Kabar Terbaru »
Bagikan kepada teman!

Kenapa Sih Kita Menghafal Quran? (+Action Learning Tahfidz Camp)

Penulis : rumah quran stan on Senin, 30 Desember 2019 | 21.59.00

Senin, 30 Desember 2019


4 hari ziyadah 1 juz tidak akan bisa berhasil tanpa didukung skema pascakegiatan yang powerful dan optimistis. Kenapa powerful? Karena kegiatan yang fokus dan tertata tersebut dapat menjaga hafalan yang sudah disetorkan secara sporadis selama tahfidz camp. Kenapa optimistis? Karena ia akan menjaga hati dari baper, ketika kegiatan powerful itu sudah dilakukan ternyata hafalan belum juga kuat. Disinilah butuhnya kesabaran dalam menjaga hafalan. Jangan mudah menyerah untuk terus mengulang, mengulang, dan mengulang hafalan.

Sebegitu pentingnya kegiatan penutupan tahfidz camp, demi terciptanya action learning peserta yang tidak berhenti hanya sampai di penutupan ini saja, maka diperlukan motivasi yang kuat. Alhamdulillah founder motivasingle, BarbeQu, sekaligus Qori' Ammar TV, Ustadz Rizal Wahid, berkenan hadir dan memotivasi kami semua.


KENAPA Kita Harus Menghafal Quran?
Sering kita mendengar pertanyaan dasar "bagaimana" semisal "bagaimana sih, caramu menghafal Quran? Bagaimana sih caramu menghilangkan baper ketika menghafal? Bagaimana sih tips menghafal cepat? Bagaimana sih agar 10 menit bisa dapet 1 halaman hafalan?"

Kita terjebak dengan pertanyaan "bagaimana". Padahal, bagaimana itu cocok-cocokan, bagaimana itu cara, bagaimana itu teknis. Ibarat dari rumah ke masjid, kita bisa melewati jalan manapun, dengan mengendarai apapun, yang cocok dengan kita, yang nyaman dan mampu menjaga semangat kita. Lalu, kalau bagaimana itu teknis, apa pertanyaan konsepnya agar kita semangat menghafal Quran.

KENAPA...
Ya, kenapa ini pertanyaan pondasi, konsep dalam melakukan sesuatu. Bila tidak punya alasan kenapa, kita tak mungkin melakukannya. Kenapa kok walau jauh bagaimana pun lokasinya, kita tetap datang ke masjid? Karena Allah mengiming-imingi pahala besar. Yang menjadi penguat itu bukan cara hadirnya tapi alasan kenapa harus hadir. Begitu pula dengan menghafal: semakin banyak alasan kenapa kita harus menghafal Quran, semakin kokoh kita dalam mendawamkan dan menjaga hafalan itu. 

Maka, jawaban dari pertanyaan kenapa ini, sedikitnya ada 3 konsep utama:

1. Quran merupakan sumber keberkahan. Yang dicari dalam hidup ini: ketenangan hati.

πŸ”°Berkah : ziyadatul khoir (kebaikannya bertambah)
πŸ”°Al an'am 155 : kitab Al-Qur'an diturunkan dengan penuh berkah
πŸ”° harta, ketenaran, banyaknya dunia, tidak menjamin keberkahan seseorang

2. Yang berhubungan dengan Quran, pasti mulia di sisi Allah. Kalau sudah mulia di sisi Allah, maka dia akan mulia di hadapan manusia. 

πŸ”° malaikat jibril adalah malaikat paling mulia
πŸ”° nabi muhammad saw adalah nabi paling mulia
πŸ”° bulan ramadhan adalah bulan paling mulia
πŸ”° malam lailatul qadr adalah malam paling mulia
πŸ”° kemuliaan mereka bahkan dihormati oleh manusia, ex nabi muhammad berada di posisi pertama di dalam buku 100 orang paling berpengaruh di dunia karangan non-muslim. 

3. Interaksi apapun bersama Quran bernilai kebaikan

πŸ”° 1 huruf = 1 kebaikan x 10
πŸ”° quran sbg penolong/pemberi syafaat di hari kiamat bagi siapa yang membacanya
πŸ”° diberikan ketenangan, (sakinah), dicurahkan rahmat, dikelilingi malaikat, dan disebut-sebut namanya oleh Allah di hadapan penduduk langit.
πŸ”° orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Quran merupakan sebaik-baik manusia




Dalam surat Fathir ayat 32: "Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri sendiri, ada yang pertengahan dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar."

Ayat tersebut membuktikan pentingnya menjaga hafalan dengan menjaga akhlak. Golongan orang dengan hafalan Quran dibagi menjadi 3:
πŸ”° hafalan tidak dijaga = dzolimul linafsihi = akhlak tdk sesuai dgn akhlak quran, hafalan tdk berkah karena tdk membuat dirinya berubah.
πŸ”° muqtasid = pertengahan = kadang akhlak sesuai, kadang tidak.
πŸ”° perbuatan baik biidznillah (krn memang allah yg menolong utk berbuat baik) yakni berupa sabiqun bil khairat (orang-orang yang berlomba dalam kebaikan).

πŸ”° Catatan penting:
✅ Fungsi umum Tilawah = membantu menjaga hafalan (kalau sudah hafal)
✅ Murajaah bin nadzor = tilawah = membantu melancarkan bacaan (kalau belum hafal)
✅ Murajaah bil ghaib = tanpa buka mushaf = membantu menjaga hafalan
✅ Adzab kubur = org2 yg sengaja melupakan hafalan.
✅Di antara orang yang banyak munafiknya = kelompok penghafal quran, tapi akhlaknya tidak mencerminkan akhlak penghafal quran.  πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­
✅ Talbis iblis (jebakan iblis) = jika tdk bs mengeluarkan dr islam, ia akan menjauhkan dr nilai2 islam.
✅ Iblis umurnya jutaan tahun = sdh berpengalaman, sehingga tau kelemahan manusia
✅ Jangan sampai hafalan tidak merubah sikap kita untuk menjadi lebih baik
✅ Ahlul Quran adalah kelompok orang yg menjadi keluarga allah, dimuliakan secara khusus
✅ Tips agar hafalan terjaga = cek surat Al Muzzammil
  • ✅ Penghafal quran itu bangun malam, ½ atau 1/3 nya, membaca quran secara tartil. 
  • ✅ Tsaqila = qaulan tsaqila (muzzammil) / yauman tsaqila (al insan) = Yang siap-siap menjumpai hari-hari yang berat, harus rajin baca ayat-ayat yang berat.


πŸ”°⚠ πŸ”°⚠ πŸ”°⚠ πŸ”°⚠ πŸ”°⚠ πŸ”°⚠ πŸ”°⚠ πŸ”° 

Setelah kajian selesai, peserta Tahfidz Camp diminta melengkapi form evaluasi sekaligus action learning apa yang akan dilakukan meliputi: tilawah, murajaah, dan menambah hafalan kembali. Ke-3 agenda tersebut perlu ada siklusnya. 


Setiap kita sudah memiliki siklus ibadah: 
⚠ dari mulai syahadat yang diulang-ulang dalam shalat, 
⚠ shalat itu sendiri, dari yang wajib 5 kali sehari, dhuha tiap hari, QL mungkin sepekan sekali, hingga gerhana yang ada siklusnya (hingga puluhan tahunan),
⚠ zakat saja ada, menyesuaikan haul (ketercapaian waktu untuk pembayaran zakat), bila perlu sedekah-sedekah juga bisa dijadwal tersiklus
⚠ Puasa seperti ramadhan setahun sekali, ayyamul bidh (3 kali sebulan) sebaiknya dirutinkan, atau lebih rutin lagi senin-kamis hingga puasa dawud
⚠ Hanya haji yang boleh jadi tidak rutin, hanya yang mampu saja yang bisa melakukannya minimal sekali seumur hidup

Dari siklus ibadah tersebut, ahlul Quran wa ahlullah sewajarnya memiliki 3 agenda utama bersama Quran, berikut ini:
✅ TILAWAH: santri RQ 2-3 juz per hari, sehingga khatam 10-15 hari sekali, diulang-ulang terus jangan sampai jenuh (shalat aja gak jenuh khan). Karena makin sering, makin akrab, makin mudah dihafal (utk ayat-ayat yang belum hafal), makin berimplikasi pada menjaga hafalan (utk ayat-ayat yang sudah hafal).
✅ MURAJAAH: santri RQ semisal punya hafalan 1 juz, maka 2-4 pekan sekali harus full dimurajaah bil ghaib (misal dalam shalat sunnah/sambil melakukan aktivitas semiotomatis). 2-4 pekan itu berarti setiap hari rata-rata 2 halaman murajaah. Kalau 5 juz tinggal dikali 5 = 10 halaman per hari, begitu seterusnya. Murajaah tidak boleh berhenti. Ia adalah indikator lancarnya hafalan kita.
✅ ZIYADAH: inilah agenda santri RQ yang berbeda-beda. Ada yang disesuaikan dengan aktivitasnya, bisa 2 halaman sehari, ada yang 1 halaman, ada yang hanya 1/2 halaman. 

Action Learning ini penting...
Agar habis tahfidz camp, kita tidak membiarkan hafalan kita tenggelam oleh aktivitas duniawi yang kembali merajai waktu-waktu kita. Harus ada sedikit waktu yang difokuskan untuk terus menjaga hafalan kita.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–
======================
🏑 Baituna: bit.do/rumahquranstan
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_
πŸ’Œ gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi


komentar | | Baca...

4 Hari Memorable Moment (+Foto Terbaik Tahfidz Camp Akhir 2019)


Tahfidz Camp adalah kegiatan paling menguras energi manajemen dan peserta. Tapi, di luar itu, ia adalah agenda yang paling membuat kami semua terkesan, berkenang, dan membuat rindu bila ia terlewatkan. 

Bagi Manajemen RQ STAN, 
persiapannya bisa menguras waktu dari nyaris sebulan sebelumnya. 
✅ Minta izin masjid (Alhamdulillah selama ini, masjid slalu mengizinkan, bahkan ketika ada agenda tabrakan dgn walimah atau kajian sekalipun, tetap mengizinkan). Baarakallah, semoga Allah berkahi pengurusnya, juga para donatur2nya yang beberapa asetnya dimanfaatkan oleh peserta TC ini.
✅ Mengumpulkan musyrif/ah: bagaimana agar setiap 1 sesi setoran ada setidaknya 5 musyrif/ah, ternyata belum dipenuhi seutuhnya. Qadarullah ada yang tiba-tiba sakit, dll. Tapi, secara umum, musyrif/ah begitu antusias. Terbukti jelang tahfidz camp, melihat jadwal yang masih bolong-bolong, banyak yang menambah jadwal. Baarakallah untuk para musyrif/ah yang sdh menyempatkan waktu.


✅ Mengumpulkan peserta: bagaimana agar peserta tidak kelebihan, tidak juga kesedikitan. Mengingat santri RQ total capai 100. Hampir mustahil bila manajemen mengumpulkan semuanya dalam 1 kali TC, kapasitas masjid tentunya belum sanggup. Kalaupun ke villa, belum cukup biaya akomodasi kesana.
✅ Paling melelahkan adalah ketika pelaksanaan yaitu mengawal 4 hari 3 malam mabit. Ada yang ambil cuti, ada yang gantian jaga anak demi membersamai santri, ada yang sepulang kantor langsung mampir memantau santri. Bahkan di waktu QL, bagaimana membangunkan santri satu-satu agar bangun lebih awal. Membangunkan,,, ia kadang bertentangan dengan rasa kasihan. Tapi, demi target menghafal, yaa, harus tega.
✅ Yang juga kadang kasihan, ada peserta yang sakit namun memaksakan ikut TC. Manajemen tidak melarang. Namun, kami hanya bisa membantu, misalnya memberikan ruang lebih fleksibel, jaket lebih tebal, juga kalau lagi kumat, yaa ke dokter sebentar. Maa syaa Allah, semuanya semangat dalam kondisi apapun dan bagaimanapun. 
✅ Kadang dalam hati kecil kami manajemen RQ, sedikit tergelitik dengan pertanyaan retoris sekalian renungan kami sendiri: "Kok kalian mau sih, diasingkan ke mesjid. 4 hari tanpa HP. Jauh dari hingar-bingar duniawi. Dikekang suruh ngafal. Anak milenial macam apa kalian ini?" πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­
✅ Tapi ketika melihat daftar registrasi santri, dimana peserta TC trend nya slalu naik dari tahun-tahun sebelumnya, kami jadi merasa perlu menyemangati diri. Ini ada 80 pemuda yang berharap ditempa dengan menghafal Quran secara maraton, 80 pemuda harapan negeri, 80 pemuda yang akan menjadi pewaris masa depan bangsa, kelak calon birokrat di segala penjuru unit dan daerah. (tercatat 46 akhwat + 34 ikhwan, termasuk 2 peserta eksternal santri RQ). Barakallah untuk seluruh peserta :)
✅ Disitulah kadang manajemen slalu berupaya utk mengawal ini semua. Walaupun kalau dihitung di atas kertas, wallahu a'lam apakah dana manajemen RQ STAN cukup hingga pertengahan tahun 2020 nanti? πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… *malahcurhat


Bagi Santri RQ STAN,
Selain tergambar dari antusiasme mereka di registrasi sebelumnya, sesi testimoni pasca tahfidz camp pun bisa memberi gambaran. Ikhwan yang diwakili Anggit Kuncoro menyampaikan bahwa ini adalah sebuah kegiatan yang membuka wawasan, membuat benchmarking baru dalam hidup, bangun sebelum Subuh, makan teratur, shalat di awal waktu terus-menerus, luar biasa. Akhwat yang diwakili Rauzhatul Makfirah juga menyampaikan kesan positif, bahkan ingin sekali ditambah waktunya. Maa syaa Allah mereka adalah orang-orang yang bisa merasakan nikmat berada lama-lama di masjid, berlama-lama bersama Quran. Alhamdulillah...

Berikut selengkapnya versi non-lisan untuk Kesan dan testimoni peserta:
  • Luar biasa, membuat pola hidup semakin teratur dan benar2 merasakan ketenangan dan kehikmatan, semakin termotivasi dalam menghafal quran
  • Seru! Rasanya kek kembali lagi ke pondok
  • Sangat berkesan
  • terjaga dalam ketaatan. Alhamdulillah semakin sadar untuk terus menjaga hafalan Al quran.
  • Luar biasa.
  • Kegiatan TC ini benar-benar membuat santrinya selalu dekat dengan Al-Qur'an, 
  • Pertama Kali ikut kegiatan seperti ini. Rasanya senang sekali bertemu dengan teman2 penghafal Al Quran. 
  • Jadi bisa fokus menghafal. Keren. 
  • Masyaallah, luar biasa acaranya. Ukhuwah lebih terasa untuk senantiasa menghafal, saling memberi semangat dll.
  • Sadar kalau pencapaian selama ini bukan apa apa jika dibandingkan dengan teman yang lain
  • Hasil Lebih baik dari Tahfidz Camp sebelumnya
  • Salah saya sendiri sedang sakit jadi kurang bisa full fokus di TC kali ini, tapi yang penting tetap dapat hafalan baru
  • Acaranya Bagus untuk mengisi bagian dari libur dengan menjaga hafalan atau ziyadah hafalan. Kedepannya semoga menjadi lebih baik lagi dan menjadi penyemangat santri maupun santriwati RQ STAN dalam berinteraksi dengan Al Quran
  • Dengan program ini saya jadi lebih terpacu untuk menghafal Al-Qur'an karena lingkungannya yg mendukung.
  • Mendapat waktu yang lebih untuk lebih dekat dengan al quran dan menemukan kebahagiaan bersama al Quran 
  • Lupa sejenak dengan urusan dunia, lebih punya banyak waktu dengan Al Qur'an dibanding hari biasa
  • Alhamdulillah lancar ingin ikut lagi, berkesan
  • Tahfidz camp terakhir saya di program Diploma Reguler. Sangat berkesan karena Alhamdulillah kali ini Allah izinkan saya bisa merasakan nikmatnya menambah hafalan baru. Pertama lancar setoran rasanya luar biasa senang. mencoba untuk senantiasa bersyukur. Di hari hari akhir baper melanda. Luarbiasa parah sampai saya mimpi buruk. Setelah kajian siang ini akhirnya saya tau, selama berjalannya setoran kemarin saya tidak menjaga kebersihan hati saya. Semoga Allah SWT menjaga kami (para santri RQ STAN) senantiasa dekat dengan Al Qur'an dan menjaga hafalan kami. Semoga kami bisa mewarisi akhlak Al Qur'an. Amiin
  • Saya punya benchmark baru tentang menghafal Al-Quran
  • Kereen, bisa jadi ladang fastabiqul khairat
  • Luar biasa
  • Alhamdulillah dengan adanya tahfidz camp, murajaah dan ziyadah Al-Quran jadi lebih aktif dan menambah motivasi untuk lebih berinteraksi dengan Al-Quran
  • Trima kashi manajemen dan musyrif/ah, akhirnya pesan mamak saia buat menjaga makan di sini terlaksana dengan baik, terus bisa nambah hafalan yang wic is baideweiy suda lama sekali tida saia laksanakan! Terus acara motivasinya jughak keren sekali uhuhuhu
  • Bagi pemula seperti saya, tahfidz camp ini memberi banyak hal positif kepada saya: dekat dengan Alquran sepanjang hari, ketiduran bersama Alquran, selalu terjaga dengan wudhu, jauh dari hal-hal duniawi, dan alhamdulillah untuk penghafal pemula seperti saya yang bisa memulai menghafal ini merupakan nikmat yang sangat luar biasa. Saya adalah orang yang tidak bisa lepas dari ponsel. Namun, program ini memaksa saya untuk jauh dari ponsel dan saya mendapatkan ketenangan yang luar biasa. Terima kasih, RQ STAN.
  • Luar biasaa Masya Allah
  • Alhamdulillaah, bisa merecharge kembali semangat dan motivasi untuk menghafal alquran
  • alhamdulillah
  • Saya sungguh seneng banget bisa ikut kegiatan sekeren ini.. bener bener kita fastabiqul Khoirot disini, ga pegang hape itu ternyata seru juga ya.. bener bener tenang dan ga ada beban. Seru pokoknya.. busa ketemu temen-temen yang baik baik banget. Orang orang sekeren musyrif musyrifah.. iya sih awalnya ngerasa tertekan harus selesai target, tapi ternyata lama lama itu nikmat setelah niat nya bener. Aku jadi belajar banyak hal disini. Kenal berbagai macam karakter orang. TERIMAKASIH RQ STAN.. gasabar tahfidz camp part 2 hehehe^^
  • Masyaallah bisa memfokuskan diri dalam membersamai Al-Qur'an menambah semangat tambah hafalan dan semangat dalam murojaah 
  • "Alhamdulillah bisa bergabung di acara tahfidz camp tahun ini dan ternyata acaranya memang sebagus kata orang-orang, masyaa allah. Baru pertama kali ini punya waktu yg banyak banget bersama al-quran dan rasanya nyaman.. kadang pas lihat teman yang semangat menghafalnya membara, jadi teguran buat diri sendiri yang masih sering lalai. Hal yang paling susah dilupakan yaitu melewati hari-hari tanpa hape, benar-benar berat di awal.
  • Semoga menjadi keberkahan sendiri bagi pihak penyelenggara dan pendukung acara tahfidz camp, aamiin. Allahu akbar!"
  • Program tahfidz camp membuat saya menjadi lebih semangat untuk menghafal Al-Quran, mendapat pelajaran dan motivasi dari teman2, serta mempererat ukhuwah antar cabang RQ
  • Sangat bermanfaat, benar benar sarana tempat melatih diri yang sangat baik. Tapi qadarullah satu hari harus terlewat akibat sakit yg tidak bisa di kompromikan.. tapi untuk keseluruhan banyak pelajaran yang bisa diambil
  • "Alhamdulillah, TC kali ini menjadi kegiatan yang paling berkesan menjelang akhir tahun, diberi kesempatan untuk bisa berkumpul dengan pejuang Quran lainnya semakin menambah semangat menghafal dan murojaah.
  • Berinteraksi dengan teman-teman yang masyaAllah menginpirasi."
  • Alhamdulillah luar biasa
  • Bisa menambah semangat dan mengevaluasi diri sendiri
  • Alhamdulillah dengan adanya tahfidz camp hafalan kita yang terutama menjadi dan bertambah drastis dan juga dengan adanya olahraga bersama tentunya sangat membantu sekali untuk refreshing setelah banyakmya hafalan yang telah dihafalkan, yng akan menjadikan kita menjadi lebih terbuka lagi pikirannya agar hafalan menjadi lebih mudah masuk lagi
  • Masya Allah tabarakallah, Alhamdulillah bisa ikut TC untuk kedua kalinya. Bagi saya TC selalu meninggalkan kesan positif sesudahnya, terlebih untuk periode saat ini. Saya sangat terkesan, selain melihat progres yang sangat pesat dari santriwatianya, dimana untuk periode ini santriwati lebih semangat dalam menghafal dan menyetorkan hafalannya, kemudian musyrifah yang sangat beragam sehingga antrian tidak sepanjang dulu hehe, serta pelayanan yang diberikan oleh RQ dalam kegiatan TC ini selalu luar biasa. Terutama untuk pembicara dalam kajian tadi, masya Allah benar-benar memotivasi dalam menjadi penghafal qur'an sebenar-benarnya lillahita'ala.Terimakasih banyak semua manajemen, panitia, dan musyrif/musyrifah. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dalam kehidupan antum semua.
  • Alhamdulillaah, bersyukur sekali bisa menjadi org yg dipilih Allah untuk melanjutkan estafet penjaga firman-Nya. Lagi lagi Alhamdulillaah karena bersyukur bisa dipertemukan dengan orang orang yang punya satu misi untuk memberikan yang terbaik di akhirat nanti. Terimakasih untuk RQ yang telah memfasilitasi niat saya untuk menjadi penghafal Qur'an. Jujur, disini saya sangat merasakan bahwa ketika keseharian dekat dgn Al-Qur'an, dekat dengan Allah, tanpa gadget, dibangunkan tahajjud, Dhuha bareng, makan bareng, dan banyak lainnya yang insyaAllah memories itu akan menjadi unforgottable moment, saya bisa merasakan"hati yang tenang" itu. Disini pula saya merasakan bahwa ketika di tengah2 merasa down, banyak teman2 yang menjadi supporting system saya ketika TC, serta musyrifah2 yang sangat baik dan sabar dalam mendengarkan hafalan yang masih gagap ini. Semoga Allah berikan kesehatan untuk semua para musyrif/ah RQ dan makin banyak lagi teman2 di luar sana mengikuti jejak ini. 
  • Sangat2 memotivasi. Apalagi waktu kajian nya
  • Memperkuat Ukhuwah, dapat lebih kenal dekat dengan sesama santri.
  • Alhamdulillah terima kasih sudah diadakan kegiatan Tahfidz Camp di liburan akhir tahun ini yang membuat waktu libur saya lebih bermakna. Melalui kegiatan ini alhamdulilah bisa meningkatkan semangat membersamai Al-Qur'an yang sebelumnya sempat turun dan memperbaiki kualitas shalat dengan shalat berjamaah di awal waktu. Semoga kedisiplinan di saat Tahfidz Camp bisa terus berlanjut, baik disiplin dalam shalat fardhu, shalat tahajud, shalat Dhuha, waktu istirahat/makan, dll. 
  • MasyaaAllah tabarakallah, saya salut dg antusiasme baik dari peserta maupun panitia karena agenda seperti inilah yg seharusnya dibutuhkan bagi mhs yg futur utk meningkatkan keimanan sekaligus memanfaatkan momen liburan utk membersamai Al Qur'an. Sy baru pertama kali mengikuti camp khusus utk menghafal Al Qur'an, dan pastinya, sy masih agak kaget dibawa utk berlari kencang. Namun alhamdulillah, hal ini membuat sy termotivasi utk terus mencintai Al Qur'an. Momen paling berkesan dalam agenda Tahfidz Camp tahun ini adalah saat saya berhasil menyetorkan dgn lancar ke musyrifah--walaupun tidak banyak namun berhasil membuat saya semakin dan semakin percaya diri, sebab, ya, Al Qur'an itu mudah. Terlebih ketika Ustadz Rizal menyampaikan kajiannya, entah bagaimana semua perkataan beliau membekas dlm jiwa saya. Semoga sy mampu istiqomah hingga akhir nanti, aamiin
  • Alhamdulillah melalui tahfidz camp bisa membersamai al-quran jauh lebih lama dari hari biasa, menambah motivasi untuk terus menambah hafalan. 
  • Belajar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya
  • Alhamdulillah, selama tahfidz camp bisa lebih fokus menghafal, jadi kembali semangat, kembali terpacu untuk fastabiqul khoirot, hati menjadi tenang, kebersamaan dengan teman2 juga lebih terasa, saling menyemangati, saling menyimak hafalan, saling mengingatkan, masyaAllah, semoga kebaikan selama tahfidz camp bisa terbawa untuk ke depannya. Selain itu, jadwal menjadi lebih teratur (tidur, tahajud, al-matsurat, makan). Di akhir tahfidz camp, ada kajian yang sangat mengena ke dalam diri, pengingat untuk terus menjaga amanah Allah dan terus memperbaiki diri, mencerminkan akhlak qur'ani, alhamdulillah, bersyukur dengan adanya pengingat ini, yang menyadarkan diri setelah futur dan larut dengan hal yang melalaikan, bersyukur dengan adanya tahfidz camp ini, dengan menjadi bagian rumah qur'an stan, alhamdulillah. Jazakumullah khoiron untuk semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan program ini.
  • Pertamanya ikut tahfidz Camp, dan bersyukur bangeeet dipertemukan dengan orang-orang yang semangat berlomba dalam kebaikan. Alhamdulillah, jadi pengen ikut lagi :")
  • Luar biasa. Kegiatan yang produktif dan bermanfaat untuk mengisi liburan. Bisa nge-charge semangat kebaikan dan terus menghafal juga☺
  • Terimakasih tahfidz camp sudah membuat hidup saya memiliki 4 hari yang sangat berharga :)
  • Berhasil menjauhkan hal-hal duniawi dari santrinya, musyrifnya cukup banyak sehingga antrian tidak terlalu panjang, ada sesi buka hp sehingga tetap bisa memantau hal-hal yg penting, dan letak masjid yg jauh dari tempat tinggal membuat lebih fokus.
  • luar biasa saya sebagai seseorang yang tidak pernah ikut tahfidz camp, sangat berpengaruh tahfidz camp ini terhadap saya. dengan semangat mengejar kebaikan nya luar biasa dari teman2
  • Luar biasa. Kegiatan yang produktif dan bermanfaat untuk mengisi liburan. Bisa nge-charge semangat kebaikan dan terus menghafal juga☺
  • Menambah semangat dan motivasi hafidz 30 juz
Pasca tahfidz camp di luar masjid annur

kajian mabit arridho yang mayoritas hadirinnya adalah peserta tahfidz camp RQ STAN

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–
======================
🏑 Baituna: bit.do/rumahquranstan
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_
πŸ’Œ gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
komentar | | Baca...

4 Tipe Fighter Tahfidz Camp (+Foto Akhwat Tahfidz Camp Akhir 2019)


Eh, omong-omong kita pastinya pernah mendengar hadits ini. Hadist tentang keutamaan jenis manusia berdasarkan Al-Quran. Ini hanya sekedar pengantar saja sebetulnya, tidak nyambung dengan tema kali ini, tapiii format haditsnya mirip (format dan strukturnya aja sih) πŸ˜…

“Dari Anas bin Malik dari Abu Musa Al-Asy’ari dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
✅ “Perumpamaan orang Mukmin yang membaca Al-Qur’an seperti buah Utrujah yang harum baunya dan rasanya enak. 
✅ Perumpaman orang Mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah At-Tamrah (kurma) yang rasanya manis namun tidak berbau harum. 
✅ Perumpamaan orang Munafiq yang membaca Al-Quran seperti tanaman Raihanah yang berbau harum namun rasanya pahit. 
✅Sedangkan perumpamaan orang Munafiq yang tidak membaca Al-Qur’an seperti tanaman Hanzhalah yang tidak berbau lagi rasanya pahit”. 
(HR. Darimi)

πŸ”°⚠πŸ”°⚠πŸ”°⚠πŸ”°⚠πŸ”°⚠πŸ”°


Dalam penyelenggaraan Tahfidz Camp ke-4 ini (21-24 Desember 2019), setelah awal tahun 2017, awal tahun 2018, dan awal tahun 2019... kami menyebut pesertanya adalah fighter. Karena mereka adalah pejuang, petarung, yang mengorbankan kenikmatan duniawi ala liburan akhir tahun, demi ikut berasyik masyuk selama 4 hari bersama Qur'an.

Nah, ada 4 tipe fighter dalam menyelami Tahfidz Camp Akhir Tahun 2019 ini, yaitu:

✅ Hafalnya lambat, waktunya dimanfaatkan seadanya
Ini bukan berarti yang terburuk, karena seluruh fighter adalah baik. Tipe ini hanya belum menemukan dengan metode terbaiknya saja. Belum lagi, ia suka baperan. Sehingga dikit hafalin, eh belum nyantol-nyantol, akhirnya baper. Akibatnya ia galau, memanfaatkan waktu sekenanya saja. Tidak memacu diri mengejar target dalam 4 hari yang terbatas itu.

✅ Hafalnya cepat, waktunya dimanfaatkan seadanya
Tipe ini sudah menemukan dengan metode terbaik menghafalnya. Namun, karena saking merasa hebat, atau mungkin ia terbawa suasana/lingkungan teman-teman fighter lain yang bertipe 1, akhirnya ia jadi nyantai. Begitu hafal, ia langsung setor. Setelah setor, ia istirahat, nunggu jam setoran berikutnya. Bisa jadi target tercapai, tapi yaa seadanya. Atau tidak tercapai, karena merasa banyak teman2 lain yang gagal mencapai target?

Hafalnya lambat, waktunya dimanfaatkan scr maksimal
Tipe ini sebagaimana dikisahkan ustadz Rizal Wahid dalam sesi penutupan Tahfidz Camp (reportase lihat disini), bahwa ada yang mengikuti kegiatan kejar hafalan dan setoran serupa tahfidz camp. Lantas si doi ini sedih krn hafalannya tidak secepat temannya, lalu dihibur oleh sang ustadz: "In syaa Allah pahala kamu lebih banyak". Lho kok bisa? Yaa, karena saking sulit ia rasakan (mungkin juga belum nemu strategi terbaik menghafalnya), tapi karena semangatnya yang menggebu-gebu, ia ulang-ulang terus itu hafalan (walaupun gak hafal2), sehingga kalau ditotal mungkin dia yang lebih banyak baca huruf dibanding teman2nya yang sudah setoran banyak. Ingat! Standar argo untuk pahala membaca Quran bukan seberapa hafal (krn kalo ga dijaga ya jadi hilang bukan), bukan juga seberapa setor, tapi seberapa banyak huruf yang terbaca. Karena 1 huruf = 1 kebaikan yang dilipatgandakan 10 kali.

✅ Hafalnya cepat, waktunya dimanfaatkan scr maksimal
Kalau tidak ada tipe terburuk, maka inilah tipe terbaik fighter Tahfidz Camp. Kemampuan menghafal yang barangkali didukung dengan kecerdasan diri, ternyata hadir pula pertolongan dari Allah, sehingga ia bukan hanya rajin setoran sesuai waktunya, melainkan juga memacu diri sehingga waktu-waktu yang singkat selama 4 hari itu berhasil ia lalui dengan baik. Tipe ini banyak dihuni para akhwat, tapi merupakan tipe tersedikit dari tipe-tipe lainnya. Semoga Allah tuntun kita menjadi tipe ini ketika tahfidz camp, juga ketika di luar tahfidz camp. Sehingga waktu2 yang banyak bisa kita manfaatkan, dan hafalan bisa kita setorkan sesuai harapan.

Masjid ANNUR lantai 2 berisi 46 peserta Tahfidz Camp dari kalangan akhwat setelah dibuka sejak Sabtu pagi-siang di MBM

Setiap santri berjuang menghafal dgn bermodalkan mushaf dan lembar mutabaah setoran. Bila diperlukan, suplemen dan corat-coretan sebagai sarana pendukung menghafal

Ini akhwat gaya visual. Mushafnya penuh warna hasil distabilo/corat-coret. Bila perlu, hayati makna/terjemahnya agar makin mengena dan mudah disave-as di hati.

Mushaf apapun yang penting nyaman bagi kita. 

Mencari teman seperjuangan agar saling berbagi semangat. Bila ketiduran, saling membangunkan. Saling menguji satu sama lain. Bila kelupaan, saling mengingatkan. Saling menguatkan sebelum setoran.

Makin banyak catatan di lembar mutabaah, makin besar poin yang diraih. Eh, bisa ditukar apa yaa, poin terbanyaknya???

Sesekali pindah ke MBM lagi, di belakangnya ada lapangan mini yang bisa dimanfaatkan, cukup utk relaksasi 46 orang. Selain daripada disebabkan oleh masjid ANNUR digunakan untuk walimatul ursy, jadi memilih pindah sebentar agar TC tdk terganggu dan walimahnya juga tdk terganggu

Antri setoran sembari mengulang-ulang hafalan. Jangan2 pas nyampe depan musyrifah, sdh dapet 1 halaman lebih, wkwkwk

Semoga aktivitas 4 hari ini memberatkan timbangan amal baik kita.
Semoga Allah menolong kita dalam menjaga hafalan yang sudah kita ziyadahi ini.
Semoga hafalan yang menjadi energi keberkahan dalam tiap aktivitas kita kelak.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–
======================
🏑 Baituna: bit.do/rumahquranstan
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_
πŸ’Œ gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
komentar | | Baca...

4 Hari yang Serba Teratur (+Foto Ikhwan Tahfidz Camp Akhir 2019)


Ini adalah tentang 4 hari Tahfidz Camp akhir tahun 2019 (21-24 Desember 2019) yang membuat hidup kita menjadi lebih teratur dan stabil dari biasanya. Tentunya dari sisi ruhani, sstt... ternyata jasmani juga...

✅ 4 hari kemarin TERATUR makan qt, sedikit tapi menguatkan.
✅ 4 hari kemarin TERATUR semua shalat fardhu qt, bahkan mgkn di shaff satu melulu bagi yg ikhwan.
✅ 4 hari kemarin TERATUR minum qt, kebutuhan cairan qt, sehingga bs fokus (ah masa'), tersedia senantiasa (walau dikit2 telat dikirimnya) πŸ˜…
✅ 4 hari kemarin TERATUR peregangan qt, tiap pagi ada pemanasan, ada evaluasi, ada yang bisa dibagi dan dikuatkan.
✅ 4 hari kemarin TERATUR interaksi qt, ukhuwah qt dgn teman2, semoga tak ada ghil apalagi sangka buruk, krn di mesjid, yg smoga slalu terasa diingatkan.
✅ 4 hari kemarin TERATUR ruhiyah qt, krn ada Qiyamul Lail yg membuat hati qt diguyur dengan sejuk dan manisnya iman,
✅ 4 hari kemarin TERATUR rezeki qt, krn ada Dhuha yg menjadi penguat dan pendekat rezeki, bisa jadi lebih teratur dari biasanya,
✅ 4 hari kemarin TERATUR shalat syuruq qt. Kapan lagi cobak, haji dan umroh 4 hari berturut-turut (pahalanya sih, bukan amalnya, jika qt habis shalat subuh tdk tidur, malahan asyik masyuk dgn quran hingga syuruq tiba dan qtkemudian shalat 2 rakaat).
✅ 4 hari kemarin TERATUR lisan qt, bahkan mungkin dalam mimpi2 qt, masih terasa tergerak di lidah, lbh fasih dr biasanya, krn saking terbiasanya melafadzkan kalamullah selama 4 hari full
✅ 4 hari kemarin ... Oh 4 hari kemarin 😭

πŸ”° Semoga 4 hari yang menshibghahi qt utk berubah, dan terus berubah menjadi demikian pula, lebih baik dari biasanya, ibadah yang terus terjaga, di hari-hari selanjutnya. 😎

πŸ”° Semoga 4 hari yang meninggalkan kesan mendalam sehingga dapat dicall-back bila qt futur di hari2 nanti yg sdh kembali dibalut dengan keduniawian ☺

πŸ”° Semoga 4 hari yang memantapkan niat, mempertemukan kita dgn metode hafalan terbaik, membaluri hari2 qt selanjutnya dgn murajaah tiada habis, sehingga seberapapun yg qt ziyadahi ini, dapat terjaga, dan menjadi energi keberkahan aktivitas qt di hari2 selanjutnya 😌

πŸ”° Semoga 4 hari yang menautkan ukhuwah, menjalin persahabatan lebih kuat, saling tolong menolong di dunia, jg menyadarkan qt utk saling bela-membela di hari pengadilan Allah kelak 😒

πŸ”° Semoga 4 hari yang menjadi saksi, juga teman2 pun jadi saksi, meja TPA jadi saksi, mushaf yg qt peluk di kala ketiduran jadi saksi, karpet2 mesjid jadi saksi, laron2 beterbangan jadi saksi, rerintikan hujan jadi saksi, bahwa qt pernah melewati momen2 terbaik, yg semoga salah satunya adalah 4 hari ini, sehingga mereka saksi2 itu kelak akan berhujjah, bahwa timbangan kebaikan qt layak utk diperberat dengan adanya 4 HARI ITU 😭

Pembukaan dilaksanakan di MBM untuk ikhwan dan akhwat. Diawali langsung dengan setoran perdana, lalu dibuka pkl 09.00, diakhiri dengan Qailulah (tidur siang jelang dzuhur). Diharapkan menguatkan fisik dan ruhani.

pasca Zuhr, ke-34 peserta TC ikhwan langsung moving ke ARRIDHO, lokasi favorit tahfidz camp selama 4 tahun berturut-turut, hehe

Yang dilakukan disana, utamanya cuma 3: menghafal, murajaah, dan setoran. Tampak dalam foro: Ada yang setoran (tertutup pilar tengah), ada yang mengantri di samping-samping, ada yang sibuk menghafal, ada yang rebahan/istirahat

Setoran Tahfiz Camp kali ini bisa 1/2 halaman, tdk harus 1 halaman, sehingga memudahkan. Semoga tetap mampu menguatkan hafalan.

suasana di dalam masjid. ArRidho kali ini tersedia fasilitas AC, santri banyak yang betah bersianghari di dalam ruangan. Tapi kalau malam, kedinginan, hehe

suasana makan siang, walaupun makan tidak ada di rundown, alhamdulillah tibanya selalu sesuai harapan.

segala media dimanfaatkan. ada yang pakai meja, ada yang pakai kursi, mushafnya berdiri, ada yang selonjoran, ada yang ketiduran. Hm... jangan-jangan mimpinya juga sedang menghafal, hehe

ada yang berkelompok, ada yang menyendiri

bahkan ada yang minta izin HP tetap dibawa, sebagai sarana memudahkan menghafal melalui style auditori, tak lupa biar lebih stylist pake headset bando. Mushaf diangkat agar tidak mudah mengantuk.

ada yang biasa ramai, ada yang butuh ketenangan, ada yang sering berdoa agar Allah slalu memudahkan

saling menguji hafalan, sembari antri setoran

bila musyrif cukup banyak, antrian pun terurai, tiap musyrif slalu didatangi santri yang hendak setoran

ada agenda olahraga pagi di lapangan kakatua komplek pajak. Ada futsal kampung, ada voli.

yang betah berkotorkan tanah, bermain futsal dengan bola coklat (krn tanahnya nempel di bola, jadi berat kalau ditendang, haha)

yang betah bermain di lapisan cor-coran, bermain voli. Bahkan pake sarungpun jadi.

Semoga aktivitas 4 hari ini memberatkan timbangan amal baik kita.
Semoga Allah menolong kita dalam menjaga hafalan yang sudah kita ziyadahi ini.
Semoga hafalan yang menjadi energi keberkahan dalam tiap aktivitas kita kelak.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–
======================
🏑 Baituna: bit.do/rumahquranstan
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_
πŸ’Œ gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
komentar | | Baca...

Open Donasi - Tahfidz Camp EndYear 2019

Penulis : rumah quran stan on Minggu, 15 Desember 2019 | 22.22.00

Minggu, 15 Desember 2019



Niat akhir tahun untuk mengisi dengan liburan pupus sudah, setelah Manajemen RQ STAN membuat TAHFIDZ CAMP 21-24 Desember 2019. Mungkin,,, ini ada dalam benak santri πŸ€” hm...

Eits... justru TAhFidz Camp itu seharusnya LIBURAN itu sendiri πŸ€ͺ

Alhamdulillah...
Inilah artikel yang menggambarkan manajemen Rumah Quran STAN dalam mempersiapkan TAhFidz Camp akhir tahun ini...

Itinerary Tahfidz Camp
Sudah dari tahun lalu ada model namanya itinerary. Panggilan ini akrab disapa oleh traveller. Ia adalah rencana perjalanan. Gampangannya: Map yang dibawa traveller untuk go-travelling. Apa isi map-nya? Tentunya kalo di Tahfidz Camp adalah Juz yang akan dihafal selama Tahfidz Camp, hehe. Dan semua peserta wajib mengisi sejak minimal 1 pekan sebelumnya, agar jelas mau dibawa kemana para peserta ini nantinya. Oia, apa guna itinerary ini? Usut-punya-usut ternyata manajemen berencana akan mengumpulkan, alias mematchkan antar-peserta agar tepat tujuan (juz) nya, selama Tahfidz Camp nanti.

✅ Bekal Tahfidz Camp
  • Bisa dibaca disini nih: gg.gg/bekalTC
  • Isinya tentang intisari materi Ustadz Ahmad Jazee tentang (menghafal) 10 menit 1 halaman.
  • Juga tentang 5 hal yang perlu disiapkan oleh peserta, meliputi: Rundown, Kewajiban, Larangan, Perlengkapan, dan Teknis Setoran selama Tahfidz Camp berlangsung. 
  • Hal-hal ini patut diketahui paling tidak sepekan sebelum pelaksanaan agar santri/pesertaTahfidz Camp dapat lebih optimal mempersiapkan agenda ini.
Pendanaan Tahfidz Camp???
Pendanaan TC merupakan hal yang cukup menyita perhatian dan fokus manajemen. Dengan bekal "bismillaah" dan "laa haulaa walaa quwwata illaa billaah", kami upayakan untuk bisa mengumpulkan 85 santri dengan perencanaan dana sebagai berikut:


Ini adalah anggaran untuk pelaksanaan 1 kali Tahfidz Camp dari 21-24 Desember 2019 spesial liburan akhir tahun. Adapun untuk Tahfidz Camp liburan akhir semester, in syaa Allah kami akan laksanakan kembali untuk menggenapkan seluruh santri RQ STAN yang berjumlah kurleb 100 santri agar dapat ikut. Sembari membuka kegiatan ini juga bagi masyarakat luar dengan biaya yang terjangkau.

Bagi bapak/ibu dermawan yang ingin berkontribusi DONASI TAHFIDZ CAMP, dapat turut serta pada informasi berikut ini:
πŸ”° Transfer dengan angka unique 009, contoh: 100.009
πŸ”° Nomor rekening Bank Muamalat 37 80000392  a.n Widodo Tri Saputro, atau
πŸ”° Nomor rekening Bank Mandiri 1400012345659 a.n Reny Henriyani
πŸ”° Konfirmasi ke: wa.me/6285214885440 (nomor WA bila langsung tersambung)

Tapi tak kalah penting dari itu semua...
Kami mohon doa...
✅ Agar Allah melimpahkan kekuatan kepada manajemen untuk bisa menjalankan amanah ini dengan baik...
✅ Agar Allah mengaruniakan pertolongan kepada santri dan peserta Tahfidz Camp agar dapat mencapai target: 4 hari meraih 1 juz hafalan, sekaligus menjaganya secara mutqin hingga maut memisahkan.

Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–
======================
🏑 Baituna: bit.do/rumahquranstan
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_
πŸ’Œ gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi
komentar | | Baca...

Persiapan Peserta Tahfidz Camp Akhir Tahun 2019

Penulis : rumah quran stan on Jumat, 06 Desember 2019 | 05.37.00

Jumat, 06 Desember 2019




Tidak penting Anda ikut Tahfidz Camp sukses atau tidak, yang penting Anda persiapkan dengan matang dan evaluasikan dengan target menantang...


Tahfidz Camp itu agenda tahunan RQ STAN yang pada angkatan 2019-2020 ini akan diadakan 2 kali. Lho kenapa?

Alasan utamanya 2.
✅ Santri RQ sudah menginjak angka 100+ sehingga menggiatkannya sekali setahun akan membuat masjid overload.
✅ Santri RQ tingkat 3 tidak akan bisa ikut bila Tahfidz Camp dipaksa hanya sekali, karena pasca-UAS (dimana sudah 3 tahun terakhir Tahfidz Camp slalu diadakan pasca-UAS), mereka harus mengikuti PKL. Sehingga perlu ada waktu lain selain pasca-UAS.

Temanya masih sama: minimalis, hanya bertempat di masjid sekitar -menyesuaikan budget- 

Apa Saja Persiapan yang Perlu Kita Lakukan Sebagai Peserta?

✅ Baik visual/auditori, agar Tahfidz Camp (TC) dapat efektif, perlu ditentukan target 1 juz yang mana? Untuk yang memilih juz 30, TC RQ STAN membolehkan asalkan ditambah ½ juz 29. Juz yang lain boleh 1 juz full, yaitu pada rentang 1-29. 
✅ Baik visual/auditori, sejak H-20 TC, sebaiknya rajin tilawah Quran 1 juz perhari pada hafalan yang mau di-camp-kan. Khusus utk santri RQ berarti tilawah 2 juz perhari atau 3 juz perhari, salah satu juz nya diganti menjadi 1 juz yang akan di-camp-kan.
✅ Nah, tentukan juga mushaf nya. Jangan gonta-ganti mushaf. Harus fokus ke 1 mushaf, sebaiknya Mushaf pojok (pojok kiri bawah adalah akhir ayat).
✅ Selanjutnya bagi yang bergaya belajar VISUAL, kita boleh mewarnai mushaf yang akan digunakan nge-camp. Misalnya digarisin tebal  1 halaman jadi 2 bagian atas dan bawah. Bagian2 yang unik boleh dibuletin pake warna tertentu. Bagian2 yg mirip boleh distabilo, bagian yang membuat hati bergetar, ayat2 adzab misalnya dibuletin pake warna tertentu. Dan lain sebagainya, sehingga mushaf kita jadi berwarna-warni. Konon, orang visual punya kemampuan photographic memory, tinggal kita menghafalnya berdasarkan posisi dan apa yag dilihat di mushaf tsb.

✅ Bila cara visual tsb dirasa ekstrem dan ingin mencoba auditori, cobalah rekam 1 juz yang akan di-camp-kan berdasarkan halaman. 1 halaman = 1 file. Didengarkan saja setiap hari 1 file berulang-ulang, besok ganti file, lusa ganti file lagi. Biarkan alam bawah sadar merekam secara auditori. Tapi kita tetap harus mentilawahinya 1juz per hari sebagaimana di awal tadi. Terutama untuk tilawahnya dikeraskan agar kita bisa mendengar suara kita, dengan nada yang sama dengan nada rekaman file kita tadi.

ITU SEMUA PERSIAPAN MENUJU TAHFIDZ CAMP…
Lalu, bagaimana action learning setelah tahfidz camp?



Action Learning Pasca-Tahfidz Camp?

Yang jelas harus jelas, terarah, bertahap, dan komitmen. Karena kalo tdk ada target pasca Tahfidz camp, yaa percuma saja. Eh tdk percuma ding ya. Khan sudah banyak ngafal di TC, moga2 jadi amal ibadah hehe. Maksudnya agar pasca tahfidz camp, hafalan tdk hilang, maka harus ditangkap dengan target jangka pendek dan panjang. (perhatikan: cakupan pendek dan panjang jangan disamakan dgn akuntansi dan kebendaharaan ya, hehe… Karena klo pake pendekatan akuntansi, pendek = 1 tahun, panjang = 10 tahun, hhe)

✅ Jangka pendek, kita tak tahu sependek apa. Yang jelas, disini kita harus kembali setorkan hafalan tadi ke musyrif/ustadz. Buat program murajaah terhadap hafalan tsb secara intensif, misalnya diulang-ulang 1 pekan sekali. Atau buat bertahap bila ternyata sudah terlanjur hilang. In syaa Allah menghafal kedua kali dari hafalan yang sudah pernah dihafal dan setorkan akan lebih mudah.

✅ Jangka panjang, terjadi bila Allah rezekikan bagi kita berupa kelancaran hafalan. Tapi sudah lancar jangan kemudian berhenti. Kita punya standar mengulang-ulang hafalan lancar (dari banyak referensi) sebanyak 2 pekan diulang sekali. Tapi, bila diperkirakan kesulitan, bisa 1 bulan diulang 1 kali putaran hafalan. Ini dilakukan untuk menjaga kelancaran. Dan dilakukan sampai akhir hayat. Murajaah Until Die.

Demikian, Wallahu a’lam bish shawaab.
Allahummarhamnaa bil Qur’aan
Allahummaj’alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur’aan.

πŸ“– Rumah Quran STAN πŸ“–
======================
🏑 Baituna: bit.do/rumahquranstan
πŸ‘₯ Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
πŸ“· IG : stanruqun_
πŸ’Œ gg.gg/infoDonasiRQSTAN

#RumahQuran #RumahQuranStan #RuqunStan #YukNgaji #YukDonasi


komentar | | Baca...
 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |