Home » » Stand RuQun STAN 2015

Stand RuQun STAN 2015

Penulis : Ruqun Stan on Selasa, 22 September 2015 | 09.05.00

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun 2015 ini Pengumuman USM PKN STAN sangat dekat dengan momen daftar ulangnya. Dari pengumuman tanggal 19 September 2015 saja, daftar ulang terjadwal 24 dan 25 September. Belum lagi dipotong momen hari raya qurban. MasyaAllah, dekatnya…

Berbeda pula dari tahun-tahun sebelumnya, tahun 2015 ini Rumah Quran (RuQun) mencoba lebih dekat menyapa wajah-wajah baru penghuni kampus. RuQun membuka stand bekerja sama dengan Masjid Baitul Maal (MBM) di salah satu titik Jalan Kampus STAN (sekitar masjid). Bukan tanpa alasan, kenapa RuQun turun ke jalan...

Pertama, karena alasan syiar. Tak penting ‘kemasan’ RuQun, yang penting substansinya. Maka, kami torehkan sederetan kata-kata tausiyah, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Quran dan mengajarkannya (HR Bukhari).” Terkibar sebentang spanduk di salah satu titik masjid, dengan aroma syiar. Dan berdiri kokoh sebentuk banner pemerjelas informasi RuQun. Semoga mencerahkan bagi sesiapa yang menoleh dan meresapinya.

Kedua, karena tawaran registrasi indent. Di sini kami tawarkan: “BAGI CALON MAHASISWA (PUTRA), MENGINGAT BANGUNAN BARU RUMAH TAHFIDZ MBM AKAN DITINGGIKAN (UNDER CONSTRUCTION), TAWARAN KAMI: SUDILAH KIRANYA MENUNGGU TENGGAT WAKTU 3-4 BULAN, BERKORBAN SEJENAK UNTUK SEWA TEMPAT TINGGAL DI LUAR, HINGGA RUMAH TAHFIDZ INI JADI, KEMUDIAN SILAKAN DATANG KEMBALI KEPADA KAMI.” Sebagai pertimbangan menyetujui tawaran ini, kami infokan biaya masuk RuQun di asrama baru untuk jangka waktu satu tahun: Rp 1.250.000,-). Cukup miring, InsyaAllah.

Namun, mengingat kuota sisa RuQun (di luar bangunan baru di atas) masih tersedia 4 slot (putra), kami telah memberikan kuota tersebut kepada orangtua calon mahasiswa yang menghubungi langsung manajemen, sebagai bentuk apresiasi atas keseriusan dan harapan besar terhadap putra-putra mereka belajar bersama RuQun STAN.

Singkat kata, selain slot yang habis di atas, apabila calon santri ingin bergabung bersama RuQun, slot masih ada tetapi: indent (pesan tempat dan belum pasti jumlahnya). Bedanya, tidak ada kewajiban apa-apa selama indent, tidak ada beban biaya selama indent, tidak ada jaminan apa-apa. Hanya saja, diserukan kepada calon santri untuk mengisi e-formulir registrasi: tinyurl.com/regruqunstan (<<<bisa diklik). Tentu kita sepakati bahwa yang pertama mengisi lebih terbuka kesempatannya daripada yang akhir-akhir.

Itu sekedar awalan, pemerjelas pintu masuk Rumah Quran di kalangan mahasiswa baru (yang tidak menutup kemungkinan, mahasiswa lama bisa masuk juga). Selanjutnya, kami paparkan intisari program Rumah Quran sebagai informasi di stand kami:

  1. RuQun STAN lahir di tahun 2011, hasil kerjasama segelintir alumni STAN dengan Rumah Quran Daarut Tarbiyah, Depok (RQ UI) di bawah asuhan Ustadz Fadlil Usman Baharun.
  2. RuQun STAN Angkt. 2015-2016 memiliki jargon: 3 asrama 3 pembina 1 visi bersama. Artinya RuQun memiliki 3 asrama (berikut status kuota dan update-nya).
    a.       Putra 1: Jalan Hiu IV No. 16, PJMI, Tangerang Selatan (kapasitas 12, terisi 10);
    b.      Putra 2: Masjid Baitul Maal, Jalan Kampus STAN, Tangerang Selatan (kapasitas 6, terisi 4);
    c.       Putri: Jalan Kutilang No., Kompleks Pajak, Tangerang Selatan (kapasitas 14, terisi 14).
    Ketiga asrama dikelola oleh musyrif/ah (pembina rumah) yang juga memiliki kafaah syar’i. Program di RuQun dijadwal secara rutin dan insidental. Rutin meliputi talaqqi tahsin Quran, setoran, murajaah, termasuk penguatan kapasitas syar’i yang disepakati tiap Senin s.d. Jumat (bakda Subuh dan bakda Isya). Insidental seperti dauroh, mutabaah, mabit, dll. yang bisa diadakan sewaktu-waktu.
  3. Visi bersama: Menjadi pesantren instan merakyat bagi mahasiswa STAN pada khususnya, masyarakat pada umumnya, yang mencetak 100 penghafal Quran dan pengajar tahsin/tahfidz per tahun, yang siap ditempatkan ke seluruh Indonesia; yang memiliki izzah yang teguh dalam mewarnai bangkitnya peradaban Quran.
  4. RuQun STAN menargetkan bagi santrinya program tahsin dari nol selama 3 bulan, selebihnya tahfidz. Direncanakan sebulan sekali mutabaah dengan ustadz Fadlil Usman selaku pembina, santri diikat dengan kontrak selama setahun.
  5. Santri RuQun STAN memiliki kewajiban biaya pendidikan. Untuk santri tetap PJMI dan Kompleks Pajak: Rp 2.500.000,-/tahun, untuk santri tetap MBM dan santri pulang pergi Rp 1.250.000,-/tahun. Biaya tersebut tidak termasuk biaya makan. Sedangkan sandang dll. dikover melalui donatur, baik tetap maupun tidak tetap dari kalangan alumni STAN dan umum.
  6. Kontrak RuQun STAN Angkt 2015-2016 berakhir seiring dengan akhir semester genap kamus STAN (1 tahun). Santri diberikan prioritas kesempatan untuk melanjutkan program atau mundur. Melanjutkan berarti menandatangani kontrak setahun lagi.
  7. Draft gambaran kontrak dapat dilihat sambil calon santri mengisi form registrasi di tinyurl.com/regruqunstan. Dan bila sudah mengisi, waktu akan berjalan 3-4 bulan sampai bangunan rumah tahfidz selesai. Saat itulah, jumlah kuota akan fix, dan sejumlah kuota itu akan masuk tahap seleksi wawancara. Peluang lolos adalah 95% dengan menaati komitmen sesuai visi manajemen. Saat itulah, formasi RuQun STAN angkt 2015-2016 lengkap sudah.
Informasi ini akan disediakan di stand Rumah Quran saat Daftar Ulang Mahasiswa baru D1/D3 PKN STAN. Segala informasi yang tertuang dapat berubah sewaktu-waktu sesuai hasil musyawarah tim manajemen. Untuk lebih jelasnya, silakan hubungi PIC Rumah Quran STAN (Andi): 08995 894 940 (sms/wa).
Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |