Home » » Imajinasi Aplikasi Qurani

Imajinasi Aplikasi Qurani

Penulis : Ruqun Stan on Rabu, 10 Februari 2016 | 21.22.00


 
Play Store tak asing bagi kita. Aplikasi pengunduh aplikasi ini sering dipakai mereka yang smartphonenya bermahzab Android. Banyak sekali aplikasi bermunculan dari sini. Mulai dari game, e-book, instalasi komputer, media chating, kamera macam-macam jenisnya, alat rumah tangga, serba-alat bantu yang bikin kita bakal susah jauh dari smartphone. Nah, kalau alam imajinasi masuk ke play store, apa jadinya?


Apapun jadinya, apa daya ilmu penulis belum sampai, belum tergapai. Akhirnya hanya bisa ditulis disini; 3 jenis aplikasi hasil imajinasi yang semoga menginspirasi kreator aplikasi muslim di mana pun mereka berada. Tentunya yang setema dan bermanfaat buat Rumah Tahfidz berikut santrinya (dimana pun lembaga ini berada) hehe.


Satu, e-Talaqqi (electronic talaqqi)

Sulitnya standarisasi prosedur talaqqi oleh pentalaqqi/ustad dalam memonitor bacaan santri tahsinnya menjadi latar belakang proto-aplikasi ini. Karena sebelum ada aplikasi ini, talaqqi adalah subjektivitas ustad kepada santri. Bila santri ditalaqqi ustad yang lain, boleh jadi nilainya akan berbeda.


Melalui aplikasi ini, talaqqi menjadi lebih akuntabel. Ustad tinggal mendengarkan bacaan santri, kemudian klik di tampilan aplikasi tiap kesalahan terjadi, bisa meliputi huruf (salah makhraj, salah shifat, salah tanda harakat), mad (kependekan, kepanjangan), ghunnah (kurang dengung). Artinya jumlah kesalahan akan setara dengan jumlah klik, dimana jumlah klik akan dirata-rata tertimbang sehingga nilainya otomatis keluar dan lebih akuntabel. Pentalaqqi tak perlu lagi menghitung manual. Selain itu, statistika kesalahan juga akan otomatis ditampilkan, tak lupa dengan saran perbaikan dan latihan. Misal jika huruf ain sering salah, maka latihannya adalah perbanyak bacaan ain sesuai metode tahsin yang ada.


Bila kelak aplikasi ini ada, tampilan dasarnya adalah sama persis dengan mushaf Quran. Hanya saja tiap hurufnya bisa diklik untuk memilih jenis kesalahan yang terjadi oleh santri yang mentalaqqikan bacaannya. Semoga Allah berkenan mengizinkan aplikasi ini ada dan bermanfaat buat umat. J


Dua, Auto-Murajaah

Anda tinggal menaruh smartphone Anda di saku, di posisi GPS kendaraan Anda, atau dimanapun, lalu colokkan earphone dan mic pada posisinya. Dengarkan satu ayat dibacakan, lalu lanjutkan via suara. Aplikasi ini mengidentifikasi suara agar bisa diperbandingkan dengan aslinya. Teknologinya mirip finger-print. Bila finger-print mengolah kemiripan karakter sidik jadi, aplikasi ini mengolah kemiripan suara, dari sisi vokal (a-i-u), dengung, dan mad.


Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur rekaman. Hasil entry-rekaman akan lebih mudah dibaca aplikasi ini dalam memperbandingkan uji murajaah ayat kita, karena aplikasi ini sudah mengenal karakter suara kita.


Semoga kelak aplikasi ini bisa dikembangkan, dan bermanfaat bagi siapapun dalam menjalankan aktivitas yang potensial multi-tasking, seperti menunggu, jogging, jalan kaki, berkendara di saat macet, atau mengendara sebagai penumpang :) Khan lebih berkah, disambi murajaah!


Tiga, Biker Berkah

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Aplikasi yang akan bersaing dengan game-game balap pada umumnya. Namun, mind-set yang diusung aplikasi ini bukan “siap cepat dia dapat” alias “focus on result”, melainkan “siapa patuh dia menang” alias “focus on progress”.


Anda akan jumpai nenek menyeberang di jalan dan Anda beri kesempatan, maka pahala Anda bertambah. Anda akan jumpai lampu merah dan Anda berhenti, maka pahala Anda bertambah. Anda akan jumpai kendaraan lain menyenggol Anda dan Anda marah, maka pahala Anda berkurang. Kasus-kasus lain akan muncul menjadi cobaan bagi perjalanan Anda, seperti: jika pencurian terjadi, jika ada paku di tepi jalan, jika ada macam-macam jenisnya. Yang jelas waktu Anda terbatas. Dan Anda dituntut untuk mempertimbangkan sedikitnya waktu Anda dengan kebermanfaat waktu di jalan. Pahala dan dosa adalah indikator utamanya.


Proses-proses perjalanan itulah yang akan mengubah mind-set game balap ‘cepat sampai’ menjadi game balap ‘berkah’. Selain itu, ada soal-soal agama yang ditanyakan oleh penumpang dan bila jawaban Anda betul, maka pahala Anda bertambah. Tak ketinggalan, ada sesi murajaah (multiple choice) tatkala mengemudi, pastikan Anda ahli dalam multi-tasking ini.



Itulah dia, tiga proto-aplikasi play store di masa dapan yang kelak akan dibutuhkan generasi Islam, baik sebagai alat bantu ustad, maupun alat perubah mind-set. Bagi sesiapa yang terinspirasi oleh imajinasi ini, semoga Allah mudahkan baginya untuk merealisasikannya. Atau paling tidak, meneruskannya agar kelak ada yang merealisasikannya.


Tentu gemerincing pahala akan mengalir tak habis-habis bagi sesiapa yang berkenan menuangkan ide kreatif yang bermanfaat bagi umat Islam sepanjang waktu dan dimensi. Pahala wakaf. Siapa mau? (ibnuz)
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |