah janji kami untuk menyajikan laporan tersebut (baca: Lapkeu RQ STAN atau Lap-progres santri RQ STAN).

7. Persiapan Ruhiyah untuk Tantangan PascaRamadhan
Manajemen tidak menyentuh kehumasan dan memberitakan kegiatan Ramadhannya pada bulan Ramadhan. Momen pemberitaan pun dialokasikan begitu bedug ditabuh, takbir usai digempitakan, silaturrahim dituai habis-habisan (sesuai adat Keindonesiaan). Ruhiyah yang selama ini ditanam-tanam-tanam dan terus ditanam selama Ramadhan, kini siap dipanen besar-besaran. Tantangan Rumah Quran di bulan Juli 2016 siap dieksekusi penuh keseriusan (baca disini)


Inilah Rumah Quran STAN. Masih tertanam dalam benak kami, untuk terus memegang teguh amanah dakwah ini. Karena kami sadar! Walau di Ramadhan tidak diupayakan proposalnya tersebar, ada saja dana masuk ke Rumah Quran. Ini artinya, amanah kian besar. Semangat juang juga harus digemakan. 

Allahummarhamnaa bil Qur’aan.
Allahummaj’alnaa min ahlul Qur’aan
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

25 April 2018 20.17

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good. I do not know who you are but definitely you're going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers! netflix login member

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |