Home » » Partner Dakwah Rumah Quran di Pondok Aren

Partner Dakwah Rumah Quran di Pondok Aren

Penulis : Ruqun Stan on Sabtu, 09 Juli 2016 | 18.30.00



Pondok Aren memang kaya akan model dakwah Quran. Di artikel ini, kita akan mengenal sedikit saja, yang secara irisan memiliki hubungan khusus dengan Rumah Quran STAN. Karena tidak semuanya bersinggungan dengan RQ STAN. Sedikit contoh yang tidak bersinggungan adalah, berupa banyaknya pesantren dan panti asuhan Islami yang juga mengajarkan Quran, belum lagi TPA di masjid-masjid. Nah, sedikit yang ‘kenal dekat’ dengan Rumah Quran STAN inilah yang kita bahas:


1. FHQ An-Nashr
Forum Halaqah Quran An-Nashr menyelenggarakan 'ngaji Qur'an' tiap Sabtu dan Ahad pukul 07.00 s.d. 09.00. Santri FHQ dapat belajar Quran dengan format semesteran, sistem leveling (bisa naik atau tinggal level sesuai hasil ujian), ngaji pekanan (pilih Sabtu atau Ahad), dan berbasis masjid (artinya lokasi di masjid). Dengan level utama tahsin 1, tahsin 2, takhasus, dan tahfidz, FHQ An-Nashr disebut-sebut sebagai pelopor pembelajaran tahsin Quran modern di Jakarta dan sekitarnya. Santrinya dapat berjumlah total 500-an terdiri dari laki-laki, perempuan, juga anak-anak bila ditotal Sabtu dan Ahadnya.

Berangkat dari pesantren Nurul Hikmah yang diampu alm. Ustadz Ahmad Muzzammil, pembelajaran ini kemudian menarik minat banyak orang dan tersebar ke berbagai masjid dengan nama FHQ sesuai nama masjid/kompleknya. Saat ini, owner-nya sedang gencar mempromosikan model dakwah Quran ini ke berbagai belahan daerah di Indonesia, terakhir di Padang, Alhamdulillah.

Disebut bersinggungan dengan Rumah Quran karena visi-misi RQ tak lepas dari keberadaan FHQ ini. Salah satu semangat RQ adalah bagaimana memasok santrinya untuk menjadi pengajar tahsin-tahfidz, salah satunya di FHQ An-Nashr. Nah, keluarga besar RQ saat ini tercatat aktif mengajar di FHQ An-Nashr, baik di antara musyrif/ah-nya, santri putra/putri-nya, juga manajemen-nya.

2. FHQ Ar-Ridho
Forum Halaqah Quran Ar-Ridho merupakan cabang perpanjangan konsep dari FHQ An Nashr. Berlokasi di masjid Ar-Ridho Komplek Pajak, FHQ ini buka tiap Ahad bakda Subuh. Kehadiran FHQ ini membuktikan semangat warga Komplek Pajak yang tinggi untuk belajar Quran. Santrinya dapat berjumlah lebih dari 100 orang terdiri dari laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Biasanya apabila kuota FHQ An Nashr telah penuh/full, peserta direkomendasikan ke FHQ ini.

Disebut bersinggungan dengan Rumah Quran karena santri putra, musyrif, dan manajemennya turut meramaikan dakwah Quran di FHQ ini, dengan menjadi pengajarnya.

3. HCQ Baitul Maal
Halaqah Cinta Quran bukan dakwah Quran berbasis masjid. Ia memanfaatkan bangunan belakang masjid kampus STAN yang terdiri dari kelas-kelas. Penggiatnya pun full putri dewasa dengan agenda mayoritas pagi di hari kerja. Peserta putra juga ada, tiap malam di hari kerja dengan jumlah yang lebih sedikit.

Nah, hubungan Rumah Quran dengan HCQ cukup unik karena tidak ada keluarga Rumah Quran yang aktif mengajar disini, melainkan lokasi HCQ inilah yang membantu Rumah Quran Masjid Baitul Maal tetap eksis. Waktu awal berkegiatannya, RQ MBM menggunakan masjid yang notabene sering dijadikan lokasi halaqah tarbawiyah. Dikarenakan tahsin RQ MBM membuat suasana lebih ramai (karena adanya sesi talaqqi jama’i), akhirnya kegiatan RQ MBM dialihkan ke gedung HCQ ini. Terima kasih HCQ :)

4. FHQ Masjid Baitul Maal (MBM)
Khusus yang satu ini keberadaannya tak bisa lepas dari Rumah Quran. Karena jumlah santri RQ yang siap mengajar sudah mencukupi, maka diinisiasikanlah FHQ ini oleh pengurus Masjid Kampus (MBM). Uniknya FHQ ini tak menggunakan kurikulum FHQ An-Nashr ataupun Ar-Ridho (buku tahsin 1 karya Ust Ahmad Muzzammil dan buku tahsin 2 karya Ust Abdul Aziz Abdur Rauf). FHQ ini menggunakan metode Utsmani karena kurikulumnya didesain khusus oleh musyrif RQ dengan back-ground metode Utsmani (buku karya Ustad Effendi Anwar). Alhamdulillah tiap Sabtu dan Ahad sore, FHQ ini beroperasi. Baca disini selengkapnya.

5. Rumah keluarga Qur’an (RUKUN) Masjid An Nur PJMI
Mari kita bergeser ke komplek PJMI. Disana ada TPA An Nur khusus anak-anak, kemudian bapak-ibunya diberikan kesempatan untuk privat belajar Quran dengan dibiayai oleh masjid. Program ini berakronim RUKUN (mirip dengan nama lain RQ, yaitu RUQUN :). Hingga saat ini, kegiatan RUKUN diisi oleh musyrif RQ. Sedikitnya 3 rumah/keluarga sudah minta dibekali belajar Quran dengan waktu sesuai kesepakatan. Bila ada rumah/keluarga baru yang mendaftar, pengurus masjid biasanya akan menghubungi manajemen Rumah Quran agar dapat dicarikan pengajar privat Quran. Baik musyrif/ah ataupun santri akan diminta menggerakkan program masjid dekat kampus STAN ini.


Tantangan Kebermanfaatan Rumah Quran ke Depan…
Sungguh menantang, karena permintaan masyarakat untuk belajar Quran lebih tinggi daripada penawarannya (analog hukum ekonomi). Pondok Aren sangat kaya akan dakwah Quran. Bukan hanya TPA khusus anak-anak, melainkan juga para remaja, juga dewasanya. Nah, beberapa tantangan ke depan adalah sebagai berikut:
  • Open recruitmen FHQ MBM bisa jadi akan dibuka kembali, tentu tantangannya adalah siapkah santri RQ generasi berikutnya untuk mengajar? Mengingat sejatinya, tahun kedua dibukanya FHQ ini, Alhamdulillah animo santri masih cukup tinggi.
  • RUKUN PJMI Masjid An Nur akan bermanuver. Pengurusnya berkeinginan dakwah Quran di komplek dekat kampus STAN ini bermetamorfosa menjadi sejenis FHQ, terkhusus untuk remaja yang notabene menjadi kalangan tersulit untuk dekat masjid, sekaligus pelanjut generasi TPA. Tantangannya masih sama, cukupkah SDM RQ untuk memenuhi permintaannya?
  • Mahasiswa dan FHQ bukanlah dua hal yang awet nan istiqomah selama lima tahunan. Mahasiswa ada waktu untuk lulus dan menghilang lantaran penempatan. Disinilah tantangan Rumah Quran untuk tak boleh berhenti mengupgrade santri untuk tidak hanya rajin setoran dan mutqin memurajaah. Disinilah tantangan Rumah Quran untuk terus menelurkan generasi, menjaga atmosfer semangat dakwah Quran, dan tentunya menjaga izzah agar menjadi hafizh tetap menjadi prioritas.
Manajemen tak bisa bergerak sendiri. Manajemen butuh bantuan peran dan juga doa dari berbagai pihak. Semoga target-target terdekat, juga yang jauh dapat kami optimalkan sesuai harapan bersama, mewarnai dakwah Quran di Pondok Aren (target Juli 2016 baca disini).

Allahummarhamnaa bil Qur’aan 
Allahummaj’alnaa min ahlul Qur’aan
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |