Home » » Saktah dan Agenda-agenda Pengaya

Saktah dan Agenda-agenda Pengaya

Penulis : Ruqun Stan on Kamis, 11 Februari 2016 | 16.06.00

Saktah bukan hal asing bagi santri Rumah Quran. Pengertian sederhananya ialah berhenti sejenak tanpa nafas. Tempatnya ada empat di dalam Al-Quran (riwayat Imam Hafs). Dilambangkan dengan huruf "SIN" kecil agak menggantung, berhenti tanpa nafasnya cukup 2 ketukan.

Saktah bisa kita ambil ibrahnya. Serupa dengan agenda utama Qurani di Rumah Quran yang ketat. Antara tilawah, murajaah, hafalan. Tentu perlu ada; jeda-jeda khusus bersifat pengaya yang membangkitkan semangat, menguji spiritualitas, dan ... bisa jadi sekadar pelipur lara. Kenapa dianalogikan dengan saktah? Karena ia istimewa, bukan sekadar wakaf yang tiap nafas habis, kita selalu bertemu dengannya. Karena ia istimewa.

Saktah ada empat. Agenda pengaya yang disajikan dan tercatat-pun ada empat.


1. Futsal 
 
Aktivitas otak yang melelahkan dalam mengerjakan ujian tengah semester STAN di akhir Desember 2015, membuat manajemen meramu agenda yang melipur-lara (maksudnya: menghibur) sekaligus mengikat kebersamaan. Kolam renang, lapangan futsal, dan arena panahan menjadi alternatif. Yang banyak disukai dan relatif hemat; tentu saja bertandang futsal. Walau sebetulnya tidak ada dalilnya di kitab sunnah manapun :D
Alhamdulillah, walaupun baru RQ PJMI yang main giring bola (belum RQ MBM), terlaksana juga pada 3 Januari 2016, bertempat di Eaganta Jalan Panti Asuhan (dekat Pesantren Al-Ikhwaniyyah).


 2. Ujian Akhir Semester RQ STAN
Sebelum berpusing-pusing ria di UAS STAN yang ditabuh genderangnya per 15 Februari 2016 mendatang, santri refreshing terlebih dahulu di UAS RQ STAN. Materi sekaliber mad, gharib, tafkhim-tarqiq, dan idgham menjadi menu utama di tanggal 3 Februari 2016 lalu. Walaupun ada juga santri yang berhalangan; biasanya karena esoknya quiz matkul STAN.
Hingga berita ini diturunkan, sudah 90% santri yang sudah UAS RQ (termasuk susulan). Susulan berikutnya InsyaAllah menjadi refreshing pasca-UAS STAN.



3. Bila Tamu Datang Bertandang
Adik Ustad Hasan (musyrif RQ PJMI) mampir bertamu. Asatidz dari Ma'had Tahsin Usmani ini sempatkan diri untuk mensharingkan sedikit ilmu. Wajah baru berarti atensi baru, juga ilmu baru. Semoga cukup merefresh, disamping rutinitas TTM (Tilawah, Tahfidz, Murajaah).


Selain tokoh yang bertamu, kadangkala diselingi juga dengan agenda mendadak. Misalnya; wajibat untuk takziah tokoh agama/ulama setempat. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihii wa'fu'anhu: untuk ustadz Asman Hamzah yang berpulang pada akhir 2015 lalu dimana santri RQ STAN dikirim untuk takziah ke rumah beliau.





 
4. BEBERQ (Bersih-Bersih RQ)


Baru muncul di awal 2016, tatkala broadcast itu turun, mewajibkan santri untuk atensi di satu hari, khusus untuk bersih-bersih. Masih ingat pada periode 2015 (atau 2014 ya? :D), kala itu standar kebersihan ISO masuk RQ. Presentasi, pemahaman mendasar, hingga penandatanganan kontrak. Menjaminkan komitmen kebersihan untuk kebersamaan di dalam asrama. Waktu itu, hanya RQ PJMI saja yang hadir (toh, karena asrama akhwat masih sewa di PJMI :).

Itulah segelintir rangkuman agenda pengaya di sela akhir 2015 hingga awal 2016 ala RQ STAN, yang teranalogikan SAKTAH. Setelah dua ketukan usai, empat posisi SAKTAH terlewati, mari kembali bersama TTM: Tilawah, Tahfidz, Murajaah. (ibnuz)

Allahummaj'alnaa min ahlul Qur'aan...
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |