Home » » Pemeliharaan Al-Qur'an

Pemeliharaan Al-Qur'an

Penulis : Ruqun Stan on Rabu, 12 Juni 2013 | 17.19.00

Pemeliharaan Al-Qur'a pada masa Rosulullah dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu:

1. Pemeliharaan Al-Qur'an dalam dada.

Sering disebut dengan HIFDZU  atau menghafalnya. Kondisi masyarakat arab yang hidup pada masa turunnya Al-Qur'an adalah masyarakat yang tidak mengenal baca tulis karna itu satu-satunya andalan mereka adalah hafalan,mereka juga dikenal sebagai masyarakat yang sederhana dan bersahaja.Kesederhanan ini yang memuat mereka mempunyai waktu luang yang cukup yang digunakan untuk menambah ketajaman fikiran dan hafalan. 

Masyarakat arab waktu itu sangat gandrung lagi membanggakan kesusastraan,mereka membuat ratisan ribu syair kemudian dihafalnya diluar kepala,mereka bahkan melakukan perlombaan-perlombaan dalam bidang ini pada waktu-waktu tertentu.

AL-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad maka otomatis untuk memelihara apa yang diturunkan kepadanya haruslah dihafal. Usaha keras Nabi untuk menghafal Al-Qur'an terbukti setiapmalam beliau membacanya dalam shalat sebagai ibadah untuk merenungkan maknanya. Rosulullah sangat ingin segera menguasai Al-Qur'an yang diturunkan,Malaikat belum selesai membacakan satu ayat kepadanya,beliau sudah menggerakkan lidahnya untuk meng hafal apa yang diturunkan karna takut terlewat,hinggan ALLAH menurunkan firman  Nya dalam QS. Al-Qiyamah:16-19 yang artinya:
"janganlah kamu menggerakkan lidahmu untuk membaca Al-Qur'an karna hendak cepat-cepat menguasainya. Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila kami telah selesai membacakannya,maka ikutilah bacaan itu,kemudian atas tanggungan kamilah penjelasannya"

Nabi Muhammad setelah menerima wahyu langsung menyampaikan wahyu tersebut kepada para sahabatnya sesuai dengan hafalan Nabi,tidak kurang dan tidak lebih. Sehingga sahabatpun banyak sekali yang Hafidz Qur'an. Manna Khalil Al-Qattan mengutip hadits dari kitab Shohih Bukhari bahwa ada tujuh Hafidz pada masa Rosulullah yaitu: Abdullah bin Mas'ud, Salim bin Maqal, Muadz bin Jabal, Ubai bin Ka'ab, Zaid bin Tsabit, Abu Zaid bin Zakan, dan Abu Darda.

Penyebutan para hafidz yang tujuh di atas bukan berarti pembatasan ,karna beberapa keterangan dalam kitab-kitab sejarah menunjukkan bahwa para sahabat berlomba-lomba menghafalkan Al-Qur'an.

2. Pemeliharaan  Al-Qur'an dengan tulisan.

Walaupun Nabi Muhammad  dan para sahabat menghafal ayat-ayat Al-Qur'an secara keseluruhan,namun guna menjamin terpeliharanya wahyu Ilahi beliau tidak hanya mengandalkan hafalan,tetapi juga tulisan. Sejarah menginformasikan bahwa setiapa ada ayat yang turun Nabi memanggil sahabat-sahabat yang dikenal pandai menulis. Rosul mengangkat beberapa orang penulis wahyu seperti Ali, Mu'awiyah, Ubay bin Ka'ab dan Zaid bin Tsabit. Ayat-ayatnya mereka tullis dalam pelepah kurma,batu,kulit-kulit atau tulang-tulang binatang,ada juga sebagian sahabat yang menulisnya secara pribadi. Namun karna keterbatasan alat tulis dan kemampuan maka tidak banyak yang melakukannya.

Hal lain yang menjadi bukti bahwa penulisan Al-Qur'an ada sejak zaman Rosul,dikemukakan oleh Ibrahim al-Abyari,tentang sekelumit historis Umar bin Khattabketika mendapat informasi bahwa saudaranya masuk Islam,lalu ia marah besar kepada adiknya setelah ditemuinya sedang membaca Al-Qur'an. Namun ketika Umar telah reda marahnya,ia melihat lembaran-lembaran di sudut rumahnya yang di dalamnya terdapat tulisan ayat-ayat Al-Qur'an. Kemudian Umar maasuk Islam setelah mendapatkan kalimat-kalimat yamng mengandung mukjizat yang bukan perkataan manusia.

Dari pernyatan di atas,maka jelaslah bahwa sejak zaman Nabi,telah terjadi pengumpulan Al-Qur'an yang dilakukan dengan dua cara itu. Meskipun Al-Qur'an belum tertulis dalam lembaran yang berbentuk mushaf sebagaimana sekarang,tetapi cukup jadi bukti bahwa sudah ada penulisan Al-Qur'an pada zaman Nabi.
Dan pemeliharaan Al-Qur'an pada zaman Nabi ini disebut sebagai pembukuan pertama.

-Dewi Lestari-



Share this article :

Posting Komentar

 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |