Kabar Terbaru »
Bagikan kepada teman!

Kilas Balik Program Sosial: "21 Santri Sosial? Bismillah..."

Penulis : rumah quran stan on Selasa, 13 Agustus 2019 | 23.07.00

Selasa, 13 Agustus 2019


Awalnya ragu, hm... Bismillah, jalan... Jbrett...
Maa syaa Allah, pertolongan Allah hadir silih berganti...

###

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. (QS. Al Ahqaf 13)

Semoga kita termasuk dalam kategori orang-orang yang istiqomah sebagaimana ayat di atas. Yang mana kekhawatiran dapat lenyap dari detak sanubari kita, karena Allah tolong kita...

Memulai program sosial tahun 2017 tatkala santri sosial berjumlah 8 orang, berkali-kali dana sosial mengambil porsi dana operasional RQ STAN. Hm... benar-benar penuh tantangan.

Tahun 2018 lalu, dana sosial justru dibuka secara luas, lihat artikel ini. Praktis, terdaftar 18 santri perlu dibantu secara sosial. "Eh, nanti kalau 18 santri jalan, dana operasional RQ kekurangan nggak ya?" Begitulah kadang keraguan menyembul. Maklum, tiap santri sosial bukan hanya dapat fasilitas BEBAS BAYAR KONTRAKAN di RQ STAN, bahkan mereka juga DAPAT UANG SAKU 400.000 per bulan. 😢 Artinya butuh dana 400rebu x 18 = 7.200.000 tiap bulan???

Tapi, Maa syaa Allah, nyatanya program ini disambut hangat donatur dan alumni RQ STAN. Bahkan, ada yang berkomitmen memegang 10 santri sosial 😱😱😱. Beberapa berkomitmen menjadi kakak asuh dengan bantuan 400-600rb per bulan. Tentunya sangat membantu, terutama untuk biaya bulanan mereka selama merantau di kampus perjuangan ini.

Di pertengahan jalan, kami memprediksi ada santri yang tawadhu secara sosial. Akhirnya, kami meminta usulan santri, adakah yang perlu dibantu lagi??? Dan maa syaa Allah, ada beberapa yang diajukan dan dikonfirmasi. Setelah dokumen SKTM (surat keterangan tidak mampu), foto rumah, KTP, dll. lengkap, santri sosial RQ STAN dari 18 bertambah menjadi 21 orang.



Dari 78 santri RQ 2018-2019, 21 di antaranya santri sosial.
Dari 78 tersebut, tak ada yang tahu siapa saja santri sosial?
Statusnya hidden demi menjaga hati dan harga diri santri.

Lalu, berapakah santri sosial 2019-2020???
Yang jelas: pendaftaran santri sosial bersifat tahunan. Apakah sansos tahun lalu perlu dibantu lagi, atau santri baru nambah, belum ada kepastian.

RQ STAN hanya membantu secara sosial buat siapa saja yang perlu merasa dibantu. Bahkan yang jauh dari Qur'an sekalipun. Hanya butuh komitmen dan ketahanan untuk membersamai Quran. Nah, maukah mereka berkomitmen untuk bersama RQ, belajar Tahsin Quran 3 bulan? Tilawah 3 juz per hari? Menghafal 3 juz setahun? Saling mengingatkan sesama santri dalam beraktivitas Islam?

BILA TIDAK? Alhamdulillah masih banyak, dan akan slalu banyak dermawan lain di tim/ pesantren/ bimbel/ organda/ikhtiar yang lain, yang akan membantu mereka, membantu menggapai masa depan demi kehidupan keluarga yang lebih layak. Bayangkan, mereka datang dari desa, dari ortu yang papa, belajar 3 tahun di PKN STAN kekurangan biaya, menatap masa depan untuk mendongkrak kehidupan orangtua mereka... 😭😭😭😭😭

Maka, melalui artikel ini...
Manajemen RQ STAN mengapresiasi pesantren, lembaga, bimbel, atau individu yang menjadi kakak asuh bagi mahasiswa/i PKN STAN secara sosial melalui aktivitas yang positif dan beasiswa yang prospektif. Tentunya, bila tugas sosial ini dilaksanakan hanya oleh 1 lembaga beasiswa/perseorangan saja, maka kurang dapat dilakukan secara menyeluruh.

Semoga Allah memberikan keberkahan, kemudahan, dan membuka petunjuk yang lurus kepada kita semua dalam kerja-kerja sosial dan dakwah dalam rangka membibitkan insan yang unggul walau berketerbatasan. Semoga kita beroleh balasan terbaik dari-Nya.

Allahummarhamnaa bil Qur'aan
Allahummaj'alnaa min ahlil Qur'aan
komentar | | Baca...

Mencyduk Amal Terbaek 1-10 Dzulhijjah versi RQ STAN

Penulis : rumah quran stan on Sabtu, 03 Agustus 2019 | 18.03.00

Sabtu, 03 Agustus 2019


Sekadar kilas balik: Quran Camp 2017 terhitung fenomenal. Santri RQ baru masuk asrama sesuai awal perkuliahan PKN STAN. Nah, kebetulan pas banget dengan 10 hari pertama Dzulhijjah 1438 H alias pekan pertama September 2017. Bagai sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui, maka di satu pekan dalam 10 hari tersebut, dua tujuan otomatis tereksekusi.
  • Pertama: Meraih keutamaan dan keagungan 10 hari awal bulan Dzulhijjah  
  • Kedua: Beradaptasi bersama Quran dengan bertilawah satu pekan sekali khatam (one day five juz). Maklum banyak santri barunya 🤭
Nah, atas izin Allah, 10 hari pertama Dzulhijjah kali ini koq pas banget sama liburan akhir semester PKN STAN. 🤦‍♂ Tentu yang jadi tantangan adalah gimana supaya walaupun libur, kita tetap bisa memaknai keagungan 10 hari tersebut, paling tidak sama atmosfernya dengan 10 hari terakhir Ramadhan. Eits... bukan apa-apa. Ulama' salaf bahkan berbeda pendapat mengenai mana yang lebih agung dan UTAMA di antara kedua momen "10" ini. 🤔

Hm... Dari grup-grup chat muslim, infografis, hingga sosial media sangat gencar lho, memberitakan keagungan 10 hari nan indah ini. Mulai dari Allah bersumpah untuk malam-malam yang 10 di surat Al-Fajr, keutamaan yang bahkan jauh lebih besar daripada jihad fii sabilillah (kecuali mati syahid karenanya), hingga anjuran tidak memotong kuku bagi pengqurban. Itu semua mewarnai medsos kita. 🙃

Nah, karena kita sudah banyak memahami keutamaannya, RQ STAN turut membagikan versi ibadah yang bisa kita optimalkan di 10 hari nan indah ini. Tentu ini bukan yang terbaik, tapi paling tidak, bisa menjadi referensi kita. Check it out, gaes... 👇👇👇👇👇

1. Khataman Tilawah Quran 30 Juz
Hehe, agar tidak rancu, sebut saja ia khataman full 30 juz. Jadi, bukan sekedar khataman baca sebagian juz 30 secara berjamaah ya. Nah, bagi yang Ramadhan lalu sanggup fight 30 hari 3 kali khatam, tentu strateginya sama, 10 hari 1 kali khatam alias 3 juz per hari. Coba dech, pembagian waktu tilawah harian ala RQ STAN ini:
  • 2 juz setiap malam (turn off all of your gadget, give your lail only for Allah), hm... kira-kira dari jam 21.00-23.00 lah ya mentok-mentoknya (Karena dari Isya' s.d. pkl 21.00 sudah family time, hehe). Atau, bisa juga dibagi lagi begini agar tidak terlalu memberatkan:
    • 1 juz di 1/3 malam pertama
    • 1 juz di 1/3 malam terakhir (nanti beririsan sama QL alias tahajud)
  • 1 juz lagi di waktu kehidupan; antara Subuh s.d. Isya' (maklum je, banyak agenda, hehe). Kalau cuma 1 juz mah, habis Subuh sekali duduk juga bisa, tapi bisa djuga dibagi per waktu sholat (20 halaman : 5 = 4 halaman. Atau bisa juga dikombinasi. Hehe, bisa lah ya...  
Kunci khataman ini adalah satu: KOMITMEN. Apakah kita bisa komitmen untuk mendayagunakan waktu-waktu duniawi kita untuk Al-Quran (untuk Allah)??? 🕺

2. Khataman Murajaah Seluruh Hafalan Qt
Setiap kita punya hafalan Qur'an. Duh, makin banyak makin seru donk, jadi makin tertantang bagaimana mengelolanya agar hafal dan siap di-call-back sewaktu-waktu. Caranya yaa, dengan murajaah alias mengulang-ulang hafalan. Tidak ada penghafal yang tidak rajin murajaah. Nah, di 10 hari nan indah ini, coba jalankan TIGA strategi canggih ini: 📈
  • Murajaah di luar shalat full-fokus: khusus untuk hafalan yang baru, sehingga perlu dibersamai terus, dimesrai terus, diulang-ulang terus, tiap jam, tiap hari, tiap pekan... Nah, kalau untuk yang ini, tentu gak bisa jauh dari mushaf Quran ya gaes.
  • Murajaah di dalam shalat: khusus hafalan baru yang sudah siap dipraktekkan (sudah naek level). Kalau pun macet, bisa lah ya sambil intip mushaf gadget yang kita kantongi di saku, wkwkwk... 
  • Murajaah di luar shalat semi-otomatis: Nah, khusus yang ini untuk hafalan yang sudah sangat mutqin, sehingga tidak perlu lagi dekat-dekat dengan mushaf. Tapi kalau pun terjadi macet, boleh juga lho buka mushaf. Cth: pas naik motor, pas jalan kaki, pas masak, pas ganti baju, pas kegiatan yang semi-otomatis bisa disambi-sambi; 
Harapannya kalo kita punya hafalan 5 juz misalnya (yang mutqin banget sampe yang suka intip-intip, semuanya termurajaah di 10 hari terbaek di bulan Dzulhijjah ini. Makin banyak murajaah, makin banyak waktu-waktu kita untuk dekat sama Qur'an... 😄

3. Menambah Hafalan Baru 
Nah, ini nih yang sulit diprediksi. Mampukah kita bagi waktu juga dengan menghafal baru? Karena ada ayat yang mudah bingit, ada juga ayat-ayat yang susah bingit. Duuh duh. Yang jelas begitu nambah baru, jangan lupa untuk di-save ke poin 2 di atas yaa, murajaah, khusus di luar sholat full-fokus. Karena kita sedang mengulang-ulang hafalan baru kita. 😌

4. Puasa
Eits, biasanya yang suka murajaah, akan suka puasa. Kenapa? Karena kita jadi gak perlu makan siang, gak perlu mikir nyari makan dimana? Gak kepikiran snack, haus, laper. Karena waktu-waktu sela kita sudah terlalu banyak mikirn Qur'an, wkwkwk. Inilah bukti: kedekatan dengan Qur'an mampu meng-empower amal ibadah lainnya. Untuk waktu puasa sendiri sih, kalo bisa 1 sampe 9 Dzulhijjah full. Tapi kalo kagak bisa, sebisa mungkin jangan ditinggalin PUASA TARWIYAH dan PUASA ARAFAH nya (8-9 Dzulhijjah). Allah sedang bag-bagi kebaikan baaanyak banget. Berupa penghapusan dosa setahun lalu dan setahun ke depan. Maa syaa Allah... 😱

5. Sholat Sunnah
Eits, sholat fardhu sudah lewat yap, khan sudah otomatis tiap adzan berangkaaaat. Yang perlu dikuatkan adalah sholat sunnah. Why? Karena yang terbiasa bersama Qur'an akan terbiasa sholat sunnah. Khan kita perlu murajaah. Murajaah terindah adalah di dalam sholat sunnah kita. Terutama QIYAMUL LAIL. Yang lainnya: sholat dhuha, sholat syuruq, sholat sunnah bakdiyah qobliyah, banyak jenisnya. Sssttt... sholat terbaek khan di rumah kecuali sholat fardhu, jadi sebaeknya sholat sunnahnya di rumah ya. Biar bisa berlama-lamaa. Nikmatin tuh hafalan hahaha... 😂

6. Sedekah
Yang sudah hafal sebagian ayat Quran seharusnya rajin sedekah. Why? Karena baaanyak sekali ayat-ayat sedekah. Yang paling dekat coba... Al-Maa'uun... Barang-barang seperti panci aja bisa disedekahin, apalagi uang kita. Lebih bermanfaat tentunya. Bisa ke siapa saja: ke pemulung yang kita lewatin, beliin pisang untuk kawan sejawat, serahin baju layak pakai ke panti asuhan, de el el...  😇

7. Qurban ato Jadi Panitia Qurban
Yang mampu berqurban, yuk berqurban. Masak kalah sama yang kurang mampu tapi bisa berqurban, banyak lho yang begitu. Nah, kalo ga mampu, kita bisa terlibat di mesjid, baik merumuskan strategi qurban, hingga dateng ke hari-H untuk bantuin panitia qurban (ijin takmir mesjid dlu yak). Yang penting, pas dateng kita gak ngarep daging qurban dari hasil jerih payah kita. Catettt... 😍


Eits, kalau dirunut, banyak lho dari daftar amal ibadah di atas yang dapet pengaruh maksimal dari kedekatan kita dengan Qur'an. Nah, jadi jangan tinggalkan Qur'an ya?

Oiya, selain 7 di atas, sejatinya masih banyak amal ibadah lainnya, seperti dzikir muthlaq (tasbih, tahmid, takbir, tahlil), ma'tsurat, termasuk istighfar dan taubat. Agar kekhilafan kita selama jalani 7 macam ibadah di atas dapat dicover dengan taubat kita setiap waktu. Smoga tidak ada ujub, jumawa, dan riya' di dalamnya. Smoga keikhlasan dalam beribadah masih dalam kendali kita. Dan tentunya: Semoga menjadi penguat di hari-hari terbaek kita karena Allah.  📖📖📖📖📖

sumber: RQ STAN
Catatan:
  • Versi amal ibadah ini menggunakan pendekatan penghafal Quran (yang sudah 30 juz maupun yang otw 30 juz, sekecil apapun otw-nya)
  • Mohon maaf, tanpa mencantumkan dalil. Semoga dapat kita telusuri dalil-dalilnya di sumber yang terpercaya.

🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
komentar | | Baca...

Wisuda RQ STAN 2019: Bahagia Bersama Qur'an

Penulis : rumah quran stan on Sabtu, 27 Juli 2019 | 06.32.00

Sabtu, 27 Juli 2019

https://www.youtube.com/watch?v=aCDIr5LL3y8
Klik gambar untuk menonton video yang ditampilkan saat wisuda RQ STAN

Setelah serangkaian kegiatan akhirussanah dilalui, yang meliputi muraja'ah hafalan terprogram (termasuk setoran hafalan baru, bila ada), kemudian diselipi dauroh muwajjih yang dipungkasi dengan ujian online komprehensif (lihat disini), maka akhir dari segala akhir kurikulum RQ STAN 2018-2019 adalah: Wisuda...

Alhamdulillah, wisuda RQ STAN baru dilaksanakan dua tahun terakhir ini (2018 dan 2019), namun wisuda RQ Daarut Tarbiyah yang menjadi rujukan RQ STAN slalu diadakan setiap tahun (lihat ulasannya disini untuk tahun 2019), yakni setiap bulan Ramadhan hadir. Namun, dengan standar yang lebih tinggi (minimal 5 juz di tahun 2019 ini), maka hanya sedikit santri RQ STAN yang mampu menembus wisuda tersebut.

Oleh karena itu, sebagai agenda pelapis, maka dilaksanakanlah wisuda RQ STAN yang mengizinkan seluruh santri menerima sertifikat dengan syarat mengikuti ujian hafalan Quran yang dilaksanakan Jumat, 12 Juli 2019 pkl 06.00 - 10.15, bahkan saking lamanya ujian tersebut sampai dilanjutkan sore harinya. Dalam ujian tersebut, setiap santri wajib menjawab pertanyaan dari penguji untuk segelintir soal sambung ayat. 

Hm... uniknya, beda antara wisuda RQ STAN dengan wisuda RQ Daarut Tarbiyah adalah: keriuhan, kebahagiaan, dan keharuan hanya dirasakan oleh santri saja, tidak termasuk orangtua santri. Hal inilah yang disampaikan pula oleh Ustadz M. Luthfi Mahrus selaku pembina RQ STAN, dalam sambutan wisuda Sabtu 13 Juli 2019. Sebagaimana beliau juga sampaikan mencuplik surat Thaa haa ayat 1 dan 2:

Thaa haa, Kami tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah;

Oleh karena itu, inilah tema wisuda kali ini:
BAHAGIA BERSAMA QUR'AN

Tentunya diawali dengan tasmi' Qur'an, 4 santri maju ke depan...

Hampir 1/2 juz lantunan ayat Quran dibacakan, membiasakan santri betah mendengarkan

Kegiatan wisuda dibawakan oleh MC dari santri RQ MBM



Laporan disampaikan oleh perwakilan manajemen RQ STAN
Ada keriuhan, kebahagiaan...

Ada keseriusan, fokus menyaksikan sajian dari manajemen RQ STAN...

Apalagi saat pemutaran video flash back, tampak mata para santri sembab... MC sampai tak mampu menahan isak tangisnya
Saksikan videonya di link youtube ini:
https://www.youtube.com/watch?v=aCDIr5LL3y8

HASIL UJIAN
Ujian juz pada Jumat 12 Juli 2019 dilakukan dengan system tebak ayat. Setiap santri dengan jumlah juz siap berupa 1 juz akan ditanya 4 pertanyaan lanjut ayat masing-masing hingga 1/2 halaman. Sedangkan untuk 2 juz dst. maka tiap juz ditanya masing-masing 1/2 halaman. Jadi kebayang, kalau 15 juz, pertanyaannya ada 30 buah @ 1/2 halaman, bisa ditotal jadi 15 halaman Qur'an di hadapan penguji. Setiap santri beroleh nilai dengan kriteria maksimal JAYYID JIDDAN. Rata-rata santri antara JAYYID dan JAYYID JIDDAN. Semoga hasil hafalan berikut ini dapat terus dijaga dengan "murajaah never ending"...



Pemaparan kesan dan pesan santri RQ MBM

Pemaparan kesan pesan santri ikhwan RQ PJMI dilanjut dengan akhwat, termasuk dari manajemen/musyrif

inilah: santri RQ PJMI

Santri RQ MBM

Santri RQ Mawar Ikhwan

Santri akhwat juga maju ke depan untuk menerima serifikat wisuda


Diakhiri dengan bersalaman dan foto-foto 

Bersalaman berurutan...
🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
komentar | | Baca...

Dauroh Muwajjih dan Ujian Online (+Foto2)


Sebagai flashback, Dauroh Muwajjih dilaksanakan baru dua kali ini. Tahun 2018 lalu, dauroh yang khusus diperuntukkan menggembleng calon pengajar tahsin Quran ini mengikutsertakan non-santri RQ STAN dengan metode seleksi (hanya yang bacaan Qur'annya memenuhi saja yang diikutkan). Tahun 2019 ini, agenda Dauroh Muwajjih menyelip-nyelip di akhirussanah dan dibuka untuk umum. Walaupun begitu, peserta dari luar nyaris tidak ada, hm... mungkin karena waktunya yang belum cocok kali ya. Alhasil, penggemblengan hanya dilakukan khusus untuk santri RQ STAN saja.

Dauroh yang menyelip-nyelip momen murajaah dan setoran jelang wisuda ini, disusun selama sepekan dengan agenda sebagai berikut:
  1. Materi Adab Menghafal dan Mengajar Qur'an, Ahad 7 Juli 2019 pkl 09.00 - 11.00;
  2. Materi Tahsin (1), Ahad 7 Juli 2019 pkl 13.00 - 17.30;
  3. Materi Tahsin (2), Senin 8 Juli 2019 pkl 13.00 - 17.30;
  4. Materi Tahsin (3), Selasa 9 Juli 2019 pkl 13.00 - 17.30;
  5. Materi Metodologi Tahsin, Rabu 10 Juli 2019 pkl 19.30 - 22.00;
  6. Materi Tahsin (4), Kamis 11 Juli 2019 pkl 13.00 - 17.30;
  7. Ujian Komprehensif secara online dari keseluruhan materi, Jumat 12 Juli 2019 pkl 10.15-11.15.
Sebagai pembicara, nyaris untuk seluruh materi tahsin adalah ustadz Muhammad Hasan selaku musyrif RQ STAN. Sedangkan untuk Adab Menghafal dan Mengajar Quran, diisi oleh Ustadz Fatchul Umam, sedangkan materi metodologi dari manajemen RQ STAN.

Area akhwat mengapa slalu lebih ramai ya?

Menjelang dimulainya kajian refreshing tahsin 

Ustadz Muhammad Hasan selaku musyrif RQ PJMI (RQ STAN) mengisi kajian tentang refreshing materi tahsin



Antusiasme santri sembari mencatat, mereka menyaksamai materi tahsin yang diperdalam


Kegiatan dauroh bermaterikan tahsin dari sejak zuhur s.d. menjelang magrib


Ujian Online
Merupakan terobosan terbaru dari dauroh muwajjih kali ini. Dimana peserta/santri RQ diwajibkan menggunakan gadget masing-masing menyelesaikan soal pilihan ganda berjumlah 100 soal, terdiri atas materi dauroh, yang meliputi: 80% tajwid/tahsin, 10% adab mengajar Quran, dan 10% metodologi tahsin. Santri yang nilainya di atas 75/100 berhak untuk direkomendasikan musyrif menjadi calon pengajar tahsin pada forum halaqah Quran sekitar dan dapat diangkat sebagai asisten musyrif pada periode RQ tahun 2019-2020.



🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan


📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
komentar | | Baca...

Akhirussanah 2019 Beda! (+Foto2)

Penulis : rumah quran stan on Jumat, 26 Juli 2019 | 22.29.00

Jumat, 26 Juli 2019


Kegiatan bertajuk akhirussanah baru dilaksanakan 2 kali di Rumah Quran STAN. Yang pertama adalah tahun 2018, dimana kegiatan akhirussanah adalah ujian plus wisuda itu sendiri. Singkatnya, hanya diberikan jeda ujian, lalu diakhiri dengan malam penutupan kegiatan RQ setelah setahun kurikulum dilaksanakan. Bahkan tahun-tahun sebelumnya belum sekalipun pernah dilakukan akhirussanah.

Nah... Tahun 2019 ini beda... Akhirussanah adalah kegiatan sepekan penuh yang terdiri dari rentetan kegiatan yang dijeda dengan mabit 2 sesi, terdiri dari rangkaian agenda berikut ini:
  1. Murajaah Camp (dimulai dari pembukaan Ahad s.d. Kamis malam, 7-11 Juli 2019;
  2. Dauroh Muwajjih (berupa refreshing materi ilmu tajwid secara terselip antara 7-10 Juli 2019);
  3. Ujian Hafalan (Jum'at 11 Juli 2019 pkl 6.00-10.15, dilanjutkan pada sore harinya);
  4. Ujian Calon Pengajar Quran (Jum'at 11 Juli 2019 pkl 10.15-11.15);
  5. Wisuda Santri RQ STAN (Sabtu 12 Juli 2019 pkl 19.30 - 22.00).
Keseluruhan kegiatan dilaksanakan di Masjid An-Nur PJMI, kecuali pada pembukaan dan materi adab pengajar dan penghafal Quran dilaksanakan di Masjid Ulul Albab SMPIP Baitul Maal.

Detail rundown agenda terdapat pada lembar mutabaah tiap santri
Ahad, 7 Juli 2019 pkl 09.00: Dalam pembukaan Akhirussanah di Masjid Ulul Albab, ustadz Sunarso selaku pembina RQ STAN menekankan kepada santri agar rajin murajaah, terutama melalui qiyamul lail (tahajjud) 

Kajian ustadz Fatchul Umam terkait Adab Mengajar dan Menghafal Qur'an juga dilaksanakan di Masjid Ulul Albab, Ahad 7 Juli 2019 pkl 09.30 - 11.00

Setelah Ahad siang tersebut, berturut-turut dari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis; santri RQ memurajaah hafalan di Masjid An-Nur PJMI (mabit 2 sesi)

Berpasangan murajaah bila perlu, utk santri yang memiliki cakupan hafalan yang sama

Ahad malam dan Senin malam, santri RQ ikhwan mabit di ruang utama dan selasar bawah, santri RQ akhwat mabit di selasar lantai 2. Selama malam dan pagi, setoran murajaah digeber habis-habisan.

Antri setoran pas malam, pas pagi pun t




Ekspresi saat setoran berbeda-beda. Biasanya memejamkan mata, atau melihat ke langit-langit mencari sambungan ayat

Setelah mabit dijeda pada Selasa malam, Mabit sesi 2 dilangsungkan pada Rabu malam dan Kamis malam. Jumat adalah penentuan dari ujian hafalan santri

 
🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
komentar | | Baca...

Akhirnya... RQ Al-Ihsan

Penulis : rumah quran stan on Senin, 01 Juli 2019 | 00.05.00

Senin, 01 Juli 2019



Masjid Al-Ihsan Jurangmangu Barat, waktu Magrib 31 Juni 2019 

Setahun lalu, kami ngobrol bareng, di tempat ini, bersama alumni santri. Waktu itu, balkon atas Masjid Al Ihsan belum jadi dan dalam sekejap mau segera diselesaikan... Endingnya, santri senyum-senyum bilang, "kejauhan mas". Tahun itu, rencana RQ STAN bekerjasama dengan Al-Ihsan belum jadi.

Juli 2019 ini, setelah hampir setahun berlalu, balkon jadi dan kamar siap dipakai. 4 santri ikhwan + 2 alumni santri ditawarkan tinggal, lebih tepatnya ditugaskan. Ke masjid yang boleh jadi bagi mereka termasuk pelosok. Karena jauh dari hiruk pikuk kampus. Di sini mereka bukan bersih-bersih masjid. Bukan. Disini mereka diharapkan lebih kepada menjadi backup imam, muazin, penggerak dakwah masjid, bahkan pengajar tahsin bapak-bapak bila diperlukan. Dengar dari bapak-bapak cerita bakda magrib ini, rasanya dari hati terdalam mereka seperti girang, "Akhirnya manajemen masjid ini akan jalan secara efektif. Dengan keberadaan adek2 ini."

Ya Allah. Lancarkanlah agar RQ STAN yang satu ini mampu bersemi di tengah-tengah masyarakat. Walaupun mungkin kegiatan Tahfidz sendiri akan sedikit dikurangi lantaran musyrif yang ditugaskan memiliki kesibukan yang berbeda. Namun, kami berharap musyrif/ah RQ siapapun dan dimanapun, mereka mampu menggerakkan santri-santri untuk bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat. Mudah-mudahan mereka kelak akan terbiasa menjadi penggerak dakwah di segala medan lokasi penempatan.

Gambar adalah diskusi teknis mengenai kerjasama RQ STAN dengan DKM Al-Ihsan Pondok Safari bagian dalam. Dimana per awal Juli 2019 ini, ke-4 santri dan 2 pembimbing (musyrif dan asistennya) akan efektif tinggal dan membantu pengelolaan masjid Al-Ihsan, dengan status simbiosis mutualisme (saling menguntungkan).

Semoga Allah mudahkan.


🔥 Semoga bermanfaat
🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan

📖 Rumah Quran STAN 📖
======================
👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_


komentar | | Baca...

Pengumuman Registrasi Gel-1 RQ STAN 2019-2020

Penulis : rumah quran stan on Sabtu, 29 Juni 2019 | 18.30.00

Sabtu, 29 Juni 2019



Bismillahirrahmaanirrahiim...
Alhamdulillah. Ashshalaatu wassalaamu 'alaa rasuulillaah...

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. Al-Hijr: 9)

Rumah Quran STAN telah menyelenggarakan registrasi gelombang 1 sejak bulan Ramadhan hingga 1440 H diumumkan pada hari ini. Berikut lini masa yang telah Rumah Quran lalui selama registrasi gelombang 1 ini:

1. Pengisian form e-Registrasi: 17-19 Mei 2019
2. Masa pengukuhan: 20 Mei - 14 Juni 2019
3. Masa interview: 15 - 19 Juni 2019
4. Rencana Pengumuman: 29 Juni - 5 Juli 2019 

Setelah melalui lini masa tersebut, Alhamdulillahirabbil'aalamiin telah terpilih santri baru sebanyak: 12 ikhwan dan 28 akhwat untuk program santri tetap dan santri PP Rumah Quran STAN season 2019-2020, dengan rincian sebagai berikut:

======IKHWAN======

✅Warna hitam untuk santri tetap
✅Warna biru untuk santri PP

RQ PJMI
  1. Muhammad Hamda Atabik
  2. Zulfahmi
  3. Himawan Arya Prayuga
  4. Muhammad Dzaki Pratama
  5. Yovansyah Hardiyanto W
  6. Muhammad Hasan Muinuddin
  7. Ilham Nafis Syauqi Ramadhan



RQ MBM
  1. Agil Nur Rohman
  2. Iqbal Chairul Muttaqin
  3. Teguh Suliswandi
  4. Anggit Kuncoro Aji
  5. Faishal Ibrahim



======AKHWAT======



✅Warna hitam untuk santri tetap
✅Warna biru untuk santri PP

RQ GRANADA
  1. Ilmiyah
  2. Istiana Aini Yogaswara Putri
  3. Alginna Zyvanka



RQ MAWAR
  1. Afia Maulina
  2. Arrum Amalia
  3. Fatkhiyah Al Fathin

RQ AL KHONSA (2 kelompok/2 musyrifah)
  1. Ihda Fadhilatul Azizah
  2. Jihan Noviantri Agmalia
  3. Ywang Smaradewane Ratunemas Nagari
  4. Bunga Rizki Ulfira
  5. Shirrly Fitrianingrum
  6. Mauladah Uswatul Khasanah
  7. Annisa nurhamidah
  8. Tiffani Faradhita
  9. Alvi Syahriza
  10. Nafisah
  11. Nanda Niken
  12. Rahma Kurnia Sari
  13. Anis Deviana Putri
  14. Annisa Thahirah Setyo Putri
  15. Hasna Imtiyaz Hanifah
  16. Miftahul Azma
  17. Dwidyavitri
  18. Melisa Rosman
  19. Vira Larasati
  20. Anggraini Anisa Rahayu
  21. Aulia Srimaharani Adikusumaningrum
  22. Dian Tri Rahayu

Arahan untuk Santri Baru RQ STAN 2019-2020:

  1. Detail informasi lokasi RQ STAN secara lengkap dapat diakses pada artikel berikut ini.
  2. Masa pengukuhan merupakan tahapan "baru" registrasi yang digunakan manajemen untuk menguji komitmen dan keseriusan calon santri. Semoga melalui komitmen lisan saat interview, amalan-amalan selama masa pengukuhan dapat terus dilanjutkan secara ikhlas dan istiqomah dalam menghidupkan hari-hari bersama Quran, terutama untuk season RQ 2019-2020, begitu juga seterusnya.
  3. Bagi santri baru program tetap RQ STAN, pindahan baru dapat dilakukan pada bulan Agustus 2019. Adapun terkait tanggal pindahan dan apabila ingin pindahan lebih cepat, silakan dikomunikasikan dengan manajemen RQ STAN.
  4. Bagi santri tetap dan PP RQ STAN, kegiatan perdana RQ STAN direncanakan 5-7 hari sebelum kuliah perdana kampus PKN STAN dimulai. Bila dimulai hari Senin, RQ STAN sudah memulai kegiatan sekitar hari Rabu pekan sebelumnya. Untuk itu, silakan diagendakan bila kalender pendidikan kampus PKN STAN tahun 2019-2020 sudah tersedia nantinya. Sebagai gambaran, inilah agenda perdana RQ STAN 2018-2019.


Catatan Selama Penyelenggaraan Registrasi Gel-1:
  1. Kami mengucapkan terima kasih wa jazakumullah khairan atas semangat dari para calon santri yang telah berniat mengikuti kegiatan RQ STAN. Semoga niat-niat tersebut menjadi pemberat timbangan amal baik di yaumul akhir kelak. Terbukti dengan jumlah pengisi form e-registration RQ STAN yang mencapai 77 calon santri hanya dalam 2 hari pembukaan form. Namun, yang berhasil lolos hingga pengumuman ini adalah 12 santri ikhwan dan 28 santri akhwat dengan nama-nama santri sebagaimana tercantum di atas.
  2. Registrasi dirancang lebih menantang dari registrasi tahun-tahun sebelumnya mengingat komitmen dan keseriusan menjadi pertimbangan utama manajemen untuk memilih calon santri yang ingin bergabung bersama Rumah Quran STAN.
  3. Hasil registrasi gelombang 1 sengaja belum dapat memenuhi kuota santri RQ STAN season 2019-2020 agar manajemen dapat membuka kesempatan pada gelombang 2 bagi calon santri dari kalangan mahasiswa/i baru dan mahasiswa/i lain yang ingin bergabung.
  4. In syaa Allah registrasi gelombang 2 santri RQ STAN season 2019-2020 akan dibuka saat pengumuman mahasiswa baru kampus PKN STAN.

🔥 Semoga bermanfaat
🔥 Allahummarhmanaa bil Qur'aan
🔥 Allahummaj'alnaa wa ahlinaa min ahlil Qur'aan



📖 Rumah Quran STAN 📖

======================

👥 Fb: Rumah Quran STAN
🌐 Web: rumahquranstan.com
📷 IG : stanruqun_
komentar | | Baca...
 
Tentang Kami | Kontak Kami | Privacy policy | Term of use | Ingin Berdonasi? | Site map
Copyright Ruqun STAN© 2015. Rumah Qur'an STAN . All Rights Reserved.
Design Template by klik di sini |